• Techno
  • Dua Produk Keren Xiaomi Yang Akan Segera Rilis

Dua Produk Keren Xiaomi Yang Akan Segera Rilis

Wed, 04 May 2016

Makin ke sini, perusahaan gadget asal China, yaitu Xiaomi, makin nunjukin kebolehannya. Xiaomi memang nawarin berbagai gadget yang punya kualitas bagus, namun dengan harga yang nggak terlalu mahal. Nggak heran dong ketika di tahun 2015 kemarin, Xiaomi sukses menjual produk mereka hinggal lebih dari 70 juta unit?

Secara, produknya mereka pas banget, sih! Harganya sesuai sama spesifikasinya. Ya bisa dibilang, kalau ada penghargaan ponsel paling worth it, bisa jadi sih Xiaomi yang bakal menang tuh, Urbaners. Oh iya, ada kabar baik nih buat lo yang fanboynya Xiaomi. Sebentar lagi, ada dua produk baru yang bakal dirilis sama Xiaomi! Hayo tebak, apa yang mau dikeluarin sama Xiaomi?

 

MIUI 8

Produk pertama yang bakal dirilis sama Xiaomi adalah MIUI 8. Ini adalah sistem operasinya Xiaomi yang paling mutakhir, dan cocok buat lo pakai nanti, barengan sama ponsel Mi Max terbarunya Xiaomi. Apa sih bedanya MIUI 8 sama MIUI 7? Well, katanya sih, ada fitur dan desain baru yang bakal melebihi imajinasi lo, Urbaners. Tentu saja, juga bakal membawa ke pengalaman baru yang lebih seru. Sudah penasaran belum sama MIUI 8, kira-kira bakal seperti apa nantinya? Sudah ada sejumlah teaser yang bisa lo cek sendiri di internet kok, Urbaners.

 

Mi Band 2

Xiaomi juga bakal merilis Mi Band 2. Mau penampilan lo lebih keren dan nunjukin kalau lo itu anaknya Xiaomi banget? Ya belum lengkap dong tanpai pakai Mi Band 2. Smart band satu ini punya berbagai warna yang unik, dan bisa menjadi ‘pengawas’ hidup lo yang setia. Butuh tahu seberapa baik kualitas hidup lo, detak jantung lo, langkah yang lo lalui setiap hari, dan lain-lainnya? Langsung cantol Mi Band 2 ke tangan, dan segala informasi tentang diri lo bakal bisa lo lihat langsung di ponsel Xiaomi. Praktis kan, Urbaners? Harganya pun nggak mahal, sekitar 200 ribuan rupiahlah, Urbaners.

Kedua produk ini akan dirilis tanggal 10 Mei nanti. Nggak lama lagi kan, Urbaners? Siap-siap jadi orang pertama yang ngerasain MIUI 8 dan Mi Band 2 ya, Urbaners!

 

 

Sumber: www.theverge.com, www.gadgets.ndtv.com

Xirka, Chipset Buatan Anak Bangsa

Friday, January 24, 2020 - 16:11
Logo Xirka perpaduan abu-abu & oranye menempel di dinding

Jika membicarakan chipset untuk smartphone pastinya lo yang ngikutin perkembangan gadget udah nggak asing lagi dengan brand seperti Qualcomm atau MediaTek. Chipset dari brand tersebut memang merajai pasar dan telah banyak digunakan oleh berbagai smartphone dari merek terkenal. Namun, ternyata anak bangsa juga memiliki perusahaan chipset-nya sendiri yang disebut dengan Xirka.

Nama Xirka mungkin masih cukup asing di telinga banyak orang. Padahal brand yang satu ini telah merilis beberapa produknya ke pasaran. PT Xirka Silicon Technology sebenarnya sudah berdiri sejak tahun 2008 lalu dan setelah 12 tahun beroperasi tentunya kini perusahaan itu semakin berkembang.

 

Produk Chipset Xirka Murni Buatan Anak Bangsa

Chipset Xirka berwarna hijau

Dalam memproduksi chipset-nya, Xirka nggak mengerjakannya sendirian. Mereka bekerja sama dengan Pusat Antar Universitas (PAU) Mikroleketronika Institut Teknologi Bandung (ITB). Perancangan chipset Xirka sendiri dilakukan di pusat penelitian dan pengembangan yang berada di Setrasari, Bandung.

Perusahaan yang satu ini memang memiliki fokus pada desain chipset dan salah produk yang dihasilkan adalan SIM card yang digunakan untuk smartphone. Di tahun 2012 lalu Xirka sudah mulai pengembangan dan produksi dari SIM Card mereka. Produk mereka pun sudah siap diluncurkan dan diproduksi massal. Menariknya kapastitas dari produksinya pun langsung terbilang cukup banyak yaitu hingga 100 juta unit chipset per tahunnya.

 

SIM Card dari Xirka Miliki Banyak Keunggulan

Chipset keluaran dari Xirka ini nggak kalah dengan chipset dari perusahaan luar negeri dan memiliki beberapa keunggulan. Dalam hal keamanan SIM Card dari Xirka juga disebut paling aman karena telah dipasang beberapa fitur keamanan seperti Secured Memory Bus, DES, 3DES hingga True Random Generator. Selain itu, chipset karya anak bangsa ini juga telah dilengkapi dengan prosesor yang bisa menjamin bisa komunikasi dengan BTS dari operator berstandar GSM.

Chipset untuk SIM Card dari Xirka memang telah dirancang sedemikian rupa sehingga telah sesuai dengan kebutuhan serta karakteristik dari para operator yang ada di dalam negeri. Nggak hanya itu saja rupanya Sim Card dari Xirka juga telah dilengkapi dengan Internal Flash Memory 136 Kbyte yang bisa digunakan untuk berbagai aplikasi.

 

Beberapa Produk dari Xirka

Xirka telah merilis beberapa produknya mulai dari SIM Card hingga Smartcard.

Selain SIM Card, rupanya Xirka juga telah membuat produk-produk lain yang sangat inovatif dan berguna. Di tahun 2017 lalu mereka telah merilis chipset SCard XCT136 yang digunakan untuk kartu identitas para mahasiswa. Chipset SCard tersebut merupakan tipe smartcard. Produk smartcard dari Xirka pun telah digunakan oleh beberapa universitas populer Tanah Air seperti Universitas Indonesia, Universitas Telkom, dan Institut Teknologi Bandung.

Selain SIM Card dan smartcard, rupanya Xirka juga menyediakan chipset NFC yang berguna untuk mendukung aplikasi smartphone. Nggak berhenti di situ, Xirka juga telah memproduksi chipset untuk peralatan rumah tangga seperti AC, TV hingga lemari es.

Keren banget ya Urbaners, karya anak bangsa tersebut!

 

 

Sources: goodnewsfromindonesi.id, inet.detik.com