Home Techno Game-Game Yang Akhirnya Masuk Tiongkok

Game-Game Yang Akhirnya Masuk Tiongkok

Thursday, June 2, 2016 - 10:56
Bagikan
Facebook Twitter Email

Tiongkok sudah dikenal sejak zaman dahulu nggak pernah menerima teknologi baru yang masuk ke negaranya. Mulai dari media sosial bahkan sampai Google harus gigit jari ketika ingin merasakan pasar Tiongkok. Dalam urusan game pun, Tiongkok juga pilih-pilih game yang masuk ke pasar Tiongkok. Minecraft yang pada awal 2016 lalu masih memegang rekor sebagai game online yang paling banyak dimainkan di dunia, sekitar 100 juta orang, pun belum hadir di Tiongkok.

Dan sekarang tampaknya angka tersebut akan segera bertambah berpuluh-puluh kali lipat. Karena sang publisher Minecraft, Mojang mengumumkan bahwa game ini akan segera hadir di pasar Tiongkok.

 

Tiongkok setuju asal dengan syarat

Tiongkok nggak dengan mudah membiarkan perusahaan teknologi memasarkan aplikasinya ke pasar Tiongkok. Apple yang dulunya nggak bisa menjual smartphonenya di Tiongkok pun akhirnya bisa menikmati kelezatan pasar Tiongkok. Syaratnya Apple harus membuat pabrik di Tiongkok. Tentu alasan yang sangat mudah, karena baterai dan beberapa sparepart iPhone dibuat di Tiongkok. Begitupun juga dengan Minecraft, pemerintah Tiongkok nggak ingin Mojang masuk dengan santai.

Syarat pertama tentu Mojang harus bekerja sama dengan perusahaan teknologi setempat. Dan kali ini NetEase, sebuah perusahaan internet yang diminta kerjasamanya untuk menggiring Minecraft ke Tiongkok. Walaupun dari pihak Tiongkok masih belum berkata apapun tentang masuknya game paling sukses di dunia ini, tetapi Mojang dan CEO dari Minecraft sudah memberikan pernyataan.

 

Nggak hanya Minecraft, tetapi juga World of Warcraft

Ternyata pemerintah Tiongkok nggak hanya membawa Minecraft ke pasar Tiongkok. Game terkenal lainnya yaitu World of Warcraft ternyata juga ikut di dalamnya. Game World of Warcraft ini ternyata juga mempunyai jumlah pengguna yang cukup lumayan. Pada awal tahun 2016 lalu, WoW ini mempunyai pengguna online sekitar 5 juta setiap bulannya. Angka tersebut akan dapat dipastikan naik jika sudah diluncurkan di Tiongkok.

Masih belum dapat dipastikan kapan Minecraft mendarat di pasar Tiongkok. Kita tunggu saja ya Urbaners.

 

 

Source: engadget.com