Trending
Rabu, 05 Oktober 2016

4 Teleskop Terbaik yang Ada di Dunia dan Di Luar Angkasa

  • Share
  • fb-share
4 Teleskop Terbaik yang Ada di Dunia dan Di Luar Angkasa

Teleskop adalah salah satu benda paling penting yang pernah diciptakan di dunia. Dengan adanya teleskop, semua orang bisa belajar tentang astronomi dan juga luar angkasa. Di dunia sendiri ada puluhan teleskop yang dapat memantau segala aktivitas di luar angkasa dan juga ada belasan teleskop yang tersebar di luar angkasa. Lalu dari puluhan atau bahkan ratusan teleskop tersebut, manakah yang terbaik?

 

Hubble Space Telescope

Nggak ada yang mengalahkan bagaimana kecanggihan dari teleskop Hubble. Lucunya ketika diluncurkan pada tahun 1990, teleskop Hubble mengalami banyak kendala salah satunya adalah gambar yang blur. Setelah beberapa kali perbaikan, Hubble telah menjadi teleskop paling penting yang dimiliki oleh bumi. Sekarang teleskop Hubble bisa beroperasi sampai tahun 2020.

 

Spitzer Space Telescope

Setelah meluncurkan Hubble, NASA meluncurkan Spitzer pada tahun 2003. Beda Hubble dengan Spitzer adalah Spitzer ini bisa meneropong menggunakan infrared. Jadi ketika semuanya terpaku kepada teleskop Hubble, Spitzer ini bisa melihat apa yang nggak bisa dilihat oleh mata telanjang manusia atau bahkan teleskop biasa. Spitzer ini juga mengindikasi bahwa Jupiter ini ternyata mempunyai “cincin” panas yang nggak terlihat dengan teleskop biasa.

 

The Atacama Large Millimeter

Ini adalah teleskop paling mainstream yang hampir ada seluruh film-film yang berhubungan dengan luar angkasa. Yaitu teleskop The Atacama Large Millimeter yang berada di Pegunungan Andes Amerika Selatan. Bentuk teleskop ini mirip dengan satelit yang jumlahnya 66. Menariknya dari teleskop ini adalah, setiap satelit ini memerlukan waktu 3 bulan untuk memasangnya.

 

Giant Magellan Telescope

Dibangun sejak tahun 2011, Giant Magellan Telescope akan bersiap untuk menjadi salah satu teleskop terbesar di dunia. Bertempat di Chile Amerika Selatan, Giant Magellan Telescope ini mempunyai 7 cermin raksasa. Dan setiap cerminnya dibuat di Amerika Serikat, tepatnya di Universitas Arizona.

Itulah keempat teleskop terbaik yang ada di bumi maupun di luar angkasa. Sebenarnya masih ada beberapa teleskop yang akan beroperasi menggantikan teleskop yang sudah usang di atas, tapi semuanya masih rencana.

 

Source: popularmechanics.com

Comments
Farash Hijri
Hah gimana?
DEVI TRI HANDOKO
4 Teleskop Terbaik yang Ada di Dunia dan Di Luar Angkasa