• Techno
  • Selamat! ITS Juara Lomba Robot Dunia 2016

Selamat! ITS Juara Lomba Robot Dunia 2016

Wed, 11 January 2017

Hurocup atau Humanoid Robot Cup adalah sebuah ajang robotika yang diselenggarakan oleh Federation of International Robot-Soccer Association. Nah, ajang ini seru banget lho Urbaners karena tidak hanya memperlihatkan robot-robot keren karya orang-orang hebat namun juga melibatkan 23 tim dari 9 negara dari berbagai belahan dunia. Kabar baik nih, ternyata Indonesia menjuarai Hurocup yang diselenggarakan pada 14 hingga 18 Desember 2016 lalu di Beijing, Tiongkok!

 

Mahasiswa ITS Membawakan Kemenangan Untuk Indonesia

Yap, sesuai judul yang lo baca, mahasiswa dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember atau ITS Surabaya lah yang membawa piala kemenangan untuk Indonesia di Hurocup 2016. Tim ini memberi nama robot mereka “Ichiro” dan diketuai oleh Satria Hafizuddhin. Ichiro mengikuti enam cabang olahraga, di antaranya adalah long jump dan weightlifting. Hebatnya nih, Urbaners, dari keenam cabang yang diikuti Ichiro, rupanya Ichiro berhasil membawa 10 medali! Wow, sukses banget nggak tuh tim ITS?

 

Banyak Hambatan Tidak Membuat Ichiro Gentar

Sebenarnya jalan menuju juara bagi Ichiro ternyata nggak mudah lho, Urbaners. Selain harus menyaingi dua tim alot dari Malaysia dan Taiwan, Ichiro juga harus beradaptasi dengan lingkungan sekitar yang dingin banget dan berbeda dari cuaca di Indonesia. Untungnya, Ichiro didesain dengan sangat baik oleh Mahasiswa ITS tersebut sehingga kemampuan adaptasinya pun cukup cepat. Selain menjadi juara, Ichiro pun mencetak rekor baru di FIRA Hurocup ini dengan berlari selama 21 detik untuk jarak 6 meter bolak-balik. Sebelumnya, rekor ini dipegang oleh salah satu robot yang hadir tahun lalu dengan kecepatan 29 detik. Tidak hanya itu lho, Urbaners, Ichiro pun juga mencetak rekor baru di cabang maraton 141 meter plus berhasil mengangkat 1 kilogram dengan bobot robot yang hanya 3 kilogram.

Hebat banget deh kiprah dari tim ITS ini untuk mengharumkan nama bangsa di kancah robotika internasional. Sekali lagi selamat buat tim Ichiro dan jangan lupa untuk terus berprestasi!

 

 

Sumber: goodnewsfromindonesia.id

Tips Agar Data Pribadi Tetap Aman Saat Berbelanja Online

Wed, 03 June 2020
Seorang pria tampak sedang memperhatikan smartphone-nya

Hampir semua aktivitas lo sekarang dilakukan menggunakan aplikasi daring dan sambungan internet. Apalagi kalau lo termasuk orang yang suka belanja online, lo pasti menggunakan fitur pembayaran online ‘kan, Bro? Baik menggunakan kartu debit maupun kartu kredit. Oleh sebab itu, lo harus ekstra hati-hati dalam menjaga keamanan perangkat serta data pribadi lo agar tidak terjebak oleh kasus penipuan atau pencurian data.

 

Pakai Fitur Security Checkout

Seorang pria tampak terkejut sambil melihat smartphone-nya

Salah satu aplikasi internet yang punya fitur security checkout ini adalah Google. Sebagai salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia sekarang, nggak heran kalau Google juga menaruh perhatian besar dalam hal keamanan data para penggunanya. Kalau Google saja segini waspadanya, seharusnya lo juga terhadap data pribadi lo sendiri.

Security checkout ini pada dasarnya adalah layanan untuk memastikan bahwa akun Google lo ada di warna hijau, yang berarti data-data lo dalam level keamanan terjamin. Fitur ini berguna untuk mengamankan informasi lo yang bertautan di internet. Jika dalam proses menggunakan fitur security checkout ini ternyata akun lo ada di level warna kuning atau merah, akan ada pemberitahuan dan penjelasan bagian mana yang harus lo atur kembali untuk memperketat keamanan akun.

 

Terapkan Sistem Verifikasi Dua Langkah

Salah satu tampilan verifikasi dua langkah pada aplikasi WhatsApp

Selain fitur security checkout di atas, lo juga bisa menerapkan sistem verifikasi dua langkah yang cukup umum diterapkan oleh beberapa aplikasi. Nggak hanya Google saja, aplikasi messenger seperti WhatsApp juga beberapa media sosial lainnya sudah menerapkan sistem verifikasi dua langkah. Tujuannya sama, demi menjaga keamanan akun para pengguna aplikasi tersebut dari pencurian dan penyalahgunaan data.

Pada prinsipnya, proses kerja sistem verifikasi dua langkah ini adalah verifikasi ulang sebelum akhirnya melakukan login pada akun. Umumnya setelah lo login dengan memasukan data yang dibutuhkan, lo akan dikirimkan juga kode verifikasi tambahan ke ponsel lo. Kode verifikasi ini harus lo input, supaya bisa mengakses akun lo sepenuhnya.

 

Unduh Aplikasi Resmi

Seseorang sedang scrolling sebuah laman yang penuh aplikasi

Setelah tahu cara-cara dasar mengamankan akun-akun penting seperti akun e-Mail yang biasa dipakai untuk membuat akun, termasuk akun belanja online, berikutnya lo juga harus memastikan bahwa aplikasi belanja online yang lo unduh benar-benar aplikasi asli dari sumber asli. Jadi saat membuka Play Store untuk mengunduh aplikasi, baca dengan seksama sumber penyedia aplikasi.

Dengan mengunduh aplikasi e-Commerce untuk belanja online yang resmi, lo jadi lebih terjamin dalam melakukan berbagai transaksi jual beli di sana. Karena penyedia aplikasi adalah perusahaan terpercaya yang juga memiliki sistem keamanan untuk menjaga data para pengguna. Ini juga berarti, lo sebaiknya menghindari berbelanja di aplikasi online yang belum terverifikasi layanannya.

 

Ganti Password Secara Berkala

Seorang sedang membuka laman salah satu situs belanja online

Terakhir, yang paling penting, pastikan untuk selalu ganti password akun-akun lo secara berkala. Jangan diganti dengan kata kunci yang mudah ditebak ya, Bro. Usahakan sebisa mungkin lo buat password dengan kombinasi huruf besar dan huruf kecil, angka, serta simbol pada keyboard. Dengan begitu, password lo akan semakin sulit untuk diretas.

Hindari juga kebiasaan menerapkan satu password yang sama untuk semua akun yang lo punya. Memang kelihatannya lebih memudahkan untuk mengingat semua password yang lo punya, namun ini bisa jadi boomerang buat lo sendiri nantinya. Jadi ganti password lo sekarang, jaga data pribadi lo. Demi tetap aman saat sedang berbelanja online.

 

 

 

Sources: BukaLapak,  Detik, Tagar.ID