• Techno
  • Xiaomi Mi Mix, Bersihkan Nama dari Tuduhan Copycat

Xiaomi Mi Mix, Bersihkan Nama dari Tuduhan Copycat

Fri, 11 November 2016

Buat penggemar gadget, nama Xiaomi tentu sudah familiar banget. Xiaomi terkenal dengan produknya yang memiliki spesifikasi high-end tapi dengan harga yang low-end. Meski banyak yang menggemarinya, tapi nyatanya Xiaomi disebut sebagai copycat alias suka meniru desain smartphone dari brand lainnya, Urbaners. Tapi, Xiaomi nggak serta merta menerima tuduhan tersebut. Baru-baru ini, Xiaomi mengeluarkan produk terbarunya yang berhasil membersihkan namanya dari tuduhan copycat. Seperti apa produk terbaru Xiaomi tersebut? Lo bisa baca di bawah ini

 

Didesain oleh desainer asal Perancis

Tuduhan copycat sepertinya akan segera hilang dari nama Xiaomi. Pasalnya, Xiaomi akan segera merilis smartphone terbarunya yang bernama Mi Mix. Mi Mix ternyata dianggap mampu menghapus sebutan copycat bagi Xiaomi. Dibantu oleh desainer asal Perancis, Phillipe Staarck, Mi Mix memiliki layar sebesar 6,4 inci dan dilengkapi dengan layar yang bezel-less. Meski memiliki layar yang cukup besar untuk sebuah smartphone, tapi Mi Mix ini masih tetap nyaman buat digenggam.

 

Smartphone full display

Nggak hanya itu, kalau biasanya smartphone lain punya space di bagian atas dan bawah untuk kamera depan dan tombol Home, Mi Mix benar-benar menghapuskan space tersebut. Yang ada hanya space kecil di bagian kanan bawah untuk kamera depan. Sedikit unik memang. Lalu speakernya ada di mana? Makanya, Mi Mix disebut sebagai game changer dari semua produk Xiaomi. Karena hilangnya space di bagian atas dan bawah smartphone yang biasanya digunakan untuk speaker, Xiaomi menggunakan teknologi “piezoelectric ceramic actuator” untuk menyampaikan suara ke telinga lo saat ada panggilan masuk.

 

Spesifikasi yang mumpuni

Xiaomi Mi Mix memiliki body keramik berwarna hitam mengkilap. Di bagian belakangnya terdapat kamera dengan resolusi 16MP dan sensor sidik jari. Kekurangan dari Mi Mix yang membuatnya masih kalah dengan iPhone7 dan Samsung Galaxy S7 adalah nggak tahan air. Spesifikasi Mix Mi juga patut daicungi jempol. Disertai dengan chip Snapdragon 821 versi terbaru, RAM 4GB dan memori 128GB.

Sepertinya Xiaomi Mi Mix bakal jadi panutan model untuk smartphone di masa depan dan jelas-jelas jadi pukulan telak bagi para kompetitornya. Tapi kalo lo berminat banget buat punya Mi Mix, harapan lo nggak akan terpenuhi karena Mi Mix hanya akan dijual di Tiongkok. Kalau lo mau tahu produk Xiaomi apalagi yang bakal diluncurkan, lo bisa baca Xiaomi Akan terbangkan Xiaomi Drone

 

Source:
cnet.com
Theverge.com

Tips Membeli Smartphone dan Laptop Bekas

Fri, 07 August 2020
Tampilan belakang iPhone X yang memantulkan gambar dari layar monitor Macbook

Belakangan ini, banyak berita mengenai smartphone premium yang dijual dengan harga miring. Jangan termakan oleh harga murah, lo harus waspada supaya nggak tertipu dengan barang elektronik palsu. Nggak perlu khawatir, lo tetap bisa kok membeli smartphone atau laptop dengan harga yang lebih murah.

Walau dalam kondisi bekas, masih tetap layak dipakai untuk membantu aktivitas lo #MauLagiDimanapun. Ikuti dulu tips aman dalam membeli smartphone atau laptop bekas. Tips-tips membeli produk elektronik bekas berikut ini sudah sesuai dengan teknologi yang eksis di tahun 2020.

 

Bekas atau Refurbished?

Tampilan menu di iPhone X hitam yang digenggam oleh seorang pria

Sebelum lo memantapkan niat untuk membeli smartphone atau laptop bekas, perhatikan dulu perbedaan antara barang bekas dengan barang refurbished. Barang elektronik refurbished ini adalah barang yang gagal produksi atau nggak dijual secara bebas karena harus dimodifikasi ulang.

Kalau lo ingin memiliki smartphone atau laptop dengan kualitas original, sangat disarankan untuk membeli barang bekas. Bukan berarti barang refurbished bernilai rendah, tetapi lo perlu punya mata jeli dan waktu lebih banyak untuk bisa memastikan barang tersebut layak digunakan.

 

Cek Harga dan Spesifikasi

Seorang wanita menekan spacebar di laptop yang ada di atas meja

Harga dari barang elektronik bekas jelas lebih murah daripada harga produk baru di pasaran. Kalau lo beruntung, lo bisa saja membeli smartphone atau laptop bekas dalam kondisi 90% menyerupai produk baru. Satu hal yang pasti, lo harus melakukan riset kecil-kecilan sebelum membeli barang elektronik bekas.

Coba googling dulu spesifikasi dan harga dari produk original yang ingin lo beli. Dari sana, lo sudah bisa mengenal fitur unggulan dari produk tersebut. Ketika lo sedang mencari seller terpercaya, pengetahuan ini bisa jadi andalan lo untuk menilai worth dan menawar harga dari smartphone atau laptop bekas yang akan lo beli.

Nggak perlu takut untuk bertanya kepada seller, justru lo harus bisa cerewet ketika membeli barang elektronik bekas. Mulai dengan tanya-tanya kondisi, spesifikasi yang ada, serta harga yang ditawarkan. Jika lo menemukan kejanggalan mengenai spesifikasi dari seller, ini bisa jadi red flag buat lo.

 

Periksa Dulu, Lalu Bayar

Seorang wanita menyerahkan sejumlah uang kepada seseorang dalam sebuah transaksi

Supaya lebih aman, lakukan pembayaran cash on delivery (COD) saat akan membeli smartphone atau laptop bekas. Ini berguna banget buat lo bisa melihat kondisi sekaligus mencoba barang bekas tersebut. Pertama-tama, cek kondisi fisik dari barang tersebut, apakah ada goresan, retak, dan lain sebagainya.

Nyalakan dan lihat kekuatan baterai. Jangan lupa untuk memastikan segala aksesoris yang dibutuhkan seperti charger sudah lengkap dan original. Untuk smartphone, cek software yang digunakan sudah updated atau belum, kondisi kamera depan dan belakang, serta fungsionalitas tombol-tombol smartphone.

Untuk laptop, cek port, drive optik, trackpad, dan keyboard. Nyalakan laptop untuk melihat kondisi LCD, speaker, dan webcam. Pastikan laptop dapat terhubung dengan jaringan internet dan memiliki storage (hardisk dan RAM) sesuai dengan spesifikasi. Setelah lo mengecek kualitas smartphone atau laptop bekas tersebut, barulah lo lanjutkan dengan proses pembayaran.

 

 

 

Sources: Tirto.id, SEA PC Mag, Android Guys