Selamat Tinggal iPod Nano dan Shuffle

Wednesday, August 16, 2017 - 15:24
Bagikan
Facebook Twitter Email

Pada masanya, iPod menjadi item yang harus dibawa saat berpergian. Setuju kan Urbaners? Tidak asyik rasanya jika jalan-jalan tanpa mendengarkan musik dari iPod.

Pemutar musik ini sempat jadi simbol status sosial di kalangan remaja. Bisa dibilang tidak semua orang bisa membelinya karena harga yang mahal.

Demi menjangkau semua kalangan, Apple kemudian meluncurkan iPod Nano pada 2005. Meski lebih terjangkau, harga iPod Nano tidak bisa dibilang murah. Kehadiran iPod Nano mendapat sambutan hangat. Mungkin karena harganya atau pilihan warna yang lebih catchy sehingga lebih digemari.

Tak lama kemudian, perusahaan yang berbasis di California ini merilis iPod Shuffle. Tentu dengan harga yang lebih murah lagi. Namun iPod Shuffle tampil sederhana tanpa layar. Hanya tombol navigasi untuk memilih lagu.

Namun seiring waktu, dua iPod ini sudah dikeluarkan dari toko online Apple dan akan segera hilang dari pasar. Apple memutuskan menghentikan produksi iPod Nano dan Shuffle lantaran permintaan yang makin menurun.

"Hari ini, kami menyederhanakan jajaran iPod kami dengan dua model iPod Touch terbaru dengan kapasitas penyimpanan dua kali lipat mulai dari 199 dolar AS dan kami menghentikan iPod shuffle dan iPod nano," demikian pernyataan Apple.

Berita dihentikannya produk iPod Nano dan Shuffle ini tentu bukan hal yang mengejutkan. Sebelumnya, pada 2014, Apple juga menghentikan iPod Clasic.

iPod Nano yang dibanderol 149 dolar AS dan Shuffle seharga 49 dolar AS, terakhir diperbarui dengan pilihan warna baru di tahun 2015. Namun, bentuk Nano terakhir diubah sejak 2012. Sedangkan Shuffle belum dirancang ulang sejak 2010.

Sementara itu iPod Touch yang memberikan kontribusi iPod dengan penjualan tertinggi perusahaan akan tetap dijual. Namun Apple memperbarui kapasitas penyimpanan perangkat menjadi 32 GB dan 128 GB. Varian iPod Touch 16 GB dan 64 GB tak lagi dipasarkan.

Versi 32 GB dijual seharga 199 dolar AS atau sekitar Rp 2,65 juta dan 128 GB dihargai 299 dollar AS atau sekitar Rp 4 juta. Touch juga menawarkan kemampuan Wi-Fi dan kamera 8MP juga tambahan kapasitas penyimpanan.

iPod Nano & Shuffle

iPod orisinal merupakan alat pemutar musik MP3 yang dibuat oleh Apple dan iPod tersebut menjadikan Apple sebagai perusahaan industri teknologi terkenal seperti sekarang ini.

Harus diakui, salah satu kekuatan iPod adalah nostalgia, terutama bagi generasi pertama penikmat musik digital. Untuk para penggemar produk Apple, berhentinya produksi iPod Nano dan Shuffle merupakan sebuah kehilangan, bagaimana dengan Urbaners?

 

Source: Rollingstone.co.id, thejakartapost.com