Trending
Jumat, 12 Mei 2017

Tiongkok Kerahkan 20 Ribu Pekerja untuk Buat Wikipedia Sendiri

  • Share
  • fb-share
Tiongkok Kerahkan 20 Ribu Pekerja untuk Buat Wikipedia Sendiri

Tiongkok dikenal sebagai negara yang sangat ketat soal teknologi. Pemerintah Tiongkok pun nggak segan memblokir akses internet besar seperti Facebook, Twitter bahkan sampai Google. Nah, kali ini pemerintah Tiongkok berencana untuk “memblokir” Wikipedia dengan membuat Wikipedia versi Tingkok sendiri. Nggak tanggung-tanggung lho Urbaners, Tiongkok akan mengerahkan 20 ribu pekerja!

 

Kontrol Penuh Pemerintah

Presiden Xi Jinping sendiri mengatakan jika ada inovasi yang dibuat oleh bangsa sendiri, kenapa nggak dilakukan? Walaupun inovasi teknologi dari luar negeri begitu massive, tetapi pemerintah Tiongkok membatasi masuknya dari luar. Ini semua dilakukan agar orang-orang Tiongkok sendirilah yang akan membuat inovasinya tersebut. Hasilnya? Alibaba, Baidu, Tencent dan perusahaan lain menjadi salah satu raksasa teknologi di Tiongkok.

Sebenarnya tujuan utama dari pemerintah Tiongkok dalam membatasi inovasi teknologi dari luar yang masuk adalah kontrol penuh dari pemerintah. Pemerintah tentu nggak ingin ada orang lain yang berjaya di negerinya sendiri. Mulai dari paten, pajak dan akses akan dikontrol penuh pemerintah.

 

Tiongkok Wikipedia Akan Siap Keluar Tahun Depan

Termasuk Wikipedia, pemerintah Tiongkok tentu nggak bisa mengontrol penggunaannya karena bukan perusahaan dalam negeri. Oleh karena itu, mereka ingin membuat Wikipedia sendiri yang isinya lebih berkualitas dan sesuai kebudayaan Tiongkok.

Pemerintah Tiongkok memang tidak main-main dalam rencana pembuatan Wikipedia-nya sendiri. Dalam waktu dekat, akan ada 20 ribu pekerja yang mengisi lebih dari 300 ribu masukan. Rencananya, Wikipedia Tiongkok ini bisa digunakan pada tahun depan.

Sebelumnya, Baidu dan Qihoo 360 sudah membuat Wikipedia sendiri. Walaupun belum semaksimal Wikipedia pada umumnya, tetapi hal yang dilakukan kedua raksasa perusahaan teknologi Tiongkok tersebut mengilhami pemerintah Tiongkok. Jika proyek ini berhasil, bukan nggak mungkin negara-negara lain akan mengikuti jejak ini. Apakah lo setuju, Urbaners?

 

Source: engadget.com

Comments
Aldi hidayat
Nice informasi
DEVI TRI HANDOKO
Kontrol Penuh Pemerintah