Trending
Rabu, 05 Juli 2017

Bragi Dash Pro, Earbud Nirkabel Penterjemah 100 Bahasa

  • Share
  • fb-share
Bragi Dash Pro, Earbud Nirkabel Penterjemah 100 Bahasa

Perbedaan bahasa kerap menjadi barrier dalam komunikasi. Tentu menjadi sulit saat lo berusaha menyampaikan sesuatu namun lawan bicara tak mengerti bahasa Indonesia. Parahnya lagi, tak ada titik temu atau bahasa yang sama-sama dimengerti oleh kedua pihak.

Jika sudah begini, satu-satunya jalan adalah menggunakan penerjemah sebagai jembatan komunikasi. Penerjemah yang bisa digunakan bukan hanya orang tapi juga teknologi macam Google Translate. Layanan ini memang cukup membantu karena telah didukung lebih dari 100 bahasa dunia.

Namun teknologi ini masih kurang praktis. Bayangkan, Urbaners harus membuka Google Translate sembari berbincang. Hal inilah yang mungkin dilihat Bragi. Perusahaan audio asal Jerman ini menghadirkan penerjemah dalam bentuk earbud bernama Bragi Dash Pro.

Kelebihan dari Bragi Dash Pro adalah kemampuan menerjemahkan bahasa asing secara real-time. Bragi mengklaim perangkatnya mampu menerjemahkan obrolan hanya 3 hingga 5 detik saja. Pun demikian, earbud ini masih membutuhkan smartphone untuk menangkap percakapan sebelum diterjemahkan.

Kemampuan ini hadir berkat teknologi Watson Natural Language Understanding and Language Translator API milik IBM. Sebagai sistem operasi, Bragi membenamkan Bragi Dash 3.0 yang terintegrasi dengan aplikasi iTranslate di smartphone. Adapun koneksi yang digunakan antara Dash Pro dan smartphone adalah bluetooth.

Dengan menggunakan Bragi Dash Pro, Urbaners bisa mendengarkan bahasa yang telah diterjemahkan sehingga mudah dimengerti. iTranslate sendiri disebut-sebut telah mampu mengolah sekitar 90 bahasa seperti bahasa Inggris, Jepang, Prancis, Italia, Spanyol, Brasil, Portugis, Jerman dan bahasa Tionghoa.

Satu earbud Bragi Dash Pro, dipatok US$ 179 atau sekitar Rp 2,37 juta. Sedangkan dua earbud berkisar US$ 229 atau Rp 3 jutaan. Dash Pro juga memiliki fitur lain seperti fitness tracker untuk menghitung denyut jantung, jumlah langkah, serta menghitung durasi latihan.

Bragi Dash Pro juga dilapisi oleh material tahan air sehingga bisa digunakan sembari berenang. Perangkat ini juga diklaim mampu digunakan selama 5 jam untuk satu kali pengisian penuh. Apapun pengisian baterai dilakukan dalam wadah penyimpanan earbud ini. Bragi juga menyediakan memory untuk menyimpan sekitar 1.000 judul lagu.

 

Source: Dailysocial.id, liputan6.com

Comments
sumardiyono
wow amazing..
Agung Sutrisno
teknologi Watson Natural Language Understanding and Language Translator API milik IBM