Home Techno Bukan Imajinasi, Robot Gundam Jadi Kenyataan

Bukan Imajinasi, Robot Gundam Jadi Kenyataan

Monday, January 9, 2017 - 10:37
Bagikan
Facebook Twitter Email

Kalo denger robot, pasti nggak jauh-jauh sama negara Jepang. Jepang memang sudah terkenal sering membuat proyek robot yang mampu menarik perhatian dunia. Tapi ada yang nggak mau kalah dari Jepang. Baru-baru ini terdengar kabar kalau Korea Selatan membuat gebrakan baru di dunia teknologi. Korea Selatan mempunyai proyek menciptakan the real gundam.

 

Buatan perusahaan teknologi di Korea Selatan

Kalau selama ini Korea Cuma terkenal dengan K-Pop dan operasi plastiknya, kali ini Korea Selatan mulai unjuk gigi dalam hal teknologi robot. Salah satu produsen robot yang ada di Korea Selatan, Hankook Mirae merilis debut prototype-nya yang bernama Method-2. Prototype ini memiliki tinggi 13 kaki (sekitar 4 meter) dan berat 1,3 ton. Bisa lo bayangkan kan segede apa Method-2 ini? Method-2 ini mampu menggerakkan lengannya (masing-masing memiliki berat 130 kg), menurut perintah yang diberikan. Hanya saja, keterbatasan terbesar dari the real gundam ini adalah kebutuhan listriknya yang cukup besar.

 

Bekerja sama dengan desainer SFX Hollywood

Hankook Mirae dikabarkan telah mengucurkan dana sebesar 200 juta dollar sejak tahun 2014 untuk membangun Method-2 ini. Dalam pembuatannya, perusahaan ini telah dibantu oleh desainer SFX Hollywood, Vitaly Bulgarov yang juga turut menggarap film Transformers, Robocop dan Terminator. Vitaly Bulgarov mengatakan bahwa ia merasa beruntung karena dapat bekerja dengan tim Hankook Mirae Technology yang luar biasa dan nggak sabar buat membagikan hasil kerja mereka pada dunia.

 

Diciptakan untuk melindungi manusia di medan ekstrim

Yang Jin-Ho, pemimpin perusahaan Hankook Mirae mengatakan kalau Method-2 ini merupakan robot pertama di dunia yang memang diciptakan untuk beroperasi di medan yang ekstrim yang untuk melindungi manusia, Urbaners. Tapi, meski udah mulai dikerjakan sejak 2014, Method-2 masih belum akan beroperasi dalam waktu dekat ini. Sebaliknya, the real gundam ini akan digunakan untuk melakukan tes pada teknologi-teknologi baru yang nantinya akan muncul.

Wah, sepertinya semua hal yang dulunya hanyalah imajinasi, sekarang sudah mulai menjadi nyata berkat teknologi ya Urbaners. Lo juga bisa baca informasi lain tentang robot Gundam di Di Tokyo Ada Robot Gundam Setinggi 18 Meter.

 

Source: engadget.com