Trending
Selasa, 23 Agustus 2016

4 Desain Teknologi yang Ramah Lingkungan

  • Share
  • fb-share
4 Desain Teknologi yang Ramah Lingkungan

Apakah lo pernah memperhatikan bahwa hampir semua desain teknologi yang akan muncul ataupun telah muncul sekarang itu kurang ramah lingkungan? Paling sederhana adalah smartphone. Smartphone adalah salah satu desain teknologi yang paling nggak ramah lingkungan. Dalam 1 bulan, setidaknya ada ratusan smartphone baru dan rusak yang dibuang di tempat sampah. Tetapi di tengah kecaman dari berbagai pihak, ternyata para pengembang ini juga turut urun rembug bagaimana membuat desain teknologi yang ramah lingkungan.

 

Papan sirkuit yang larut dalam air

Bukan rahasia lagi bahwa papan sirkuit adalah salah satu peralatan paling nggak ramah lingkungan. Walaupun selama ini para peneliti terus mengembangkan papan sirkuit yang ramah lingkungan, UK National Physical Laboratory ternyata berhasil membuat papan sirkuit yang larut dalam air. Jadi ketika sudah nggak bisa digunakan lagi, papan sirkuit ini tinggal dilarutkan ke dalam air panas, dan komponennya akan tinggal 10% saja.

 

Google Project Ara

Seperti disebutkan di dalam paragraf awal, bahwa jumlah smartphone baru dan lama di dunia semakin nggak terbendung. Jika ini terus terjadi, limbah smartphone bisa menimbun suatu kota besar. Oleh karena itu Google membuat smartphone yang bisa dibongkar pasang, yang dinamakan Google Project Ara. Jadi lo nggak perlu lagi membuang smartphone jika ada salah satu perangkat yang rusak.

 

Apple Liam

Apple sudah mengeluarkan miliaran iPhone di seluruh dunia. Dengan jumlah sebanyak itu, Apple ternyata sudah menyiapkan beberapa cara untuk menanggulangi iPhone bekas atau yang sudah nggak dipakai. Apple mengeluarkan robot bernama Liam yang bisa membongkar dan mengecek komponen iPhone mana saja yang bisa dipakai kembali. Selain itu, Apple juga mempunyai program Apple Renew, dimana pengguna bisa menyerahkan iPhone yang sudah nggak digunakan lagi.

 

ecoATM

Mungkin ini adalah desain teknologi yang paling menarik, yaitu ecoATM. Ini adalah ATM yang bisa menerima barang teknologi yang nggak bisa digunakan lagi dan menukarnya dengan uang. Contohnya smartphone bekas akan ditukar dengan uang 30 dolar ataupun mp3 player bisa ditukar dengan uang 25%.

 

Source: engadget.com

Comments
THIAS HASTININGSIH
Papan sirkuit yang larut dalam air
EDI SASONO
Google Project Ara