Home Techno Google Jadi Brand Terbaik dan Termahal di Dunia Tahun 2017

Google Jadi Brand Terbaik dan Termahal di Dunia Tahun 2017

Friday, February 17, 2017 - 11:23
Bagikan
Facebook Twitter Email

Setiap tahunnya, brandirectory mengeluarkan daftar 500 brand terbaik sekaligus termahal di dunia. Dari daftar tersebut, ternyata 10 besar di antaranya didominasi oleh perusahaan teknologi. Nomor 1 diduduki oleh Google, kemudian ada Apple, Amazon, AT&T dan Microsoft yang berturut-turut menduduki peringkat 2 sampai 5. Pencapaian Google yang menjadi nomor 1 kali ini menggeser Apple yang di tahun 2016 kemarin menjadi nomor 1.

 

Google Mempunyai Nilai Valuasi 109 Miliar Dolar

Pada tahun 2015 dan tahun 2016, Apple secara gagah menjadi brand terbaik dan paling mahal di dunia. Kesuksesan iPhone yang menjadi smartphone dengan penjualan terbanyak di Amerika Serikat membuat Apple melenggang jauh meninggalkan Google, Microsoft, dan Samsung. Tetapi kali ini, Apple mendapatkan saingan ketat dari Google dan juga Amazon. Menurut data dari brandirectory, Google mempunyai nilai valuasi 109 miliar dolar, sangat jauh meningkat jika dibandingkan di tahun 2016 kemarin yang hanya 88 miliar dolar.

Ada hal menarik lainnnya di daftar brand terbaik dan termahal ini, yaitu konsistensi Amazon. Amazon mengalahkan AT&T, Microsoft, Facebook, dan bahkan Walmart. Konsistensi Amazon memang dibarengi dengan inovasi yang terus dilakukan oleh Jeff Bezos. Sekarang Amazon bukan lagi sekadar e-commerce, tetapi juga menawarkan jasa cloud, televisi, musik, sampai produk teknologi.

 

Bangkitnya Samsung?

Daftar Brandirectory ini juga memberikan kejutan, yaitu naiknya Samsung dari peringkat 7 ke 6. Sebelumnya nilai brand Samsung ini turun drastis karena efek gagalnya produk Galaxy Note 7. Tetapi keputusan dan langkah-langkah dari manajemen Samsung yang cepat tanggap membuat para pelanggannya nggak meninggalkan Samsung. Menurut Brandirectory, valuasi dari Samsung ini naik dari 58 miliar menjadi 66 miliar dolar.

Ada pula salah satu perusahaan non teknologi yang berhasil masuk daftar 1o besar, yakni ICBC, sebuah bank di Tiongkok. Bank terbesar di Tiongkok tersebut berada di posisi ke 10.

 

Source: brandirectory.com