Home Techno Robot Customer Service Akan Mendominasi Dunia
Robot Customer Service Akan Mendominasi Dunia

Robot Customer Service Akan Mendominasi Dunia

Tuesday, August 16, 2016 - 13:47
Bagikan
Facebook Twitter Email

Pada ITB (International Tourismus-Borse) Travel Fair di Berlin Jerman kemarin, Toshiba membawa salah satu customer service terbaiknya. Memakai baju biru, tatapannya berbeda dengan manusia lain. Ternyata customer service (CS) yang dibawa oleh Toshiba ini adalah robot. Tetapi bukan sembarang robot, ternyata ketika didatangi oleh pengunjung, robot ini langsung berkata “Halo, nama saya Chihira Kanae, robot dari Toshiba yang akan membantu Anda.” Dengan tampilan layaknya CS pada umumnya, Toshiba seakan ingin menunjukkan bahwa masa depan customer service dunia adalah robot.

Robot tersebut masih belum sempurna


Tenang, robot CS dari Toshiba nggak akan mempengaruhi pekerjaan CS di seluruh dunia. Karena robot tersebut memang masih belum sempurna. Komunikasi yang dilakukan pun nggak terlalu lancar, bahkan cenderung terbata-bata. Tetapi Toshiba ini sangat serius ketika ditanya bagaimana soal perkembangan robot. Total sudah ada 3 robot yang disebarkan di Jepang untuk menjadi CS. Bahkan Toshiba sengaja membuat robot ini bersaudara. “Saya adalah saudara dari Junko dan Aico (sesama robot CS di Jepang),” ujar Chihira Kanae.

Salah satu petinggi Toshiba mengatakan bahwa pengembangan robot ini nggak sembarangan. Harga pengembangan satu robot ini sama halnya dengan 1 mobil Lamborghini. Rencananya, 5 tahun mendatang robot CS ini diprediksi akan mendominasi travel di dunia. “Robot ini akan berkembang seperti keluarga Kardashian,” canda Hitoshi Tokuda dari Toshiba.

Masa depan travel dunia


Pada cara ITB Travel Fair tersebut, nggak hanya melulu soal robot. Beberapa perusahaan travel terkenal di dunia ini juga menampilkan inovasinya. Salah satu perusahaan travel ada yang menawarkan hotel dengan tema yang bisa berubah-ubah secara 3D. Selain itu ada hotel di bawah laut dan hotel yang menawarkan jasa VR teknologi tinggi. Paling menarik di Australia yang akan menerapkan paspor virtual, jadi lo nggak perlu menunjukan paspor fisik. Tentunya ini mencegah paspor lo hilang atau ketinggalan.

 

Source: vice.com