Trending
Senin, 17 Juli 2017

Unik, Pembangkit Listrik Berbentuk Panda

  • Share
  • fb-share
Unik, Pembangkit Listrik Berbentuk Panda

Panda adalah binatang khas China yang lucu dan menggemaskan. Setuju kan Urbaners? Lihat saja film Kungfu Panda. Berkat kelucuannya, film tersebut berhasil menarik banyak penonton tak hanya anak-anak tapi juga orang dewasa.

Nah, selain lucu dan menggemaskan, binatang pemakan bambu itu pun ternyata dimanfaatkan sebagai maskot untuk mengajarkan tentang energi berkelanjutan pada anak-anak muda di China.

Ya, hal itu diimplementasikan pada Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang didirikan di Kota Datong. China Merchants New Energy Group (CMNEG) dan Panda Energy membangun pembangkit dengan tampilan panel-panelnya menyerupai panda raksasa.

Apabila dilihat dari atas, pembangkit listrik tenaga surya tersebut akan terlihat seperti panda yang lucu. Panel surya di atas lahan seluas 100 hektare ini dinamakan Panda Power Plant.

Untuk membangun panel surya panda raksasa itu, tim proyek melibatkan dua warna yakni hitam dan putih. Panel hitam dan putih itu disusun sedemikian rupa, sehingga membentuk wujud panda.

Pada fase pertama, pembangkit surya panda raksasa telah terhubung dengan jaringan listrik pada 30 Juni lalu. Panel surya itu menyediakan setidaknya energi terbarukan sebesar 50 megawatt di wilayah barat laut China.

Proyek Panda Power Plant kedua akan rampung dan mulai disalurkan pada akhir 2017 dengan total luas hamparannya panel-panelnya mencapai 248 hektare.

PLTS Panda disebut-sebut bisa menghasilkan 3,2 miliar kilowatt per jam energi surya dalam 25 tahun. Pembangkit skala masif itu untuk menggantikan jutaan ton batu bara yang biasanya digunakan untuk menghasilkan listrik.

"Mendesain pembangkit yang dibentuk menyerupai panda dapat menginspirasi orang muda untuk membuat mereka lebih tertarik pada penerapan teknologi tenaga surya," ujar CEO Panda Green Energy, Li Yuan.

Karenanya, proyek ini juga merekrut banyak anak muda dari seluruh China untuk berpartisipasi dalam perkemahan di sekitar pusat pembangkit listrik. Mereka akan diberikan materi mengenai pentingnya energi hijau atau terbarukan.

Proyek yang juga bekerja sama dengan United Nations Development Program (UNDP) ini bertujuan memberikan kesadaran pada generasi muda tentang pentingnya menggunakan energi ramah lingkungan.

Seperti Urbaners tahu, China memiliki tambang batu baru skala besar dan telah menyebabkan kerusakan lingkungan besar-besaran. Korban jiwa juga terus berjatuhan akibat ledakan di area tambang.

"Proyek tersebut merupakan bagian dari usaha yang lebih besar untuk meningkatkan kesadaran di kalangan anak muda di China tentang energi bersih," demikian pernyataan pihak UNDP.

UNDP berharap bisa membangun lebih banyak hamparan tenaga surya berbentuk panda di seluruh China dalam lima tahun ke depan.

 

Source: Republika.co.id

Comments
diana mayasari
keren banget
Ahdan Maulana Muhammad
terima kasih