Trending
Kamis, 01 September 2016

Baru Rilis, Google Duo Langsung Perhatian Dunia

  • Share
  • fb-share
Baru Rilis, Google Duo Langsung Perhatian Dunia

Selama ini, aplikasi apa yang lo pakai buat video call? Udah nyobain Google Duo belum? Aplikasi yang satu ini baru saja dirilis oleh Google 16 Agustus lalu. Aplikasi yang dapat lo pakai untuk melakukan video call dengan segala macam platform ini baru dirilis udah bikin banyak pengguna melirik. Kabarnya, aplikasi ini mampu menghindarkan lo dari orang-orang yang nggak lo kenal. Kok bisa?

 

Sederhana dan mudah

Google pertengahan Agustus lalu resmi merilis aplikasi video chatnya yang diberi nama Google Duo. Aplikasi yang dapat digunakan untuk platform Android dan iOS ini menawarkan fitur video call tanpa embel-embel lain. Nggak ada yang namanya stiker, filter-filter lucu, video group, bahkan fitur kirim pesan. Duo benar-benar murni video call saja.

Meski begitu, Duo fokus ke full-screen video calling dengan interface yang sangat sederhana. Yang membuat Duo berbeda dari aplikasi video call lain adalah fitur Knock Knock. Fitur ini membuat calling lebih aman karena pengguna yang akan menerima video call dapat melihat pengirim video call sebelum diterima. Ini seperti fitur lubang intip di pintu rumah yang dapat melihat tamu sebelum lo membuka pintu. Intinya, lo bakal bisa langsung berkomunikasi dengan seseorang bahkan sebelum lo mengangkat video call tersebut.

Aplikasi ini pertama kali diumumkan pada saat gelaran Google I/O bulan Juni lalu, berbarengan dengan aplikasi text messaging bernama Allo. Kedua aplikasi tersebut merupakan bagian dari perjalanan panjang Google dalam mengembangkan aplikasi perpesanan dan komunikasi personal

 

Hangout On Air ditutup

Sebelumnya, tahun 2013, Google sempat merilis Google Hangout yang jadi aplikasi lengkap mulai dari video chatting hingga text messaging. Sayangnya, Hangout tenggelam oleh Facebook Messenger dan aplikasi lain yang punya fungsi serupa. Duo dan Allo sendiri pada dasarnya merupakan aplikasi penunjang Hangout, namun berbeda aplikasi saja.

Google sendiri menutup Hangout On Air, fitur live streaming yang jadi andalan aplikasi tersebut. Bulan September ini Google dikabarkan secara resmi menutup fitur tersebut. Segala macam bentuk live streaming diambil alih oleh YouTube Live.

Hingga saat ini, aplikasi ini udah didownload sebanyak 1 juta orang. Tampilan yang sederhana serta ringan di ponsel jadi alasan kenapa banyak orang menggunakannya. Lalu, dapatkah Duo bersaing dengan aplikasi serupa? Biar waktu yang membuktikan.

 

Source: variety.com

Comments
Argha hendriandika
Keren bener
ADITYA RIZA ALFANDY
Sederhana dan mudah