• Techno
  • Foto Black Hole Pertama dalam Sejarah Berhasil Diambil

Foto Black Hole Pertama dalam Sejarah Berhasil Diambil

Mon, 15 April 2019
Foto Black Hole Pertama dalam Sejarah Berhasil Diambil

Pertama kali dalam sejarah, foto black hole berhasil diabadikan. Buat lo yang mungkin belum paham, black hole sendiri adalah entitas astronomi berwujud padat dengan kekuatan medan gravitasi sangat kuat. Meskipun punya massa yang begitu besar, ternyata nggak gampang buat menangkap wujud penampakan benda luar angkasa ini. Kepadatan black hole inilah yang membuatnya sulit ditembus cahaya maupun materi apapun.

 

Mengenal black hole untuk masyarakat awam

Mengenal black hole untuk masyarakat awam

Urbaners, istilah black hole untuk pertama kali dikemukakan oleh seorang fisikawan asal Amerika bernama John Archibad Wheeler sekitar tahun 1960 silam. Istilah ini mengacu pada teori yang jauh sebelumnya pernah diungkapkan oleh Albert Einstein, di mana black hole adalah wujud padat yang terbentuk akibat pertemuan bintang-bintang dalam jumlah sangat banyak di akhir masa edarnya. Setiap detiknya, black hole akan bertumbuh besar dan bergabung dengan materi, radiasi, atau bahkan black hole lainnya.

 

Misi pengamatan berlangsung sejak tahun 2012

Foto black hole pertama dalam sejarah kehidupan manusia ini memang menyita perhatian seluruh dunia. Misi pengamatan ternyata sudah dimulai pada tahun 2012, dengan melibatkan puluhan ilmuwan dan astronom dari berbagai negara dunia. Publikasi foto black hole ini menjadi penemuan besar dari Event Horizon Telescope (EHT). Foto benda luar angkasa tersebut didapat melalui 10 teleskop yang tersebar di empat benua yang bekerja secara kolektif.

 

Membenarkan teori Einstein

Membenarkan teori Einstein

Buat para ilmuwan dan astronom, tentu foto black hole ini menjadi penemuan terbesar sekaligus pembuktian kebenaran teori Einstein. Setidaknya ada 16 astronom asal Tiongkok yang mengakui bahwa foto tersebut adalah gambar black hole yang sebenarnya. Hal ini dibuktikan adanya rasio kontras antara area bayangan black hole dan sekitarnya, yaitu 1:10. Tentu saja, foto ini akan dijadikan modal awal untuk proyek astrofisika lain yang lebih besar.

 

2 black hole supermasif jadi target utama

Nggak tanggung-tanggung, dalam misinya Event Horizon Telescope (EHT) menargetkan 2 black hole supermasif yang diprediksi ada di pusat galaksi berbeda. Berdasarkan pengamatan, salah satu black hole ini ada di dekat gugusan Sagitarius A dengan bobot 4 juta kali massa matahari. Gugusan Sagitarius A ini berada di pusat galaksi Bima Sakti dengan jarak 26.000 tahun cahaya dari Bumi (1 tahun cahaya = 9,5 triliun kilometer). Sementara black hole kedua yaitu M87 yang bobotnya mencapai 3,5 miliar kali massa matahari.

 

Foto pertama black hole mungkin memang terlihat agak blurred, tapi ini tetaplah merupakan suatu pencapaian besar yang patut diapresiasi. Gimana menurut pendapat lo, Urbaners?

 

 

Source: inews.id, theatlantic.com, space.com

6 YouTuber Dengan Penghasilan Terbesar Di Tahun 2019

Tuesday, December 31, 2019 - 13:17
PewDiePie memakai kaos hitam

Saat ini YouTuber semakin banyak lho, Urbaners. Bahkan makin banyak orang yang bercita-cita jadi YouTuber. Anak muda saat ini pun makin banyak yang membuat channel YouTube dan mengunggah vlog. Hampir setiap orang berusaha untuk menjadi content creator di YouTube. YouTube dianggap mampu menghasilkan banyak uang. Forbes bahkan merilis info YouTuber yang mendapat penghasilan paling besar di tahun 2019. Siapa sajakah mereka ini?

 

Dude Perfect

anggota Dude Perfect berfoto bersama memakai kemeja kotak-kotak

Channel Dude Perfect ternyata dimiliki oleh sekumpulan bapak-bapak lho, Urbaners. Mereka adalah Tyler Toney, Garret Hilbert, Cody Jones, Coby Cotton, dan Cory Cotton. Pria paruh baya tersebut membuat channel YouTube yang sering diisi oleh video mereka ketika sedang berolahraga dan bermain bowling. Mereka berhasil mendapatkan keuntungan dari YouTube sebesar 20 juta dolar AS. Bahkan mereka juga ditawari untuk dibuatkan acara TV di Nickelodeon. Keren juga ya bapak-bapak ini, Urbaners.

 

Rhett and Link

foto Rhett and Link

Duo komedian asal California, Amerika Serikat ini berhasil meraup pendapatan sebesar hingga 17,5 juta dolar AS, Urbaners. Mereka sering mengunggah video lucu yang mereka buat. Nggak hanya itu saja, mereka juga sering mengunggah lagu komedi hasil parodi mereka sendiri. Rhett and Link juga dikenal pintar membuat sketsa. Keren kan?

 

Preston

Preston dengan balon angka 10

Sebelum fokus membuat vlog, Preston memulai channel YouTube-nya dengan memainkan game Minecraft dan Call of Duty. Perubahan ini membuat jumlah subscriber-nya terus bertambah dari waktu ke waktu. Preston berhasil meraup keuntungan dari YouTube hingga mencapai jumlah 14 juta dolar AS. Sungguh sebuah pendapatan yang fantastis.

 

PewDiePie

PewDiePie di ruangannya sambil memakai headphone

Channel YouTube PewDiePie berisikan video permainan aksi dan horror. PewDiePie memiliki 102 juta subscriber di channel YouTube-nya. Di tahun 2019, PewDiePie mendapat keuntungan dari YouTube sebesar 13 juta dolar AS. Bahkan banyak para gamers menjadikannya sebagai inspirator dalam main game seru.

 

DanTDM

DanTDM memakai kaos warna hitam dengan poni lemparnya

DanTDM sering mengunggah video tentang game. Biasanya game yang sering dia mainkan adalah Fortnite dan Minecraft di channel YouTube-nya. Dia bahkan berhasil memenangkan penghargaan di Kids Choice Awards dan juga mencetak Guinness World Records. Kini, DanTDM berhasil meraup pendapatan sebesar 12 juta dolar AS dari video YouTube yang dia buat di channel-nya.

 

VanossGaming

Vanossgaming memakai kaos warna putih

Buat lo yang suka game, channel milik VanossGaming ini cocok banget buat lo tonton. VannosGaming sering mengunggah video tentang game terutama GTA V, Minecraft, dan game lainnya. Berkat video tutorial game tersebut, dirinya pun kini berhasil mendapatkan hingga 11,5 juta dolar AS.

 

Dari deretan di atas, ada nggak nih YouTuber favorit lo, Urbaners?

 

 

Source : IDN Times