Home Techno Foto Bumi Pertama yang Menginspirasi Adanya Earth Day
Foto Bumi Pertama yang Menginspirasi Adanya Earth Day

Foto Bumi Pertama yang Menginspirasi Adanya Earth Day

Wednesday, December 26, 2018 - 17:30
Bagikan
Facebook Twitter Email

NASA pertama kali mengambil foto bumi 2 tahun setelah perang dunia, yaitu 1947. Ketika itu foto bumi masih berupa potongan karena teknologi kamera masih sangat jadul dibandingkan dengan sekarang. Kemudian di tahun 1966, NASA yang berhasil mengirimkan pesawatnya di orbit bumi mengeluarkan foto bumi pertama dengan format hitam putih. Dua tahun setelah foto tersebut rilis, NASA mengeluarkan foto bumi paling fenomenal dan bersejarah. Foto hitam putih bumi ini dinamakan Earthrise dan menjadi inspirasi munculnya gerakan Earth Day.

 

Proses pengambil foto bumi

Proses pengambil foto bumi

Setelah NASA mengeluarkan foto hitam putih bumi pertama di tahun 1966, banyak orang masih ragu apakah benar itu foto dari luar angkasa. Itu sangat wajar, Urbaners, karena foto tersebut diambil oleh Luar Orbiter 1, sebuah pesawat tanpa awak yang dikirmkan oleh NASA. Kemudian project Apollo 8 mendapatkan kemajuan yang sangat luar biasa. Pesawat tersebut sukses sampai ke orbit bulan dan sempat berkeliling beberapa saat.

Nah, saat berkeliling itulah, astronot Bill Anders mengambil foto bumi dari orbit bulan. Saat itu, Bill Anders dan Frank Borman mengaku kaget karena secara perlahan-lahan bumi muncul dari balik bulan. Perbincangan kedua astronot tersebut menjadi perbincangan terpenting sepanjang sejarah, sebelum akhirnya Bill Anders mengambil foto bulan berwarna pertama.

Bill Anders, “Oh my God! Look at that picture over there! There’s the Earth coming up. Wow, that’s pretty.”

Borman, “Hey, don’t take that, it’s not scheduled.” (Borman mencoba bercanda).

 

Menjadi inspirasi Earth Day

Menjadi inspirasi Earth Day

Setelah foto ini di-publish oleh NASA, beberapa orang di Amerika Serikat akhirnya sepakat untuk membuat Earth Day. Pada tahun 1970, dengan beberapa isu yang ada, diselenggarakan protes di Santa Barbara. Disebutkan selain karena adanya isu kebocoran oli yang ada di Santa Barbara, mereka terinspirasi foto bumi yang dikeluarkan oleh NASA. Sampai sekarang, Earth Day diperingati setiap tanggal 22 April.

Dalam foto tersebut, terlihat bahwa bumi ini sangat kecil jika dilihat dari luar angkasa. Foto tersebut juga menjadi patokan perbandingan apakah bumi sekarang masih baik-baik saja atau nggak.

 

 

 

Source: engadget.com