• Techno
  • Sekarang Lo Bisa Dengerin Lagu Komputer Pertama

Sekarang Lo Bisa Dengerin Lagu Komputer Pertama

Mon, 10 October 2016

Urbaners, lo sudah pernah nonton film The Imitation Game? Film tersebut bercerita tentang Alan Turing, seorang ahli komputer yang berhasil memecahkan kode dari mesin Enigma milik Jerman pada Perang Dunia II. Nah, siapa sangka kalau ternyata Alan Turing pernah memanfaatkan kecerdasannya tersebut untuk menciptakan musik pertama dari komputer!

 

Ditemukan Ilmuwan New Zealand

Melalui film yang dibintangi oleh Benedict Cumberbatch tersebut, lo bisa lihat betapa geniusnya Alan Turing dalam memecahkan kode dari mesin Enigma. Kode yang ia pecahkan berhasil memperpendek periode waktu perang hingga empat tahun. Bagi yang suka musik EDM, sepertinya lo harus berterima kasih pada Turing karena ia ternyata juga merupakan salah satu musisi elektronik pertama yang ada di dunia.

Pada tahun 1951, Turing menciptakan musik pertama dari komputer (computer-generated), yakni dengan membawakan lagu kebangsaan British yang berjudul God Save the Queen. Musik tersebut ditemukan oleh ilmuwan asal New Zealand. Mereka mengumumkan penemuan mereka tersebut melalui website British Library pada tanggal 13 September 2016 lalu.

 

Direkam di Manchester

Turing menciptakan musik tersebut menggunakan sebuah mesin di laboratorium bernama Computing Machine Laboratory yang terdapat di Manchester, Inggris. Dalam pembuatannya, Turing berkolaborasi bersama seorang guru sekolahnya bernama Christopher Stratchey. Turing bertanggung jawab untuk mengembangkan dan memprogram not musiknya. Sementara itu, Stratchey menggabungkan keseluruhan musiknya agar menciptakan hasil yang enak didengar.

Dilansir dari factmag.com, kabarnya Turing hanya berkata “good show” setelah mendengar musik yang diciptakannya sendiri. Turing nggak tahu aja nih, Urbaners, kalau sebenarnya dia sudah melakukan inovasi besar dalam bidang musik. Partnernya, Stratchey, bahkan sudah menjadi seorang pioneer dalam bidang desain bahasa pemrograman.

 

Tiga tahun setelah menciptakan musik tersebut, Turing meninggal dunia akibat bunuh diri dengan menelan sianida. Berkat Turing, sekarang lo semua bisa mendengarkan musik yang diciptakan dari komputer. Siapa tahu sebentar lagi bakal ada film yang menceritakan proses pembuatan musik tersebut ya, Urbaners.

 

 

Sources: atlasobscura.com, factmag.co.uk

6 YouTuber Dengan Penghasilan Terbesar Di Tahun 2019

Tuesday, December 31, 2019 - 13:17
PewDiePie memakai kaos hitam

Saat ini YouTuber semakin banyak lho, Urbaners. Bahkan makin banyak orang yang bercita-cita jadi YouTuber. Anak muda saat ini pun makin banyak yang membuat channel YouTube dan mengunggah vlog. Hampir setiap orang berusaha untuk menjadi content creator di YouTube. YouTube dianggap mampu menghasilkan banyak uang. Forbes bahkan merilis info YouTuber yang mendapat penghasilan paling besar di tahun 2019. Siapa sajakah mereka ini?

 

Dude Perfect

anggota Dude Perfect berfoto bersama memakai kemeja kotak-kotak

Channel Dude Perfect ternyata dimiliki oleh sekumpulan bapak-bapak lho, Urbaners. Mereka adalah Tyler Toney, Garret Hilbert, Cody Jones, Coby Cotton, dan Cory Cotton. Pria paruh baya tersebut membuat channel YouTube yang sering diisi oleh video mereka ketika sedang berolahraga dan bermain bowling. Mereka berhasil mendapatkan keuntungan dari YouTube sebesar 20 juta dolar AS. Bahkan mereka juga ditawari untuk dibuatkan acara TV di Nickelodeon. Keren juga ya bapak-bapak ini, Urbaners.

 

Rhett and Link

foto Rhett and Link

Duo komedian asal California, Amerika Serikat ini berhasil meraup pendapatan sebesar hingga 17,5 juta dolar AS, Urbaners. Mereka sering mengunggah video lucu yang mereka buat. Nggak hanya itu saja, mereka juga sering mengunggah lagu komedi hasil parodi mereka sendiri. Rhett and Link juga dikenal pintar membuat sketsa. Keren kan?

 

Preston

Preston dengan balon angka 10

Sebelum fokus membuat vlog, Preston memulai channel YouTube-nya dengan memainkan game Minecraft dan Call of Duty. Perubahan ini membuat jumlah subscriber-nya terus bertambah dari waktu ke waktu. Preston berhasil meraup keuntungan dari YouTube hingga mencapai jumlah 14 juta dolar AS. Sungguh sebuah pendapatan yang fantastis.

 

PewDiePie

PewDiePie di ruangannya sambil memakai headphone

Channel YouTube PewDiePie berisikan video permainan aksi dan horror. PewDiePie memiliki 102 juta subscriber di channel YouTube-nya. Di tahun 2019, PewDiePie mendapat keuntungan dari YouTube sebesar 13 juta dolar AS. Bahkan banyak para gamers menjadikannya sebagai inspirator dalam main game seru.

 

DanTDM

DanTDM memakai kaos warna hitam dengan poni lemparnya

DanTDM sering mengunggah video tentang game. Biasanya game yang sering dia mainkan adalah Fortnite dan Minecraft di channel YouTube-nya. Dia bahkan berhasil memenangkan penghargaan di Kids Choice Awards dan juga mencetak Guinness World Records. Kini, DanTDM berhasil meraup pendapatan sebesar 12 juta dolar AS dari video YouTube yang dia buat di channel-nya.

 

VanossGaming

Vanossgaming memakai kaos warna putih

Buat lo yang suka game, channel milik VanossGaming ini cocok banget buat lo tonton. VannosGaming sering mengunggah video tentang game terutama GTA V, Minecraft, dan game lainnya. Berkat video tutorial game tersebut, dirinya pun kini berhasil mendapatkan hingga 11,5 juta dolar AS.

 

Dari deretan di atas, ada nggak nih YouTuber favorit lo, Urbaners?

 

 

Source : IDN Times