Trending
Kamis, 14 Juli 2016

Google Akan Persiapkan Smartphone Keluaran Sendiri

  • Share
  • fb-share
Google Akan Persiapkan Smartphone Keluaran Sendiri

Pada tahun 2010, Google bekerjasama dengan Nexus untuk mengeluarkan smartphone yang dinamakan Google Nexus. Ketika itu Google memang sudah mendeklarasikan nggak akan mengeluarkan smartphone dengan merek sendiri. Sebagai gantinya Google bekerja sama dengan beberapa prabikan smartphone, seperti Huawei, Nexus, Motorolla dan juga HTC. Tetapi setelah 6 tahun berada di balik bayang-bayang pabrikan lain. Akhirnya tahun ini Google telah mengumumkan akan membuat smartphone sendiri, tanpa embel-embel produsen lain.

 

Google siap bersaing dengan Apple

Smartphone android ini mendominasi jumlah smartphone di seluruh dunia. Survey di tahun 2015, jumlah pengguna smartphone android adalah 40%, meninggalkan iOS yang berada di posisi kedua dengan 37%. Dengan jumlah tersebut, Google tentu percaya diri jika dirinya mengeluarkan smartphone dengan harga murah ataupun mahal sekalipun, pasti ada saja orang yang membeli.

Persaingan Google dan Apple memang hanya terbatas mengenai smartphone. Android yang dikembangkan Google sejak tahun 2005 ini menjadi satu-satunya saingan dari iOS. Walaupun penjualan iPhone masih lebih baik ketimbang smartphone Google Nexus, bukan berarti iPhone nggak bisa dikalahkan.

 

Google Nexus bukan produk gagal

Mempercayakan smartphone kepada Nexus dan juga Original Equipment Manufactures (OEMs) bukan langkah yang bodoh. Nexus sendiri berhasil membuat smartphone dengan harga yang bervariatif. Ada yang sangat murah dan ada yang mahal, seperti Nexus 6P yang baru launching awal tahun ini. Penjualannya sangat bagus, contohnya Nexus 6P yang dibuat oleh Huawei mendapatkan kategori smartphone android terbaik yang pernah dibuat.

 

Fokus Google terbelah

Setelah mengakuisisi Project Ara pada tahun 2015, fokus Google dipastikan akan terbelah. Project Ara adalah salah satu project yang paling ditunggu di dunia. Smartphone yang bisa bongkar pasang ini disebut sebagai smartphone masa depan. Jadi kita lihat saja Urbaners, apakah Google berhasil dengan Project Ara dan smartphone keluaran sendirinya ini.

 

Source: cnet.com

Comments
Susiana Saputri
Mantap banget
SAWI TRI
Google Nexus bukan produk gagal