Trending
Jumat, 20 Mei 2016

Meizu, Pesaing Terdekat Xiaomi

  • Share
  • fb-share
Meizu, Pesaing Terdekat Xiaomi

Sebagai penggemar smartphone kelas kakap, lo pasti tahu brand dengan nama Meizu. Walaupun handphonenya belum dijual secara resmi di Indonesia, tetapi Meizu ini mempunyai daya tarik tersendiri di Indonesia. Harganya murah dan mempunyai kualitas yang tidak kalah bagusnya dari merek lain. Familiar dengan frasa tersebut? Xioami juga mempunyai kekuatan demikian, murah tapi nggak murahan.

Dalam rilis website ChineseSmartphones, mereka membuat 10 besar list smartphone brand terbaik di Tiongkok. Dan ternyata Meizu berada di peringkat 3, tepat di bawah Xiaomi dan Huaweii. Bagaimana cerita Meizu jadi brand 3 besar di Tiongkok?

 

Dulu produksi mp3 player

Tahun 2003, Meizu adalah produsen mp3 player. Lo semua pasti tahu, sekitar tahun tersebut banyak sekali mp3 player yang sangat murah di Indonesia. Dan perlu diketahui, mp3 murah tersebut kebanyakan datang dari Tiongkok. Jadi, mungkin mp3 lo dulu ada yang mereknya Meizu tanpa lo sadari.

Tetapi Meizu bukan sembarangan dalam membuat mp3 player. Meizu hampir selalu berkembang, di tahun 2003 sampai 2005 Meizu membuat setidaknya 5 model mp3 player. Baru di tahun 2007, Meizu membuat mp3 player dengan desain yang sangat tipis dengan layar lebih besar.

 

Pada awalnya membuat smartphone tiruan iPhone

iPhone tidak dijual di Tiongkok mulai dari awal peluncuran sampai tahun 2014 kemarin. Itulah strategi utama Meizu, membuat smartphone tiruan iPhone. Dinamakan Meizu M8, grafis dan fitur sangat mirip dengan iPhone. Tetapi karena dibuat di Tiongkok, harga dari Meizu M8 sangat murah. Penjualannya pun sedikit terdongkrak, dan mulai saat itu Meizu berfokus mengembangkan smartphone.

 

Di bawah bayang-bayang Xiaomi dan Huawei

Meizu dianggap sebagai bayang-bayang Xiaomi dan Huawei. Meizu tahu bahwa market smartphone sudah diambil kedua brand besar tersebut. Jadi, Meizu ingin membuat pasar baru sendiri kepada orang-orang yang bosan dengan kedua merek di atas. Meizu hampir selalu membuat smartphone yang hampir sama dengan Xiaomi dan Huawei. Mulai dari harga hingga fitur, bahkan beberapa model Meizu ada yang lebih murah. Itulah yang mengakibatkan Meizu bisa berada di nomor 3 daftar brand smartphone terbesar di Tiongkok.

Hal yang paling menarik, Meizu tidak mengambil pasar internasional, karena sudah jelas dirinya akan kalah melawan raksasa seperti Samsung, Apple maupun Xiaomi dan Huawei.

 

 

Source: gizmochina.com

Comments
SEPTIAN DWI NUGROHO
Di bawah bayang-bayang Xiaomi dan Huawei
SEPTIAN DWI NUGROHO
Di bawah bayang-bayang Xiaomi dan Huawei