• Techno
  • Xiaomi Keluarkan Smartphone dengan Dual Kamera Depan

Xiaomi Keluarkan Smartphone dengan Dual Kamera Depan

Thu, 27 April 2017

Xiaomi dikenal sebagai pabrikan smartphone dengan harga yang jauh dari yang ada di pasaran. Contohnya adalah smartphone flagship keluaran terbaru, yaitu Xiaomi Mi6, dengan spesifikasi sama dengan iPhone 7 dan Samsung Galaxy S8, dan harganya sekitar 6-7 juta. Bandingkan dengan iPhone 7 dan Samsung Galaxy S8 yang mencapai lebih dari 10 juta. Lalu, apa istimewanya smartphone ini?

 

Xiaomi Mi6 6GB RAM

Ini yang menjadi highlight khusus dari Xiaomi Mi6 yang dibekali RAM mencapai 6GB. Jika lo adalah Apple fan boy, lo nggak akan menemukan iPhone dengan RAM lebih dari 2GB. Bahkan Samsung Galaxy S8 ini hanya memiliki RAM 4GB. Tapi ada yang mengatakan untuk apa RAM terlalu besar jika smartphone cukup hanya dengan RAM 3/4 GB? Kalau ada yang lebih besar dan lebih murah, kenapa nggak?

 

Xiaomi Mi6 Punya Dual Kamera Depan

Sebenarnya ini bukan teknologi yang baru, karena Apple sudah menggunakan teknologi dual kamera depan pada iPhone 7+. Dual kamera depan ini sebenarnya berfungsi untuk menambah autofocus ketika sedang melakukan zoom in. Baik Mi6 maupun iPhone 7+ sama-sama mempunyai resolusi 12 megapixel.

 

Nggak Ada Headphone Jack

Ketika iPhone 7+ keluar, banyak yang menyayangkan kenapa mereka menghilangkan headphone jack tersebut. Xiaomi Mi6 pun melakukan hal yang sama, tetapi mereka mempunyai alasan yang cukup kuat. Dengan memakai USB Type-C, lo bisa melakukan charging dan transfer data dengan cepat. Ini yang menjadi alasan kuat Xiaomi untuk menghilang headphone jack.

Selain itu Urbaners, pembelian Xiaomi Mi6 ini sudah disertai dengan adaptor USB Type-C dengan jack 3.5 mm. Jadi, lo nggak perlu bingung untuk mendengarkan lagu atau mengeluarkan uang untuk membeli Bluetooth headphone.

 

Akan Menjadi Pesaing Berat Samsung dan Apple

Xiaomi bukan sekali ini membahayakan Samsung maupun Apple dalam segi smartphone flagship. Beberapa smartphone keluaran Xiaomi sebelum ini juga digadang akan menjegal dominasi Samsung maupun Apple. Xiaomi sendiri memang nggak mengincar pasar Amerika Serikat, tetapi mengincar pasar Tiongkok dan Asia. Tentu lebih masuk akal karena pasar Tiongkok dan Asia ini hampir mirip, mengingat mereka menyukai segala sesuatu yang murah.

Bagaimana menurut lo tentang smartphone terbaru dari Xiaomi ini, Urbaners? Worth it kah untuk dibandingkan dengan Samsung Galaxy atau iPhone?

 

Source: pcadvisor.co.uk

Xirka, Chipset Buatan Anak Bangsa

Friday, January 24, 2020 - 16:11
Logo Xirka perpaduan abu-abu & oranye menempel di dinding

Jika membicarakan chipset untuk smartphone pastinya lo yang ngikutin perkembangan gadget udah nggak asing lagi dengan brand seperti Qualcomm atau MediaTek. Chipset dari brand tersebut memang merajai pasar dan telah banyak digunakan oleh berbagai smartphone dari merek terkenal. Namun, ternyata anak bangsa juga memiliki perusahaan chipset-nya sendiri yang disebut dengan Xirka.

Nama Xirka mungkin masih cukup asing di telinga banyak orang. Padahal brand yang satu ini telah merilis beberapa produknya ke pasaran. PT Xirka Silicon Technology sebenarnya sudah berdiri sejak tahun 2008 lalu dan setelah 12 tahun beroperasi tentunya kini perusahaan itu semakin berkembang.

 

Produk Chipset Xirka Murni Buatan Anak Bangsa

Chipset Xirka berwarna hijau

Dalam memproduksi chipset-nya, Xirka nggak mengerjakannya sendirian. Mereka bekerja sama dengan Pusat Antar Universitas (PAU) Mikroleketronika Institut Teknologi Bandung (ITB). Perancangan chipset Xirka sendiri dilakukan di pusat penelitian dan pengembangan yang berada di Setrasari, Bandung.

Perusahaan yang satu ini memang memiliki fokus pada desain chipset dan salah produk yang dihasilkan adalan SIM card yang digunakan untuk smartphone. Di tahun 2012 lalu Xirka sudah mulai pengembangan dan produksi dari SIM Card mereka. Produk mereka pun sudah siap diluncurkan dan diproduksi massal. Menariknya kapastitas dari produksinya pun langsung terbilang cukup banyak yaitu hingga 100 juta unit chipset per tahunnya.

 

SIM Card dari Xirka Miliki Banyak Keunggulan

Chipset keluaran dari Xirka ini nggak kalah dengan chipset dari perusahaan luar negeri dan memiliki beberapa keunggulan. Dalam hal keamanan SIM Card dari Xirka juga disebut paling aman karena telah dipasang beberapa fitur keamanan seperti Secured Memory Bus, DES, 3DES hingga True Random Generator. Selain itu, chipset karya anak bangsa ini juga telah dilengkapi dengan prosesor yang bisa menjamin bisa komunikasi dengan BTS dari operator berstandar GSM.

Chipset untuk SIM Card dari Xirka memang telah dirancang sedemikian rupa sehingga telah sesuai dengan kebutuhan serta karakteristik dari para operator yang ada di dalam negeri. Nggak hanya itu saja rupanya Sim Card dari Xirka juga telah dilengkapi dengan Internal Flash Memory 136 Kbyte yang bisa digunakan untuk berbagai aplikasi.

 

Beberapa Produk dari Xirka

Xirka telah merilis beberapa produknya mulai dari SIM Card hingga Smartcard.

Selain SIM Card, rupanya Xirka juga telah membuat produk-produk lain yang sangat inovatif dan berguna. Di tahun 2017 lalu mereka telah merilis chipset SCard XCT136 yang digunakan untuk kartu identitas para mahasiswa. Chipset SCard tersebut merupakan tipe smartcard. Produk smartcard dari Xirka pun telah digunakan oleh beberapa universitas populer Tanah Air seperti Universitas Indonesia, Universitas Telkom, dan Institut Teknologi Bandung.

Selain SIM Card dan smartcard, rupanya Xirka juga menyediakan chipset NFC yang berguna untuk mendukung aplikasi smartphone. Nggak berhenti di situ, Xirka juga telah memproduksi chipset untuk peralatan rumah tangga seperti AC, TV hingga lemari es.

Keren banget ya Urbaners, karya anak bangsa tersebut!

 

 

Sources: goodnewsfromindonesi.id, inet.detik.com