Home Techno Selamat! ITS Juara Lomba Robot Dunia 2016

Selamat! ITS Juara Lomba Robot Dunia 2016

Wednesday, January 11, 2017 - 11:52
Bagikan
Facebook Twitter Email

Hurocup atau Humanoid Robot Cup adalah sebuah ajang robotika yang diselenggarakan oleh Federation of International Robot-Soccer Association. Nah, ajang ini seru banget lho Urbaners karena tidak hanya memperlihatkan robot-robot keren karya orang-orang hebat namun juga melibatkan 23 tim dari 9 negara dari berbagai belahan dunia. Kabar baik nih, ternyata Indonesia menjuarai Hurocup yang diselenggarakan pada 14 hingga 18 Desember 2016 lalu di Beijing, Tiongkok!

 

Mahasiswa ITS Membawakan Kemenangan Untuk Indonesia

Yap, sesuai judul yang lo baca, mahasiswa dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember atau ITS Surabaya lah yang membawa piala kemenangan untuk Indonesia di Hurocup 2016. Tim ini memberi nama robot mereka “Ichiro” dan diketuai oleh Satria Hafizuddhin. Ichiro mengikuti enam cabang olahraga, di antaranya adalah long jump dan weightlifting. Hebatnya nih, Urbaners, dari keenam cabang yang diikuti Ichiro, rupanya Ichiro berhasil membawa 10 medali! Wow, sukses banget nggak tuh tim ITS?

 

Banyak Hambatan Tidak Membuat Ichiro Gentar

Sebenarnya jalan menuju juara bagi Ichiro ternyata nggak mudah lho, Urbaners. Selain harus menyaingi dua tim alot dari Malaysia dan Taiwan, Ichiro juga harus beradaptasi dengan lingkungan sekitar yang dingin banget dan berbeda dari cuaca di Indonesia. Untungnya, Ichiro didesain dengan sangat baik oleh Mahasiswa ITS tersebut sehingga kemampuan adaptasinya pun cukup cepat. Selain menjadi juara, Ichiro pun mencetak rekor baru di FIRA Hurocup ini dengan berlari selama 21 detik untuk jarak 6 meter bolak-balik. Sebelumnya, rekor ini dipegang oleh salah satu robot yang hadir tahun lalu dengan kecepatan 29 detik. Tidak hanya itu lho, Urbaners, Ichiro pun juga mencetak rekor baru di cabang maraton 141 meter plus berhasil mengangkat 1 kilogram dengan bobot robot yang hanya 3 kilogram.

Hebat banget deh kiprah dari tim ITS ini untuk mengharumkan nama bangsa di kancah robotika internasional. Sekali lagi selamat buat tim Ichiro dan jangan lupa untuk terus berprestasi!

 

 

Sumber: goodnewsfromindonesia.id