Home Techno DuckDuckGo, Search Engine yang Nggak Simpan Data Pribadi Lo
DuckDuckGo, Search Engine yang Nggak Simpan Data Pribadi Lo

DuckDuckGo, Search Engine yang Nggak Simpan Data Pribadi Lo

Tuesday, October 16, 2018 - 11:01
Bagikan
Facebook Twitter Email

Hadirnya berbagai situs search engine tentunya semakin memudahkan lo dalam melakukan pencarian segala informasi di internet. Sayangnya, nggak semua situs search engine itu bisa memberi keamanan atau privasi tinggi. Alhasil, keberadaan lo sebagai pencari informasi justru mudah dilacak oleh pihak-pihak tertentu. Tapi, hal itu nggak bakal terjadi kalau lo pakai search engine DuckDuckGo yang menjamin keamanan data-data pribadi lo sebagai pengguna internet.

 

DuckDuckGo sudah diluncurkan sejak tahun 2008

Urbaners, meski popularitas DuckDuckGo belum setenar Google sebenarnya search engine ini sudah resmi diluncurkan sejak 25 September 2008 silam. Nggak tanggung-tanggung, saat ini situs DuckDuck Go sudah melakukan lebih dari 30 juta pencarian langsung dalam satu hari. Bahkan, jumlah pengguna search engine DuckDuckG sudah mencapai lebih dari 1 juta pengguna di awal tahun 2018.

 

Bukan pesaing search engine Google

Bukan pesaing search engine Google

Meski sama-sama berperan sebagai mesin pencarian, ternyata DuckDuckGo ini bukan pesaing Google. Dilihat dari jumlah pencarian yang telah dilakukan, DuckDuckGo bahkan cuma menangani sebagian kecil pencarian yang diproses oleh Google setiap harinya. Pasalnya, dalam sehari Google bisa melakukan hingga 3,5 miliar pencarian. Jadi, bisa disimpulkan kalau DuckDuckGo bukan pesaing yang seimbang buat mengalahkan Google sebagai search engine.

 

Nggak menyimpan alamat IP serta data pribadi pengguna

Isu pencurian data yang dialami Facebook beberapa waktu lalu ternyata menguntungkan DuckDuckGo di satu sisi. Pasalnya, DuckDuckGo sejak awal sudah memperkenalkan diri sebagai situs pencarian yang nggak pernah menyimpan alamat IP serta data-data pribadi pengguna. Sebaliknya, search engine besutan Gabriel Weinberg ini cuma menggunakan cookie, itupun bila benar-benar diperlukan.

 

Menyediakan pencarian tanpa iklan

Menyediakan pencarian tanpa iklan

Satu lagi kehebatan DuckDuckGo yang patut jadi pertimbangan lo, search engine yang satu ini menyediakan fitur pencarian tanpa iklan. Tentu saja lo bisa dengan bebas memasukkan kata kunci apapun tanpa perlu merasa terganggu dengan iklan-iklan baris yang biasa muncul selama pencarian. Nggak perlu pakai ads blocker lagi deh selama penggunaan search engine DuckDuckGo!

 

Urbaners, kehadiran DuckDuckGo sebagai search engine yang melakukan pencarian tanpa menyimpan alamat IP dan data-data pribadi pengguna tentu sangat menjamin keamanan lo. Apalagi kasus cybercrime belakangan ini semakin meningkat. Dengan adanya jaminan keamanan data pribadi lo nggak perlu was-was lagi waktu browsing di internet.

 

 

Source: medium.com, thehustle.co