• Techno
  • Facebook Luncurkan Libra, Mata Uang Kripto Terbaru

Facebook Luncurkan Libra, Mata Uang Kripto Terbaru

Tue, 25 June 2019
Facebook Luncurkan Libra, Mata Uang Kripto Terbaru

Mata uang digital atau kripto bakal bertambah satu lagi dengan munculnya Libra buatan Facebook. Kabar tersebut dikonfirmasi oleh sang CEO, Mark Zuckerberg, lewat akun pribadinya. Libra sendiri rencananya bakal dirilis pada tahun 2020 mendatang. Daripada penasaran, langsung saja simak ulasannya berikut, Urbaners.

 

Bedanya dengan Bitcoin

Bedanya dengan Bitcoin

Perbedaan Libra dengan Bitcoin bisa dilihat dari fungsinya sebagai alat tukar. Libra nantinya bisa digunakan untuk mengirimkan sejumlah uang dan melakukan transaksi lainnya. Sedangkan Bitcoin selain untuk memfasilitasi transaksi juga digunakan sebagai sarana investasi dari cryptocurrency. Bahkan beberapa pihak menyebut kalau Bitcoin mirip dengan emas dalam dunia investasi nyata.

Selain itu, Libra juga memiliki biaya transaksi yang relatif rendah dan bakal jadi insentif dalam penggunaannya bila digunakan untuk transaksi pengiriman uang. Sementara itu, Bitcoin relatif lebih mahal dari segi transaksinya. Di samping itu, daya tarik Libra juga terletak pada dukungan mata uang dolar AS maupun Euro, jadi lo nggak perlu khawatir inflasi tinggi.

 

Keamanan Libra

Keamanan Libra

Kemunculan Libra sebagai mata uang kripto sebenarnya sudah membuat beberapa kalangan bertanya-tanya mengenai keamanannya. Hal ini lantas dijawab sendiri oleh Facebook yang mendirikan anak usahanya bernama Calibra dalam menjamin data sosial dan finansial penggunanya secara terpisah. Keberadaan Libra Association juga bakal bertanggung jawab mengelola blockchain mata uang Libra tersebut.

Dari segi keamanan, Libra memang menggunakan pemrograman Move dan menjadikannya sebagai pengamanan prioritas utama. Move jugalah yang bakal memberikan perlindungan terhadap risiko adanya bug. Nggak ketinggalan desain khusus Move agar aset yang dimiliki Libra nggak bisa diduplikasi sehingga dapat melindungi identitas penggunanya.

 

Bisa dipakai di Indonesia?

Bisa dipakai di Indonesia?

 
Lantas, apakah mata uang kripto Libra ini bisa dipakai di Indonesia? Menanggapi beragam pertanyaan ini, Ketua Indonesia Blockchain Society, Ery Punta H., mengatakan kalau Libra memiliki peluang digunakan dalam sebuah transaksi di Indonesia.

Meski begitu, peluang ini masih bisa dibilang 50:50 sebab Bank Indonesia nggak membolehkan mata uang kripto selain Rupiah. Facebook sebenarnya memiliki kesempatan menggunakan mata uang ini sebagai pembayaran jual-beli pada platform-nya dengan catatan harus mengubah hitungan Libra ke dalam mata uang Rupiah agar transaksi lebih transparan.

 

Seandainya Libra benar-benar bisa digunakan di Indonesia, apakah lo bakal menggunakannya, Urbaners?

 

 

Sources: Kompas.com, Tempo.co

Baru Rilis, 4 Smartphone dari Samsung Ini Bisa Buat Lo Pengen

Monday, February 17, 2020 - 15:12
Terdapat tiga smartphone baru dari Samsung dengan ukuran layar yang berbeda

Samsung telah menjadi salah satu brand smartphone yang paling populer saat ini. Setiap tahunnya mereka pasti akan merilis smartphone canggih dengan desain yang kekinian dan keren. Di awal tahun 2020 ini mereka juga telah merilis sejumlah smartphone yang keren. Berikut ini ulasan singkat mengenai smartphone rilisan terbaru dari Samsung yang harus lo ketahui.

Samsung Galaxy A71

Smartphone dari Samsung dengan seri A selalu ditunggu-tunggu oleh banyak penggemar gadget. Smartphone seri A terbaru yang baru dirilis oleh Samsung adalah A71. Target dari smartphone ini adalah para generasi milenial yang gemar mengambil foto dan update di media sosial. Itulah mengapa smartphone ini dibekali dengan 4 kamera canggih. Kamera utama di bagian belakang pada smartphone ini memiliki resolusi hingga 64 MP. Kemudian 3 kamera lainnya memiliki resolusi hingga 12 MP, 5 MP, dan 5 MP. Sedangkan pada kamera depannya memiliki resolusi hingga 32 MP.

Samsung Galaxy S20

https://cdn.vox-cdn.com/thumbor/CufFyONHelVrgdlDDUKPUxqLxzg=/0x0:2040x1360/1320x0/filters:focal(0x0:2040x1360):format(webp):no_upscale()/cdn.vox-cdn.com/uploads/chorus_asset/file/19710520/vpavic_200206_3899_still_0001.jpg

Smartphone yang paling baru dirilis oleh Samsung si awal bulan Februari ini adalah Galaxy S20 dan S20+. Kedua smartphone ini memiliki desain yang sangat elegan dan tentunya memiliki teknologi yang super canggih. Samsung Galaxy S20 memiliki ukuran yang cukup mirip dengan Galaxy S10 yang sudah dirilis terlebih dahulu. Galaxy S20 telah dibekali dengan chipset Snapdragon 865 atau Exynos 990. Kamera belakang dari smartphone ini memiliki 3 resolusi berbeda yaitu 64 MP, 12 MP, dan 12 MP. Sedangkan kamera depannya beresolusi 10 MP. Kapasitas RAM dari S20 tersedia dua macam yaitu 8 GB dan 12 GB. Sedangkan untuk kapasitas ROM hanya ada satu pilihan sebesar 128 GB.

Samsung Galaxy S20+

Seorang pria dengan baju kotak-kotak biru memegang smartphone baru Samsung S20+ yang memiliki wallpaper berwarna biru

S20+ memiliki sejumlah fitur yang lebih canggih jika dibandingkan dengan Galaxy S20. Memiliki ukuran 6,7 inchi dengan layar Synamic AMOLED, smartphone ini terlihat sangat anggun dan mewah. Salah satu kelebihan dari S20+ yaitu kamera telefotonya yang diklaim bisa melakukan 3x hybrid zoom dan 30x Super Resolution Zoom pada kamera 64 MP-nya. Kemudian ada kamera lain dengan resolusi 12 MP untuk ultra-wide dan 12 MP untuk wide. Samsung S20+ telah dibekali dengan kapasitas RAM 8 GB dan 12 GB. Sedangkan untuk penyimpanan internalnya sebesar 128 GB dan 512 GB.

Samsung Galaxy Z Flip

Terdapat tangan yang memegang smartphone Galaxy Z Flip yang hampir terlipat dengan layar yang menunjukkan gambar bunga berwarna biru

Samsung Galaxy Z Flip merupakan smartphone layar lipat terbaru dari Samsung. Sebelumnya brand asal Korea Selatan ini memang sudah pernah merilis smartphone dengan desain layar lipat yang disebut dengan Galaxy Fold. Pada Samsung Galaxy Z Flip rupanya telah dibekali dengan layar infinity-O dengan ukuran 6,7 inchi. Smartphone ini juga memiliki tiga kamera dengan resolusi 10 MP untuk kamera selfie dan dua kamera 12 MP di bagian belakangnya. Chipset pada Galaxy Z Flip sudah menggunakan Snapdragon 855 Plus dengan RAM sebesar 8 GB. Sedangkan untuk memori internal sudah disediakan dengan kapasitas hingga 256 GB.

Itulah 4 smartphone yang baru dirilis oleh Samsung di awal tahun 2020 ini. Tertarik yang mana,  Urbaners?

 

Sources: theverge.com, kompas.com, cnnindonesia.com