Home Techno Mengejutkan, Twitter Akan Mematikan Vine

Mengejutkan, Twitter Akan Mematikan Vine

Friday, November 11, 2016 - 16:05
Bagikan
Facebook Twitter Email

Sebelum Snapchat dan InstaStory hype, dulu juga udah ada media sosial yang bisa merekam video. Media sosial tersebut adalah Vine. Buat lo anak gaul Twitter, pasti tahu sama Vine. Vine ini diakuisisi Twitter pada tahun 2012 dan sejak itu langsung jadi viral dan punya jutaan pengguna. Tapi mirisnya, meskipun punya pengguna yang sangat banyak, Vine bakal dimatikan sama Twitter.

 

Viral sejak diakuisisi Twitter

Diakuisisi oleh Twitter pada tahun 2012, membuat Vine langsung melejit dan viral pada saat itu. Vine menjadi aplikasi nomor satu di iTunes hanya dalam waktu 6 bulan setelah bergabung dengan Twitter. Nggak hanya itu, Vine juga punya lebih dari 200 juta pengguna aktif.

 

Kemungkinan Vine dimatikan

Tapi seiring berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi, ternyata Vine nggak bisa bertahan lebih lama lagi, Urbaners. Twitter pada akhirnya mengatakan kalo mereka bakal mematikan Vine. Hal ini memunculkan banyak dugaan. Salah satunya adalah Vine dianggap nggak mampu bertanding dengan Instagram, Snapchat dan YouTube. Berdasarkan data dari App Annie, Vine terjun bebas ke posisi 284 dalam kategori aplikasi gratis di iOS. Meskipun Vine masih ada di posisi 24 di kategori Photo & Video, tapi Vine udah nggak masuk daftar peringkat teratas di kategori Entertainment sejak 2015. Kemungkinan lain mengapa Vine dimatikan adalah karena Twitter ingin fokus ke aplikasi Periscope.

 

Website Vine masih tetap online

Keputusan Twitter untuk mematikan Vine juga nggak disertai alasan. Mereka hanya mengumumkan kalau Vine bakal dimaatikan. Tapi, meski Vine dimatikan, website Vine bakal tetap online kok. Menurut Twitter, akan sangat disayangkan jika website ikutan ditutup karena sudah banyak video-video berdurasi 6 detik yang sudah dibuat oleh para pengguna Vine selama ini. Tapi Twitter juga tetap nggak kasih clue, bakal sampai kapan website Vine akan tetap online.

Berita Vine dimatikan ini jelas membuat para pengguna Periscope kecewa dan sedih lho Urbaners. Meski begitu, mereka nggak kehabisan akal dan langsung move on ke platform lain seperti YouTube.

Jadi, pengguna Vine jangan pada sedih ya. Lo masih bisa berkarya dengan menggunakan platform lagi. Oh ya, buat mengenang masa kejayaan Vine, lo bisa nonton video Vine karya Zach King yang viral abis di Zach King Vine Magic ini.

 

Source: cnn.com