• Techno
  • Apa yang Harus Lo Tunggu di Mobile World Congress 2018?

Apa yang Harus Lo Tunggu di Mobile World Congress 2018?

Tue, 27 February 2018
Apa yang Harus Lo Tunggu di Mobile World Congress 2018?

Urbaners, salah satu pameran industri mobile terbesar dunia, Mobile World Congress 2018 bakal digelar dari tanggal 26 Februari hingga 1 Maret 2018 mendatang. Nggak berubah dari penyelenggaraan sebelumnya, MWC 2018 ini juga bertempat di gedung Fira de Barcelona, Barcelona, Spanyol. Seperti biasa, MWC 2018 akan jadi ajang show off produsen smartphone besar di seluruh dunia. Dilansir dari Thenextweb, inilah 5 smartphone terbaru yang wajib lo tunggu kehadirannya!

 

Sony Xperia XZ Pro

Xperia XZ Pro ini digadang-gadang bakal menggantikan Xperia XZ Premium, dengan model yang lebih kecil dan bentuk melengkung layaknya yang ada di Xperia XZ 2 Compact.  Di Mobile World Congress 2018 nanti, pihak Sony akan memamerkan smartphone canggih ini dengan layar OLED 4K, dan menjadi seri Xperia pertama dengan kamera ganda terbaik tahun ini.

 

Xiaomi Mi 7

Kehadiran Xiaomi di ajang MWC 2018 sudah dipastikan hadir dengan memperkenalkan smartphone terbarunya seri Mi 7 yang diumumkan bakal memakai chipset Snapdragon 845. Bisa dibilang juga Xiaomi termasuk produsen yang sangat memperkenalkan flagship terbarunya di belahan Eropa atau Amerika Serikat. Kira-kira bakal sukses nggak ya terobosannya kali ini?

 

Nokia 6 dan Nokia 1

Pada ajang MWC 2018, pihak produsen HMD Global diduga kuat akan memperkenalkan flagship terbaru Nokia 6. Selain itu, ada juga Nokia 1 yang kabarnya bakal memakai OS Android Go. Menariknya lagi nih, varian Nokia 3310 4G diprediksi juga akan dipamerkan di ajang Mobile World Congress tahun ini.

 

Moto X5

Urbaners, menurut kabar yang beredar Moto X5 produksi Motorola Lenovo ini bakal memiliki layar berukuran 5,9 inci dengan nuansa seperti iPhone X  yang juga mempunyai kamera ganda di bagian atas layar. Dengan harga terendah $300, maka sudah dipastikan Motorola memberikan penawaran paling menarik di pameran MWC tahun ini.

 

Samsung S9

Lewat akun official Twitter Samsung secara resmi mengumumkan bahwa pihaknya akan meluncurkan Samsung S9 dan S9+ di Mobile World Congress 2018. Smartphone yang satu ini diduga akan menjadi pesaing kuat iPhone dengan dilengkapi sensor sidik jari di panel belakang. Samsung S9 juga didukung processor Snapdragon 845, chip Exynos 9810, serta pemindaian iris dan fitur keamanan berbasis pengenal wajah.

Wah, pastinya Mobile World Congress 2018 nggak boleh lo lewatkan begitu saja. Urbaners, dari sekian banyak smartphone yang bakal diperkenalkan nanti, lo bakal pilih yang mana nih?

 

Source: thenextweb.com

Tips Membeli Smartphone dan Laptop Bekas

Fri, 07 August 2020
Tampilan belakang iPhone X yang memantulkan gambar dari layar monitor Macbook

Belakangan ini, banyak berita mengenai smartphone premium yang dijual dengan harga miring. Jangan termakan oleh harga murah, lo harus waspada supaya nggak tertipu dengan barang elektronik palsu. Nggak perlu khawatir, lo tetap bisa kok membeli smartphone atau laptop dengan harga yang lebih murah.

Walau dalam kondisi bekas, masih tetap layak dipakai untuk membantu aktivitas lo #MauLagiDimanapun. Ikuti dulu tips aman dalam membeli smartphone atau laptop bekas. Tips-tips membeli produk elektronik bekas berikut ini sudah sesuai dengan teknologi yang eksis di tahun 2020.

 

Bekas atau Refurbished?

Tampilan menu di iPhone X hitam yang digenggam oleh seorang pria

Sebelum lo memantapkan niat untuk membeli smartphone atau laptop bekas, perhatikan dulu perbedaan antara barang bekas dengan barang refurbished. Barang elektronik refurbished ini adalah barang yang gagal produksi atau nggak dijual secara bebas karena harus dimodifikasi ulang.

Kalau lo ingin memiliki smartphone atau laptop dengan kualitas original, sangat disarankan untuk membeli barang bekas. Bukan berarti barang refurbished bernilai rendah, tetapi lo perlu punya mata jeli dan waktu lebih banyak untuk bisa memastikan barang tersebut layak digunakan.

 

Cek Harga dan Spesifikasi

Seorang wanita menekan spacebar di laptop yang ada di atas meja

Harga dari barang elektronik bekas jelas lebih murah daripada harga produk baru di pasaran. Kalau lo beruntung, lo bisa saja membeli smartphone atau laptop bekas dalam kondisi 90% menyerupai produk baru. Satu hal yang pasti, lo harus melakukan riset kecil-kecilan sebelum membeli barang elektronik bekas.

Coba googling dulu spesifikasi dan harga dari produk original yang ingin lo beli. Dari sana, lo sudah bisa mengenal fitur unggulan dari produk tersebut. Ketika lo sedang mencari seller terpercaya, pengetahuan ini bisa jadi andalan lo untuk menilai worth dan menawar harga dari smartphone atau laptop bekas yang akan lo beli.

Nggak perlu takut untuk bertanya kepada seller, justru lo harus bisa cerewet ketika membeli barang elektronik bekas. Mulai dengan tanya-tanya kondisi, spesifikasi yang ada, serta harga yang ditawarkan. Jika lo menemukan kejanggalan mengenai spesifikasi dari seller, ini bisa jadi red flag buat lo.

 

Periksa Dulu, Lalu Bayar

Seorang wanita menyerahkan sejumlah uang kepada seseorang dalam sebuah transaksi

Supaya lebih aman, lakukan pembayaran cash on delivery (COD) saat akan membeli smartphone atau laptop bekas. Ini berguna banget buat lo bisa melihat kondisi sekaligus mencoba barang bekas tersebut. Pertama-tama, cek kondisi fisik dari barang tersebut, apakah ada goresan, retak, dan lain sebagainya.

Nyalakan dan lihat kekuatan baterai. Jangan lupa untuk memastikan segala aksesoris yang dibutuhkan seperti charger sudah lengkap dan original. Untuk smartphone, cek software yang digunakan sudah updated atau belum, kondisi kamera depan dan belakang, serta fungsionalitas tombol-tombol smartphone.

Untuk laptop, cek port, drive optik, trackpad, dan keyboard. Nyalakan laptop untuk melihat kondisi LCD, speaker, dan webcam. Pastikan laptop dapat terhubung dengan jaringan internet dan memiliki storage (hardisk dan RAM) sesuai dengan spesifikasi. Setelah lo mengecek kualitas smartphone atau laptop bekas tersebut, barulah lo lanjutkan dengan proses pembayaran.

 

 

 

Sources: Tirto.id, SEA PC Mag, Android Guys