• Techno
  • Sekarang Lo Bisa Dengerin Lagu Komputer Pertama

Sekarang Lo Bisa Dengerin Lagu Komputer Pertama

Mon, 10 October 2016

Urbaners, lo sudah pernah nonton film The Imitation Game? Film tersebut bercerita tentang Alan Turing, seorang ahli komputer yang berhasil memecahkan kode dari mesin Enigma milik Jerman pada Perang Dunia II. Nah, siapa sangka kalau ternyata Alan Turing pernah memanfaatkan kecerdasannya tersebut untuk menciptakan musik pertama dari komputer!

 

Ditemukan Ilmuwan New Zealand

Melalui film yang dibintangi oleh Benedict Cumberbatch tersebut, lo bisa lihat betapa geniusnya Alan Turing dalam memecahkan kode dari mesin Enigma. Kode yang ia pecahkan berhasil memperpendek periode waktu perang hingga empat tahun. Bagi yang suka musik EDM, sepertinya lo harus berterima kasih pada Turing karena ia ternyata juga merupakan salah satu musisi elektronik pertama yang ada di dunia.

Pada tahun 1951, Turing menciptakan musik pertama dari komputer (computer-generated), yakni dengan membawakan lagu kebangsaan British yang berjudul God Save the Queen. Musik tersebut ditemukan oleh ilmuwan asal New Zealand. Mereka mengumumkan penemuan mereka tersebut melalui website British Library pada tanggal 13 September 2016 lalu.

 

Direkam di Manchester

Turing menciptakan musik tersebut menggunakan sebuah mesin di laboratorium bernama Computing Machine Laboratory yang terdapat di Manchester, Inggris. Dalam pembuatannya, Turing berkolaborasi bersama seorang guru sekolahnya bernama Christopher Stratchey. Turing bertanggung jawab untuk mengembangkan dan memprogram not musiknya. Sementara itu, Stratchey menggabungkan keseluruhan musiknya agar menciptakan hasil yang enak didengar.

Dilansir dari factmag.com, kabarnya Turing hanya berkata “good show” setelah mendengar musik yang diciptakannya sendiri. Turing nggak tahu aja nih, Urbaners, kalau sebenarnya dia sudah melakukan inovasi besar dalam bidang musik. Partnernya, Stratchey, bahkan sudah menjadi seorang pioneer dalam bidang desain bahasa pemrograman.

 

Tiga tahun setelah menciptakan musik tersebut, Turing meninggal dunia akibat bunuh diri dengan menelan sianida. Berkat Turing, sekarang lo semua bisa mendengarkan musik yang diciptakan dari komputer. Siapa tahu sebentar lagi bakal ada film yang menceritakan proses pembuatan musik tersebut ya, Urbaners.

 

 

Sources: atlasobscura.com, factmag.co.uk

Biar Makin Seru Main TikTok: 5 Tips Ini Perlu Lo Ketahui, Nih!

Wed, 30 September 2020
Ini 5 tips main tiktok buat para pemula seperti lo

Dulu dihujat, sekarang jadi tren dan malah jadi salah satu aplikasi yang mesti banget dibuka dan digunakan di hari-hari produktif lo. TikTok! Di sini siapa yang nggak main TikTok? Atau malah ada yang sudah biasa bikin videonya terus langsung viral?

Sebagai salah satu aplikasi video berbasis musik, TikTok memang lagi digandrungi banyak kalangan, khususnya millennial. Mungkin salah satu alasan mengapa mereka suka main TikTok, mereka merasa membuat konten video semudah itu, bro.

Apakah lo merasakan hal yang sama? Tools di aplikasi TikTok untuk membuat video lucu dan menarik cukup mumpuni. Ditambah kekreativitasan netizen-netizen dari berbagai negara – hampir tiap hari ada saja video yang viral.

Eits, apakah sekarang lo jadi penasaran sendiri bagaimana membuat video di TikTok? Kalau lo adalah seorang pemula dan belum tahu mau mulai dari mana untuk membuat video di TikTok, tenang – lo sudah berada di halaman artikel yang tepat.

Karena di bawah ini, setidaknya ada lima tips dan trik buat lo main TikTok buat para pemula. Sekarang boleh bro masih jadi pemula – siapa tahu tiga hari kedepan lo sudah jadi master of TikTok? Gini-gini, daripada lo makin penasaran sendiri, sekarang sila simak bahasan kali ini sampai habis!

 

Bikin Video Duet

Ini 5 tips main tiktok buat para pemula seperti lo

Credit Image: dailydot.com

Supaya nggak kaku-kaku banget main TikToknya, lo bisa nih ajak orang lain untuk duet! Caranya gini:

  • Pertama, lo mesti menentukan video mana dan tonton videonya terlebih dahulu. Pastikan saja cari video yang gerakannya gampang lo ikuti.
  • Kedua, lo bisa tekan tombol ‘bagikan’ di sebelah kanan video. Tombol itu bakal muncul kalau si pemilik akun sudah mengizinkan untuk berbagi video dengan orang lain.
  • Habis itu klik ‘duet’
  • Lalu, rekam video lo dengan menekan tombol rekam berwarna merah
  • Edit dan tambahkan efek video lainnya, ulangi langkah empat dan lima beberapa kali
  • Setelah itu, klik tombol ‘berikutnya’ – lalu posting

 

Bikin Video Lo Jadi Format GIF

Ini 5 tips main tiktok buat para pemula seperti lo

Credit Image: latimes.com

Salah satu fitur menarik yang ada di TikTok adalah bisa mengkonversi format video lo menjadi format atau bentuk GIF. Untuk melakukan ini, lo hanya tinggal mengklik tombol bagikan dan pilih opsi bagikan sebagai GIF.

Setelah terunduh sempurna file GIF tersebut, lo bisa bagikan melalui pesan SMS, Whatsapp, Twitter dan media sosial lainnya. Lah, sudah siap buat viral, bro?!

 

Keganggu Sama Beberapa Akun?

Selalu ada saja sih mereka yang disturbing gitu. Mengganggu dengan mengunggah video-video yang tidak menyenangkan sehingga lo jelas pasti risih dan malas melihatnya. Untuk mengatasi hal-hal seperti ini, lo bisa ‘menyembunyikan’ mereka, lho.

Caranya gampang, lo tekan video tersebut sedikit lama, pilih opsi ‘lainnya’ lalu klik ‘sembunyikan’. Terus lo bisa pilih sembunyikan video dari pengguna atau dari suara yang ditampilkan.

 

Banyak yang Jadi Favorit Lo di TikTok?

Ini 5 tips main tiktok buat para pemula seperti lo

Credit Image: vox.com

Aplikasi video musik ini juga bisa membantu lo untuk menyimpan berbagai video, lagu, hashtag sampai efek kesukaan dengan mudah. Caranya gini bro – lo tinggal klik tombol ‘simpan’ yang ada pada video.

Jika sudah lo simpan, lo bisa melakukan langkah ini. Pertama pilih akun profil, lalu klik ikon favorit, lalu di ikon tersebut ada simbol seperti bookmark di sebelah opsi ‘edit profile’. Nah dengan begitu lo jadi lebih mudah melihat video-video kesukaan lo, nih!

 

Terkoneksi Dengan Code

Fitur yang satu ini akan membantu para user atau para pengguna satu dengan yang lainnya untuk terhubung dengan mudah. Lo bisa membagikan code TikTok dengan orang lain atau bisa lo simpan di perangkat sendiri.

Supaya bisa lihat kode tersebut, lo bisa mengunjungi profil, pilih menu ikon code TikTok, lalu klik code TikTok.

Wah bagaimana nih bro? Mungkin awalnya lo melihat aplikasi video musik ini adalah salah satu aplikasi yang ribet. Sebenarnya tidak juga bro. Lama-kelamaan lo akan biasa buat bikin video dari aplikasi TikTok ini. Sudah makin penasaran buat coba? Langsung unduh dulu bro aplikasinya!

 

Feature Image – exabytes.co.id