Trending
Senin, 08 Agustus 2016

Yahoo Akhirnya Dibeli Verizon 44 Triliun Rupiah

  • Share
  • fb-share
Yahoo Akhirnya Dibeli Verizon 44 Triliun Rupiah

Yahoo didirikan pada tahun 1994 menjadi salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia. Tetapi munculnya Google dan Facebook membuat Yahoo nggak lagi powerfull seperti dulu lagi. Pada 2 tahun terakhir, Yahoo senggaknya menutup beberapa cabang perusahaannya di tempat-tempat strategis, termasuk Indonesia. Dan akhirnya pada tanggal 25 Juli 2016 kemarin perusahaan telekomunikasi terbesar di Amerika Serikat yaitu Verizon mengakuisisi Yahoo sebesar 4,4 miliar dolar atau setara 44 triliun rupiah.

 

Versizon sudah bersiap sejak lama

Beberapa kali Yahoo akan dilego oleh beberapa perusahaan besar. Bahkan Google, Facebook dan Microsoft sudah bersiap untuk membeli Yahoo jika memang perusahaan tersebut nggak berkembang. Sebenarnya Microsoft dan Verizon berada di garis paling depan untuk perusahaan yang akan membeli Yahoo. Tetapi beberapa minggu lalu Microsoft membeli LinkedIn 26 miliar dolar, itu berarti kemungkinan Microsoft membeli Yahoo kecil. Seperti yang diduga, Verizon akhirnya membeli Yahoo dengan mahar 4 miliar dolar.

 

Verizon akan menggabungkan telekomunikasi, media dan email

Verizon sudah menguasai pasar telekomunikasi Amerika Serikat. Pada tahun lalu saja, keuntungan bersih Verizon sudah mencapai 500 juta dolar dalam hal telekomunikasi saja. Verizon juga belum lama mengakuisisi perusahaan media online terkenal yaitu AOL. AOL ini membawahi sekitar 5 media besar, mulai dari TechCrunch, Engadget dan Huffington Post. Itu berarti dengan akuisisi Yahoo, Verizon berencana akan menggabungkan telekomunikasi, media dan email.

Yahoo sebenarnya bukan perusahaan yang buruk-buruk amat. Pada tahun 2016 ini, seharusnya Yahoo bisa mendapatkan keuntungan sebesar 2,3 miliar dolar. Tetapi jika dibandingkan dengan raksasa internet lain, yaitu Google dan Facebook ternyata Yahoo nggak ada apa-apanya. Google diprediksi mendapatkan keuntungan mencapai 24 miliar dolar dan Facebook sebesar 10 miliar.

Itulah mengapa harga Yahoo ini sedikit lebih mahal dari perkiraan orang-orang. Beberapa media online memprediksi Yahoo hanya akan laku sekitar 2 sampai 3 miliar dolar. Tetapi ternyata lebih mahal sedikit.

 

Source: reuters.com

Comments
THIAS HASTININGSIH
Verizon akan menggabungkan telekomunikasi, media dan email
Nasiban
Menginspirasi