• Techno
  • Area 120, Area Untuk Side Project Google

Area 120, Area Untuk Side Project Google

Fri, 03 June 2016

Sang CEO Google yang baru Sundar Pichai membuat kebijakan baru bagi para karyawannya. Sundar Pichai akan mendiskon sekitar 20% dari waktu kerja para karyawannya untuk mengembangkan side project. Setelah mendiskon waktu tersebut, Sundar Pichai juga membuat suatu terobosan baru. Dirinya membuat tempat yang bernama Area 120, yaitu inkubator yang berisi startup-startup yang dimiliki oleh para karyawannya.

 

Agar para karyawan nggak keluar

Ada yang menyebut, dibuatnya Area 120 ini digunakan memproteksi para karyawannya agar nggak keluar. Sudah bukan rahasia lagi, banyak sekali alumni Google yang keluar kemudian membuat startup sendiri. Uloo, Curated Digital, Croud, Keecker dan masih banyak lagi adalah startup bikinan mantan Google. Ada juga mantan karyawan Google yang sekarang berada di posisi jabatan tinggi, seperti Sheryl Sandberg dan Marissa Meyer.

Banyak yang berkata, mereka keluar karena keterbatasan waktu untuk mengembangkan minat dan bakat masing-masing. Jadi untuk mengembangkan minat bakat tersebut, mereka harus keluar dan fokus. Oleh karena itu, Google ingin menyiasati hal tersebut dengan membuat inkubator sendiri. Inkubator tersebut diharapkan akan bisa menaungi semua ide dan startup bikinan para karyawan Google.

 

Google mendapatkan keuntungan?

Ketika para mantan Google ini mendirikan startup kemudian sukses dan mendapatkan nilai valuasi jutaan dolar. Tentu Google merasa sayang jika hal tersebut nggak dimanfaatkan. Dengan hadirnya Area 120 ini, Google senggaknya sudah bersiap memproteksi startup-startup yang mempunyai kemungkinan besar mendapatkan kesuksesan.

Hal ini sebenarnya sudah mulai dilakukan oleh perusahaan besar dunia. Misalnya First Flight, sebuah wadah yang dibuat oleh Sony. Selain itu LG dan Samsung juga membuat hal serupa. Walaupun semuanya nggak dikhususkan untuk karyawan, tetapi senggaknya perusahaan terkenal di dunia ini membuat suatu ekosistem baru untuk kemajuan teknologi di masa mendatang.

 

 

Source: engadget.com

4 Gadget Terbaik di 2020 yang Perlu Lo Miliki

Fri, 03 April 2020
Seseorang mengenakan smart watch

Di era yang serba digital ini, lo harus bisa memanfaatkan sebaik mungkin inovasi-inovasi teknologi yang bisa bantu lo melakukan aktivitas dengan lebih efisien sehari-hari. Itu tujuan dasar dari diciptakannya teknologi, benar nggak? Beberapa gadget yang akan direkomendasikan di sini bisa buat lo lebih nyaman menikmati hidup yang terbantukan dengan adanya teknologi canggih ini.

 

Vacuum Cleaner Eufy BoostIQ RoboVac 11S

Seseorang sedang mengontrol robot vacuum cleaner melalui smartphone

Membersihkan rumah seharusnya bisa jadi aktivitas yang menyenangkan jika lo bisa melakukan rutinitas bersih-bersih dengan nyaman dan cepat. Itu sebabnya lo perlu punya robot vacuum cleaner yang satu ini. Setelah di-setting, robot ini akan mulai membersihkan setiap sudut rumah secara otomatis. Saat baterainya melemah, charging mode akan menyala sehingga lo tahu kapan harus mengisi kembali daya robot ini.

Lo bisa mengotak-atik pengaturan waktu dan pengaturan lainnya di robot vacuum ini, sesuai dengan kebutuhan dan kondisi rumah. Nggak perlu khawatir dan mengawasi robot ini bekerja juga, karena robot ini punya teknologi drop-sensing yang bikin si robot nggak akan jatuh dari tangga atau menabrak barang saat membersihkan rumah. Canggih, bukan?

 

Botol Purifying Water LARQ

Seorang pria sedang mengetik di laptop dengan botol LARQ di sampingnya

Beberapa dari lo pasti punya tumbler sendiri yang bisa lo bawa-bawa saat beraktivitas demi mengurangi pemakaian wadah plastik yang nggak baik buat lingkungan. Tapi, seringkali botol minum atau tumbler biasa walau sudah dicuci masih saja berbau seperti minuman terakhir yang kamu isi di dalamnya. Akan beda halnya jika botol yang lo pakai adalah gadget canggih yang dapat melakukan self -cleaning.

Ya, benar sekali. Teknologi UV-C Light pada botol ini dapat memurnikan air yang ditampungnya dari bakteri dan virus hingga 99.99%. Ditambah lagi, gadget botol ini cukup di-charge satu kali dalam sebulan dan lo bisa dengan bebas memakai botol ini untuk jadi pengganti botol atau tumbler biasa yang lo punya.

 

Speaker Portable Sonos Moves

Seseorang sedang bersantai di pinggir kolam ditemani speaker portable Sonos Moves

Beberapa aktivitas atau pekerjaan akan lebih nyaman dilakukan sembari mendengarkan musik. Itu sebabnya gadget berikutnya yang jadi rekomendasi adalah speaker portable yang bisa dihubungkan dengan sambungan Bluetooth atau Wi-Fi. Nggak cuma itu, speaker pintar ini juga dikontrol dengan sound detection remote, Amazon Alexa. Lo cukup meminta Alexa untuk memutarkan lagu tertentu, dan voila!

Speaker portable ini juga cocok digunakan di luar ruangan karena ketahanannya terhadap kondisi cuaca apapun seperti hujan, sinar UV, salju, atau debu. Bahkan, kondisi panas atau dingin yang sangat ekstrim tidak akan menghalangi speaker ini untuk beroperasi secara normal.

 

Ember Temperature Control Smart Mug

Seseorang menggenggam Ember Smart Mug

Bagi lo yang hobi minum kopi atau teh di rumah sambil bekerja atau melakukan aktivitas lainnya, mug yang satu ini sepertinya wajib ada di antara gadget di atas. Mug dengan teknologi temperature control ini bisa mengatur suhu tertentu yang lo inginkan saat akan meminum minuman lo. Jadi, lo nggak perlu khawatir kalau kopi dan teh yang sudah lo buat sejam yang lalu akan jadi dingin dan kurang nikmat saat diminum.

Cukup dengan mengisi ulang daya baterainya, mug pintar ini bisa bertahan digunakan selama satu jam. Lo juga bisa dengan mudahnya mengatur suhu yang lo inginkan. Atur suhu racikan kopi atau teh yang ideal menurut kesukaan lo sendiri.

Dengan memiliki gadget-gadget yang mempermudah hidup lo ini, aktivitas apapun itu baik di rumah saja, atau di luar rumah jadi lebih nyaman untuk dilakukan. Karena efisiensi yang dimiliki gadget-gadget di atas pula, lo jadi bisa memanfaatkan waktu lo untuk hal-hal lain.

 

 

Sources: Gear Hungry, Esquire UK, Eufy Life