Home Techno Detektif Ini Selesaikan Kasus Lewat Facebook
Detektif Ini Selesaikan Kasus Lewat Facebook

Detektif Ini Selesaikan Kasus Lewat Facebook

Tuesday, August 28, 2018 - 14:20
Bagikan
Facebook Twitter Email

Jika sering melihat film atau serial televisi tentang kasus pembunuhan, lo akan mengetahui kalau detektif biasanya akan memecahkan kasus dengan cara menginterogasi dan meneliti TKP. Nah, ada hal berbeda yang dilakukan oleh Billy Jensen, detektif swasta yang menyelesaikan kasus lewat Facebook. Bukan main-main, Billy Jensen pernah menyelesaikan kasus Inkster, Michigan.

 

Bagaimana cara Billy Jensen menyelesaikan kasus?

Bagaimana cara Billy Jensen menyelesaikan kasus?

Billy Jensen bukan polisi, dirinya nggak bisa sembarangan masuk ke Tempat Kejadian Perkara (TKP) atau menginterogasi saksi-saksi kunci. Jensen kemudian mempunyai cara untuk menyelesaikan masalah tersebut, yaitu dengan menggunakan Facebook. Pertama, Jensen akan mengumpulkan semua dokumen dari berita media, mulai dari gambar hingga video. Setelah itu, Jensen akan membuat Facebook Pages yang berisi berita mengenai pembunuhan tersebut.

Nggak sampai di situ, Urbaners, Jensen kemudian mengiklankan Pages-nya tersebut di daerah pembunuhan itu terjadi. Jensen mengatur iklan sesuai dengan kode wilayah, gender, umur, bahkan sampai interest. Setelah Pages-nya viral, Jensen kemudian mendapatkan insight baru yang nggak didapat oleh kepolisian.

 

Diminta bantuan oleh polisi

Diminta bantuan oleh polisi

Tahun 2016, nama Jensen terkenal setelah menyelesaikan beberapa kasus melalui Facebook. Kemudian di tahun 2017, dia diminta bantuan oleh polisi untuk menyelesaikan kasus pembunuhan di El Monte. Polisi tersebut memberikan email tentang kemungkinan keterlibatan anggota gank di pembunuhan tersebut. Jensen kemudian membuat Facebook Pages lagi dan diiklankan di daerah suspect pembunuh berasal. Dalam satu minggu, informasi mengenai sang pembunuh mulai terlihat dan bahkan akhirnya sang pembunuh pun tertangkap.

“Informasi yang dihasilkan oleh Jensen sangat membantu kami dalam menangkap sang pembunuh,” ujar kepolisian setempat.

Total dalam sekali kasus, Jensen menghabiskan 16 ribu dolar dari kantong pribadinya. Nggak lama setelah itu, Jensen pun berkata hal yang sangat mencengangkan.

“Jika Mark Zuckerberg (CEO Facebook) memberikan uang iklan 100 ribu dolar, saya mungkin bisa menyelesaikan 20 kasus dalam satu minggu,” terang Jensen. Wow.

 

Source: mensjournal.com