Home Techno Akhirnya YouTube Menghentikan Rekomendasi Video Bumi Datar
Akhirnya YouTube Menghentikan Rekomendasi Video Bumi Datar

Akhirnya YouTube Menghentikan Rekomendasi Video Bumi Datar

Tuesday, January 29, 2019 - 11:20
Bagikan
Facebook Twitter Email

YouTube belakangan ini jadi media alternatif yang bisa menawarkan hiburan sesuai kebutuhan. Sayangnya, nggak semua konten di YouTube bisa cocok dengan selera lo. Melalui rekomendasi atau bahkan Ads, kadang video yang nggak lo suka bisa muncul. Salah satu konten yang dianggap mengganggu adalah video bumi datar.

Yes, teori konspirasi yang satu ini memang sering muncul jadi rekomendasi di YouTube. Entah sengaja atau nggak, YouTube belum mengonfirmasi. Luckily, di awal tahun ini pihak YouTube nggak cuma kasih konfirmasi soal konten yang ganggu. Mereka juga berjanji buat blokir semua konten yang mengganggu, termasuk video bumi datar!

 

Video bumi datar

Video bumi datar

Teori soal bumi datar atau flat earth memang sempat viral tahun 2018 kemarin. Meski buat kebanyakan orang teori ini terdengar masuk akal, banyak juga yang percaya sama teori ini. Nggak tanggung-tanggung, banyak komunitas bermunculan buat kasih dukungan ke teori konspirasi soal bentuk bumi ini.

Nah, orang-orang inilah yang jadi dalang di balik maraknya konten bumi datar di internet. Entah itu lewat thread di Twitter, podcast, hingga video YouTube. Meski kadang bisa jadi joke yang seru, teori ini kadang terasa mengganggu. Lebih-lebih kalau muncul terlalu sering di media sosial yang sering kita akses.

 

Janji YouTube

Merasa salah satu konten bumi datar ada di situs mereka, YouTube pun mengambil tindakan. Situs berbagi video ini berjanji buat mengubah algoritma supaya konten bumi datar dan semacamnya nggak bakal muncul di daftar pencarian YouTube.

Selama ini, daftar pencarian YouTube memang dianggap bermasalah. Banyak yang menganggap kalau hasil pencarian yang ditampilkan YouTube sering nggak relevan. Konten-konten clickbait pun lebih sering muncul dibandingkan konten yang memang sesuai dengan pencarian. Meski terlambat, at least YouTube berusaha bikin situsnya tetap enjoyable.

 

Blokir konten berbahaya lain

Blokir konten berbahaya lain

Selain menghentikan rekomendasi video bumi datar dan sederet teori konspirasi lainnya, YouTube juga punya rencana buat blokir konten challenge berbahaya. Akhir-akhir ini memang banyak konten video challenge yang berbahaya macam Kiki Challenge dan Blindfold Challenge dari film Birdbox.

Aturan ini sudah mulai dijalankan YouTube sejak akhir tahun 2018 kemarin. Creator yang tetap nekat bikin challenge berbahaya bakal diberi peringatan. Kalau masih melanggar, akun mereka akal di-suspended jadi nggak bakal bisa dipakai lagi.

Gimana pendapat lo? Kira-kira bakal membantu nggak nih aturan baru dari YouTube?

 

 

Source: Mashable Asia dan The Daily Beast