• Techno
  • Cara Amankan Aplikasi WhatsApp dari Peretas

Cara Amankan Aplikasi WhatsApp dari Peretas

Tue, 16 June 2020
Tampilan WhatsApp Two-step verification

Peretasan belakangan ini marak terjadi. Nggak cuma akun-akun penting seperti mobile banking, e-Wallet, aplikasi e-Commerce untuk belanja online, atau e-Mail. Akun messenger dan media sosial pun juga jadi sasaran peretasan, salah satunya adalah WhatsApp, aplikasi komunikasi yang saat ini paling banyak digunakan.

Mengingat WhatsApp sendiri berisi pesan dan informasi personal, lo wajib menerapkan sistem keamanan yang cukup ketat untuk aplikasi ini. Nggak perlu menggunakan tambahan aplikasi. Lo bisa cukup mengaktifkan pengaturan keamanan khusus yang ada pada WhatsApp. Ini beberapa caranya!

 

Jangan Pernah Bagikan Kode Penting

Tampilan WhatsApp meminta kode akses dari sistem two-step verification

Cara pertama yang paling sederhana dan mudah dilakukan adalah jangan pernah bagikan informasi penting lo melalui WhatsApp, seperti password, kode penting terkait aktivasi, atau verfikasi akun. Kode rahasia ini biasa dikirimkan melalui SMS atau telepon. Jaga kerahasiaannya dengan melakukan sendiri semua langkah aktivasi dan verifikasi akun.

Lo juga bisa mengaktifkan PIN khusus untuk bisa membuka WhatsApp. Pengaturan ini bisa lo temukan pada pengaturan smartphone lo masing-masing. Bisa di bagian privacy atau security, bisa juga lo temukan di bagian applications manager. Jika memungkinkan, terapkan juga pindai sidik jari agar lebih aman.

 

Aktifkan Two-Step Verification

Seseorang memegang smartphone dengan tampilan two-step verification menu WhatsApp

Beberapa orang enggan mengaktifkan two-step verification pada akun WhatsApp karena dianggap ribet dan nggak efisien. Padahal, two-step verification bertujuan untuk memastikan bahwa yang masuk akun WhatsApp itu adalah lo sendiri dan bukan orang lain. Jadi demi keamanan data lo, pastikan WhatsApp lo sudah menggunakannya.

Caranya, ketuk tiga titik di bagian kanan atas layar saat lo buka aplikasi WhatsApp. Lalu pilih Account (Akun). Pada bagian pengaturan ini akan muncul menu Two-step verification, tekan tombol Enable (Aktifkan) pada bagian bawah tampilan. Mengaktifkan pengaturan ini berarti lo setuju untuk menerapkan PIN tambahan untuk mengaktifan akun WhatsApp lo ini.

 

Back Up Informasi dari WhatsApp

Siluet tangan memegang smartphone dengan logo WhatsApp di layar

Langkah pengamanan akun WhatsApp yang terakhir ini dilakukan dengan mem-back up semua informasi dari akun lo. Ini bisa lo lakukan dengan cara menambahkan serta mensikronisasikan alamat e-Mail lo dengan aplikasi WhatsApp. Dengan begini akun lo akan lebih mudah untuk dipulihkan.

Aplikasi WhatsApp sendiri secara berkala melakukan back up data dengan akses ke e-mail lo. Untuk cara ini lo bebas apakah lo merasa perlu untuk mem-back up data dan informasi dari aplikasi WhatsApp atau nggak. Jika lo setuju, lo bisa memberikan akses pada aplikasi ini untuk melakukan sinkronisasi otomatis. Tapi jangan khawatir, karena saat proses back up dilakukan lo akan dapat notifikasi juga.

Itu dia Bro, tiga cara sederhana untuk amankan aplikasi WhatsApp dari peretasan. Coba terapkan proteksi yang sama pada aplikasi lainnya yang penting di smartphone lo. Toh, nggak ada salahnya berjaga-jaga, daripada menyesal kemudian.

 

 

 

 

Sources: The Verge, Tekno Kompas, Hype Grid

Bikin Konten dengan Aplikasi Video Editing untuk Smartphone

Thu, 09 July 2020
Seseorang sedang mengedit video di smartphonenya

Hobi bikin konten video untuk mengisi feed media sosial lo? Cukup dengan menggunakan beberapa aplikasi video editing, edit video dengan segala macam transisi, filter, dan tone warna bisa lo lakukan hanya melalui smartphone! Hasilnya pun nggak beda jauh dengan hasil editing dari software video editing profesional. Apa saja list-nya? Check this out!

 

Adobe Premiere Clip

Tampilan Adobe Premiere Clip di smartphone

Aplikasi pertama adalah Adobe Premiere Clip yang bisa lo akses di iOS dan Android. Adobe Premiere Clip memiliki fitur-fitur basic dari software video editing versi premium mereka, Adobe Premiere Pro. Fitur-fitur basic tersebut antara lain trim, split, dan voice editing untuk membuat suara bising teredam di dalam video. Lo juga bisa memasukkan background music pada video di sini.

Selain itu, Adobe Premiere Clip juga dilengkapi dengan cloud CreativeSync yang membuat file-file video terintegrasi dengan aplikasi Adobe lainnya, seperti aplikasi Lightroom, Capture CC, atau Premiere Pro. Menurut para reviewer, satu-satunya kekurangan dari Adobe Premiere Clip adalah nggak tersedianya tampilan editing video secara vertikal.

 

WeVideo

Interface WeVideo dengan tampilan menu minimalis

WeVideo memiliki interface yang simpel sehingga mudah dimengerti oleh users pemula dan masih awam dengan edit video. Sama seperti Adobe Premiere Clip, WeVideo juga dapat diakses dari iOS maupun Android.

WeVideo dilengkapi dengan fitur penyimpanan cloud yang membuat lo bisa dengan mudah berpindah gadget saat akan mengedit video, tanpa harus memindahkan file project video terlebih dahulu. Namun, tidak semua fitur WeVideo bisa lo akses dengan gratis. Lo harus subscribe akun premium mereka jika ingin mengakses fitur yang lebih luas atau membuat video tanpa watermark.

 

PicPlayPost

Tampilan aplikasi PicPlayPost di smartphone

Aplikasi PicPlayPost ini termasuk aplikasi video editing untuk smartphone yang kuat karena bisa mengedit video hingga durasi 30 menit tanpa lag dengan kualitas layar 1080p. Nggak hanya itu, Mixcord, provider aplikasi PicPlayPost juga membuat fitur opsi ukuran, mulai dari rasio standar 3:2, 4:4, sampai ukuran 16:9. Dengan pilihan ukuran beragam, lo bisa menyesuaikan video dengan gaya yang lo mau.

PicPlayPost juga punya template editing yang cocok buat lo yang “males mikir”. Aplikasi ini juga bisa membantu lo membuat GIF dari potongan-potongan video, sekaligus membuat video dalam kolase. Jangan khawatir, PicPlayPost juga tersedia di iOS dan Android.

 

Videoshop

Tampilan aplikasi Videoshop yang simpel

Sama seperti yang lain, Videoshop dapat diakses melalui iOS maupun Android. Aplikasi ini punya banyak sekali fitur, beberapa di antaranya adalah fitur memotong dan menghilangkan suara di klip, mengatur tempo, menambahkan efek suara khas, hingga menyediakan stok pilihan musik latar untuk video lo. Tapi tenang aja, walaupun memiliki banyak sekali fitur, lo nggak bakal bingung karena interface-nya yang simpel. Banyak reviewer menyarankan untuk menggunakan Videoshop kalo lo ingin membuat stop motion untuk menghasilkan video animasi.

Itu dia, Bro, empat rekomendasi aplikasi video editing untuk smartphone. Sedikit tips untuk video editing melalui smartphone, jangan lupa kenali dulu aplikasi video editing yang bakal lo pakai sebelum mengambil stok video atau merancang ide video supaya hasil video lo bisa maksimal.

 

 

Sources: Wyzowl, Fossbytes, Creativebloq