Home Techno Sekarang Lo Bisa Dengerin Lagu Komputer Pertama

Sekarang Lo Bisa Dengerin Lagu Komputer Pertama

Monday, October 10, 2016 - 18:45
Bagikan
Facebook Twitter Email

Urbaners, lo sudah pernah nonton film The Imitation Game? Film tersebut bercerita tentang Alan Turing, seorang ahli komputer yang berhasil memecahkan kode dari mesin Enigma milik Jerman pada Perang Dunia II. Nah, siapa sangka kalau ternyata Alan Turing pernah memanfaatkan kecerdasannya tersebut untuk menciptakan musik pertama dari komputer!

 

Ditemukan Ilmuwan New Zealand

Melalui film yang dibintangi oleh Benedict Cumberbatch tersebut, lo bisa lihat betapa geniusnya Alan Turing dalam memecahkan kode dari mesin Enigma. Kode yang ia pecahkan berhasil memperpendek periode waktu perang hingga empat tahun. Bagi yang suka musik EDM, sepertinya lo harus berterima kasih pada Turing karena ia ternyata juga merupakan salah satu musisi elektronik pertama yang ada di dunia.

Pada tahun 1951, Turing menciptakan musik pertama dari komputer (computer-generated), yakni dengan membawakan lagu kebangsaan British yang berjudul God Save the Queen. Musik tersebut ditemukan oleh ilmuwan asal New Zealand. Mereka mengumumkan penemuan mereka tersebut melalui website British Library pada tanggal 13 September 2016 lalu.

 

Direkam di Manchester

Turing menciptakan musik tersebut menggunakan sebuah mesin di laboratorium bernama Computing Machine Laboratory yang terdapat di Manchester, Inggris. Dalam pembuatannya, Turing berkolaborasi bersama seorang guru sekolahnya bernama Christopher Stratchey. Turing bertanggung jawab untuk mengembangkan dan memprogram not musiknya. Sementara itu, Stratchey menggabungkan keseluruhan musiknya agar menciptakan hasil yang enak didengar.

Dilansir dari factmag.com, kabarnya Turing hanya berkata “good show” setelah mendengar musik yang diciptakannya sendiri. Turing nggak tahu aja nih, Urbaners, kalau sebenarnya dia sudah melakukan inovasi besar dalam bidang musik. Partnernya, Stratchey, bahkan sudah menjadi seorang pioneer dalam bidang desain bahasa pemrograman.

 

Tiga tahun setelah menciptakan musik tersebut, Turing meninggal dunia akibat bunuh diri dengan menelan sianida. Berkat Turing, sekarang lo semua bisa mendengarkan musik yang diciptakan dari komputer. Siapa tahu sebentar lagi bakal ada film yang menceritakan proses pembuatan musik tersebut ya, Urbaners.

 

 

Sources: atlasobscura.com, factmag.co.uk