• Techno
  • Mengejutkan, Twitter Akan Mematikan Vine

Mengejutkan, Twitter Akan Mematikan Vine

Fri, 11 November 2016

Sebelum Snapchat dan InstaStory hype, dulu juga udah ada media sosial yang bisa merekam video. Media sosial tersebut adalah Vine. Buat lo anak gaul Twitter, pasti tahu sama Vine. Vine ini diakuisisi Twitter pada tahun 2012 dan sejak itu langsung jadi viral dan punya jutaan pengguna. Tapi mirisnya, meskipun punya pengguna yang sangat banyak, Vine bakal dimatikan sama Twitter.

 

Viral sejak diakuisisi Twitter

Diakuisisi oleh Twitter pada tahun 2012, membuat Vine langsung melejit dan viral pada saat itu. Vine menjadi aplikasi nomor satu di iTunes hanya dalam waktu 6 bulan setelah bergabung dengan Twitter. Nggak hanya itu, Vine juga punya lebih dari 200 juta pengguna aktif.

 

Kemungkinan Vine dimatikan

Tapi seiring berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi, ternyata Vine nggak bisa bertahan lebih lama lagi, Urbaners. Twitter pada akhirnya mengatakan kalo mereka bakal mematikan Vine. Hal ini memunculkan banyak dugaan. Salah satunya adalah Vine dianggap nggak mampu bertanding dengan Instagram, Snapchat dan YouTube. Berdasarkan data dari App Annie, Vine terjun bebas ke posisi 284 dalam kategori aplikasi gratis di iOS. Meskipun Vine masih ada di posisi 24 di kategori Photo & Video, tapi Vine udah nggak masuk daftar peringkat teratas di kategori Entertainment sejak 2015. Kemungkinan lain mengapa Vine dimatikan adalah karena Twitter ingin fokus ke aplikasi Periscope.

 

Website Vine masih tetap online

Keputusan Twitter untuk mematikan Vine juga nggak disertai alasan. Mereka hanya mengumumkan kalau Vine bakal dimaatikan. Tapi, meski Vine dimatikan, website Vine bakal tetap online kok. Menurut Twitter, akan sangat disayangkan jika website ikutan ditutup karena sudah banyak video-video berdurasi 6 detik yang sudah dibuat oleh para pengguna Vine selama ini. Tapi Twitter juga tetap nggak kasih clue, bakal sampai kapan website Vine akan tetap online.

Berita Vine dimatikan ini jelas membuat para pengguna Periscope kecewa dan sedih lho Urbaners. Meski begitu, mereka nggak kehabisan akal dan langsung move on ke platform lain seperti YouTube.

Jadi, pengguna Vine jangan pada sedih ya. Lo masih bisa berkarya dengan menggunakan platform lagi. Oh ya, buat mengenang masa kejayaan Vine, lo bisa nonton video Vine karya Zach King yang viral abis di Zach King Vine Magic ini.

 

Source: cnn.com

Tips Agar Data Pribadi Tetap Aman Saat Berbelanja Online

Wed, 03 June 2020
Seorang pria tampak sedang memperhatikan smartphone-nya

Hampir semua aktivitas lo sekarang dilakukan menggunakan aplikasi daring dan sambungan internet. Apalagi kalau lo termasuk orang yang suka belanja online, lo pasti menggunakan fitur pembayaran online ‘kan, Bro? Baik menggunakan kartu debit maupun kartu kredit. Oleh sebab itu, lo harus ekstra hati-hati dalam menjaga keamanan perangkat serta data pribadi lo agar tidak terjebak oleh kasus penipuan atau pencurian data.

 

Pakai Fitur Security Checkout

Seorang pria tampak terkejut sambil melihat smartphone-nya

Salah satu aplikasi internet yang punya fitur security checkout ini adalah Google. Sebagai salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia sekarang, nggak heran kalau Google juga menaruh perhatian besar dalam hal keamanan data para penggunanya. Kalau Google saja segini waspadanya, seharusnya lo juga terhadap data pribadi lo sendiri.

Security checkout ini pada dasarnya adalah layanan untuk memastikan bahwa akun Google lo ada di warna hijau, yang berarti data-data lo dalam level keamanan terjamin. Fitur ini berguna untuk mengamankan informasi lo yang bertautan di internet. Jika dalam proses menggunakan fitur security checkout ini ternyata akun lo ada di level warna kuning atau merah, akan ada pemberitahuan dan penjelasan bagian mana yang harus lo atur kembali untuk memperketat keamanan akun.

 

Terapkan Sistem Verifikasi Dua Langkah

Salah satu tampilan verifikasi dua langkah pada aplikasi WhatsApp

Selain fitur security checkout di atas, lo juga bisa menerapkan sistem verifikasi dua langkah yang cukup umum diterapkan oleh beberapa aplikasi. Nggak hanya Google saja, aplikasi messenger seperti WhatsApp juga beberapa media sosial lainnya sudah menerapkan sistem verifikasi dua langkah. Tujuannya sama, demi menjaga keamanan akun para pengguna aplikasi tersebut dari pencurian dan penyalahgunaan data.

Pada prinsipnya, proses kerja sistem verifikasi dua langkah ini adalah verifikasi ulang sebelum akhirnya melakukan login pada akun. Umumnya setelah lo login dengan memasukan data yang dibutuhkan, lo akan dikirimkan juga kode verifikasi tambahan ke ponsel lo. Kode verifikasi ini harus lo input, supaya bisa mengakses akun lo sepenuhnya.

 

Unduh Aplikasi Resmi

Seseorang sedang scrolling sebuah laman yang penuh aplikasi

Setelah tahu cara-cara dasar mengamankan akun-akun penting seperti akun e-Mail yang biasa dipakai untuk membuat akun, termasuk akun belanja online, berikutnya lo juga harus memastikan bahwa aplikasi belanja online yang lo unduh benar-benar aplikasi asli dari sumber asli. Jadi saat membuka Play Store untuk mengunduh aplikasi, baca dengan seksama sumber penyedia aplikasi.

Dengan mengunduh aplikasi e-Commerce untuk belanja online yang resmi, lo jadi lebih terjamin dalam melakukan berbagai transaksi jual beli di sana. Karena penyedia aplikasi adalah perusahaan terpercaya yang juga memiliki sistem keamanan untuk menjaga data para pengguna. Ini juga berarti, lo sebaiknya menghindari berbelanja di aplikasi online yang belum terverifikasi layanannya.

 

Ganti Password Secara Berkala

Seorang sedang membuka laman salah satu situs belanja online

Terakhir, yang paling penting, pastikan untuk selalu ganti password akun-akun lo secara berkala. Jangan diganti dengan kata kunci yang mudah ditebak ya, Bro. Usahakan sebisa mungkin lo buat password dengan kombinasi huruf besar dan huruf kecil, angka, serta simbol pada keyboard. Dengan begitu, password lo akan semakin sulit untuk diretas.

Hindari juga kebiasaan menerapkan satu password yang sama untuk semua akun yang lo punya. Memang kelihatannya lebih memudahkan untuk mengingat semua password yang lo punya, namun ini bisa jadi boomerang buat lo sendiri nantinya. Jadi ganti password lo sekarang, jaga data pribadi lo. Demi tetap aman saat sedang berbelanja online.

 

 

 

Sources: BukaLapak,  Detik, Tagar.ID