• Techno
  • Foto Black Hole Pertama dalam Sejarah Berhasil Diambil

Foto Black Hole Pertama dalam Sejarah Berhasil Diambil

Mon, 15 April 2019
Foto Black Hole Pertama dalam Sejarah Berhasil Diambil

Pertama kali dalam sejarah, foto black hole berhasil diabadikan. Buat lo yang mungkin belum paham, black hole sendiri adalah entitas astronomi berwujud padat dengan kekuatan medan gravitasi sangat kuat. Meskipun punya massa yang begitu besar, ternyata nggak gampang buat menangkap wujud penampakan benda luar angkasa ini. Kepadatan black hole inilah yang membuatnya sulit ditembus cahaya maupun materi apapun.

 

Mengenal black hole untuk masyarakat awam

Mengenal black hole untuk masyarakat awam

Urbaners, istilah black hole untuk pertama kali dikemukakan oleh seorang fisikawan asal Amerika bernama John Archibad Wheeler sekitar tahun 1960 silam. Istilah ini mengacu pada teori yang jauh sebelumnya pernah diungkapkan oleh Albert Einstein, di mana black hole adalah wujud padat yang terbentuk akibat pertemuan bintang-bintang dalam jumlah sangat banyak di akhir masa edarnya. Setiap detiknya, black hole akan bertumbuh besar dan bergabung dengan materi, radiasi, atau bahkan black hole lainnya.

 

Misi pengamatan berlangsung sejak tahun 2012

Foto black hole pertama dalam sejarah kehidupan manusia ini memang menyita perhatian seluruh dunia. Misi pengamatan ternyata sudah dimulai pada tahun 2012, dengan melibatkan puluhan ilmuwan dan astronom dari berbagai negara dunia. Publikasi foto black hole ini menjadi penemuan besar dari Event Horizon Telescope (EHT). Foto benda luar angkasa tersebut didapat melalui 10 teleskop yang tersebar di empat benua yang bekerja secara kolektif.

 

Membenarkan teori Einstein

Membenarkan teori Einstein

Buat para ilmuwan dan astronom, tentu foto black hole ini menjadi penemuan terbesar sekaligus pembuktian kebenaran teori Einstein. Setidaknya ada 16 astronom asal Tiongkok yang mengakui bahwa foto tersebut adalah gambar black hole yang sebenarnya. Hal ini dibuktikan adanya rasio kontras antara area bayangan black hole dan sekitarnya, yaitu 1:10. Tentu saja, foto ini akan dijadikan modal awal untuk proyek astrofisika lain yang lebih besar.

 

2 black hole supermasif jadi target utama

Nggak tanggung-tanggung, dalam misinya Event Horizon Telescope (EHT) menargetkan 2 black hole supermasif yang diprediksi ada di pusat galaksi berbeda. Berdasarkan pengamatan, salah satu black hole ini ada di dekat gugusan Sagitarius A dengan bobot 4 juta kali massa matahari. Gugusan Sagitarius A ini berada di pusat galaksi Bima Sakti dengan jarak 26.000 tahun cahaya dari Bumi (1 tahun cahaya = 9,5 triliun kilometer). Sementara black hole kedua yaitu M87 yang bobotnya mencapai 3,5 miliar kali massa matahari.

 

Foto pertama black hole mungkin memang terlihat agak blurred, tapi ini tetaplah merupakan suatu pencapaian besar yang patut diapresiasi. Gimana menurut pendapat lo, Urbaners?

 

 

Source: inews.id, theatlantic.com, space.com

GAMING SAMPAI PUAS! Siap Buat Nyaman Sama Samsung Odyssey?

Wed, 16 September 2020
Samsung Odyssey G9 buat gaming masa depan

Dengan perkembangan teknologi yang sudah semakin canggih ini, #MauLagiDimanapun lo bisa buat main game. Mulai dari mobile game yang bisa lo mainkan di smartphone, sampai konsol yang bisa lo bawa ke mana-mana seperti Nintendo Switch, lo bisa isi waktu luang dengan main game.

Tapi pengalaman main game di smartphone atau konsol Seperti Nintendo Switch adalah pengalaman yang terhitung biasa saja atau konvensional. Maka dari itu, berbagai developer game dan developer console – berlomba-lomba menciptakan terobosan baru.

Salah satu terobosan yang akhirnya dirilis oleh Samsung adalah layar lengkung yang bisa membawa lo ke pengalaman gaming yang luar biasa berbeda. Samsung Odyssey is ready to take you to the next level gaming experience!

Dasar dari Samsung mengeluarkan seri Odyssey ini adalah di mana angka gamer dan perkembangannya melesat naik ketika di Indonesia sendiri diterapkan pembatasan sosial dengan skala yang cukup besar.

Melihat ini sebagai potensi pertumbuhan yang menjanjikan, Samsung merilis monitor untuk gaming dengan fitur yang luar biasa berbeda daripada pengalaman sebelumnya. Namun karena ini monitor, jadi tidak bisa lo bawa ke mana-mana.

Memangnya ada fitur-fitur apa saja sih yang dilengkapi di layar lengkung dari Samsung ini? Untuk lo yang biasa main game menggunakan pc dan internet – layar Samsung atau monitor dari Samsung ini perlu lo miliki karena fiturnya yang luar biasa.

Penasaran sama fitur yang ada di layar lengkung luar biasa dari Samsung ini? Daripada penasaran sendiri, sila simak bahasan kali ini buat selengkapnya ya!

 

Rilis Dengan Dua Seri Berbeda

Samsung Odyssey G9 rekomendasi buat main game yang nyaman!

Credit Image: samsung.com

Hal pertama yang perlu lo ketahui dari Samsung Odyssey ini adalah ada dua seri layar yang berbeda. Pertama adalah Samsung Odyssey G9 dan yang kedua adalah Samsung Odyssey G7. Perbedaanya cukup sederhana, pertama ada di ukuran layarnya, dan yang kedua ada di harganya.

Samsung Odyssey G9 menawarkan ukuran layar yang mencapai 49 inci di mana harganya kurang lebih 25 juta rupiah. Lalu, Samsung Odyssey G7 ada dengan ukuran layar yang lebih kecil yaitu 32 inci dengan harga 14 juta rupiah dan ukuran layar 27 inci dengan harga kurang lebih 12 juta rupiah.

Soal harga mungkin ini bisa menyesuaikan dengan kebutuhan gaming lo. Buat lo yang mau sekalian menjadikan set game lo paling oke, Samsung Odyssey G9 adalah yang direkomendasikan karena memang memberikan pengalaman main game yang beda dan luar biasa daripada yang lainnya.

 

Fitur-Fitur Mutakhir!

Samsung Odyssey G9 rekomendasi buat main game yang nyaman!

Credit Image: pemmzchannel.com

Samsung Odyssey G9 memiliki waktu respons 1 ms (GTG) yang cepat di mana monitor bisa merespons sinyal input grafis hanya dalam 0,001 detik saja. Lalu refresh rate yang mencapai 24oHz dan menghadirkan kualitas gambar QLED paling jernih.

Kejernihan itu berada di dalam resolusi layar dengan ukuran 5120x1440 Dual Quad HD dengan kelengkungan layar mencapai 1000R dan rasio aspek 32:9 Super Ultra-Wide. Dengan berbagai spek serta fitur seperti di atas, jelas pengalaman gaming lo makin imersif!

Fitur-fitur Samsung Odyssey G9 tidak berhenti sampai di situ saja. Adegan di dalam game dijamin bakal mulus dan makin dinamis terkait dengan fitur NVIDIA G-SYNC Compability dan Adaptive Sync lewat koneksi kabel DP1.4.

Seluruh tampilannya akan dilengkapi lagi dengan teknologi HDR1000 dan teknologi Samsung QLED yang menghasilkan warna lebih murni, lebih cerah sampai lebih nyata dari pada yang sebelumnya. Dari fitur-fitur seperti ini, jelas pengalaman gaming lo akan di atas yang lainnya.

Samsung Odyssey ini ditargetkan untuk mereka yang suka dengan kemajuan teknologi, para casual gamer sampai mereka yang sudah menjadi atlet e-sport professional untuk mendapatkan pengalaman main game berbeda daripada sebelumnya.

Samsung Odyssey ini sudah rilis di bulan Agustus 2020 kemarin dan ini artinya lo bisa cop sekarang juga biar bisa merasakan pengalaman luar biasa yang ditawarkan. Wah bagaimana nih bro? Tunggu apalagi! Langsung saja gas buat pengalaman main game yang luar biasa!

 

Feature Image – gizmologi.id