• Techno
  • Gara-gara Masalah Privasi, Saham dan Pendapatan Iklan Facebook Turun

Gara-gara Masalah Privasi, Saham dan Pendapatan Iklan Facebook Turun

Mon, 06 August 2018
Gara-gara Masalah Privasi, Saham dan Pendapatan Iklan Facebook Turun

Pada bulan Maret 2018 kemarin, Facebook menjadi pembicaraan seluruh media di dunia. Bocornya data puluhan juta pengguna Facebook mencoreng muka media sosial terbesar di dunia ini. Masalah privasi dari Facebook ini sampai mengharuskan sang CEO, Mark Zuckerberg, mempertanggungjawabkan masalahnya di depan dewan Amerika Serikat. Walaupun Zuckerberg mengatakan akan lebih memperketat keamanan privasi, dampak jangka panjang mulai datang dengan saham dan iklan facebook yang turun.

 

Saham Facebook Turun Hingga 100 Miliar Dolar

Jika dihitung dengan kurs dolar 10 ribu saja, 100 miliar dolar sudah setara dengan 1 triliun rupiah. Yup, Urbaners, saham dari Facebook ini turun mencapai 20% pada akhir Juli 2018 ini. Ini adalah penurunan saham pertama sejak Facebook melantai di bursa saham. Pasti lo langsung bertanya, apa efek dari penurunan saham? Tentu investor akan mulai ragu untuk berinvestasi.

Facebook jelas nggak ingin sahamnya terus menerus turun. Ketika masalah privasi ini muncul, Facebook langsung melakukan pemblokiran ribuan aplikasi yang dinilai telah melanggar privasi. Nggak hanya itu, Facebook juga mewajibkan setiap penggunanya untuk melakukan pengecekan terhadap aplikasi Facebook yang telah terhubung.

 

Masalah Ada pada Pendapatan Iklan

Selain saham, ada pula masalah cukup pelik yang bakal dihadapi oleh Facebook. Menurut laporan dari theverge, iklan dari Facebook di awal tahun 2018 ini hanya naik 11%. Ternyata jumlah kenaikan pendapatan iklan dari Facebook merupakan yang terendah sejak tahun 2011. Bahkan di beberapa negara besar seperti Kanada dan Amerika Serikat, pendapatan iklan Facebook nggak bertambah dari tahun lalu.

Walaupun begitu, ternyata masalah ini sudah diprediksi oleh sang Chief Financial Officer Facebook, David Wehner. David mengatakan pendapatan iklan di Facebook hanya akan bertambah single digit sampai akhir tahun. David juga menjelaskan bahwa para pengiklan masih akan melihat beberapa perubahan yang dilakukan oleh perusahaannya. Mulai dari perubahan feed, data privacy, dan langkah Facebook selanjutnya.

 

 

Source: theverge.com

6 YouTuber Dengan Penghasilan Terbesar Di Tahun 2019

Tuesday, December 31, 2019 - 13:17
PewDiePie memakai kaos hitam

Saat ini YouTuber semakin banyak lho, Urbaners. Bahkan makin banyak orang yang bercita-cita jadi YouTuber. Anak muda saat ini pun makin banyak yang membuat channel YouTube dan mengunggah vlog. Hampir setiap orang berusaha untuk menjadi content creator di YouTube. YouTube dianggap mampu menghasilkan banyak uang. Forbes bahkan merilis info YouTuber yang mendapat penghasilan paling besar di tahun 2019. Siapa sajakah mereka ini?

 

Dude Perfect

anggota Dude Perfect berfoto bersama memakai kemeja kotak-kotak

Channel Dude Perfect ternyata dimiliki oleh sekumpulan bapak-bapak lho, Urbaners. Mereka adalah Tyler Toney, Garret Hilbert, Cody Jones, Coby Cotton, dan Cory Cotton. Pria paruh baya tersebut membuat channel YouTube yang sering diisi oleh video mereka ketika sedang berolahraga dan bermain bowling. Mereka berhasil mendapatkan keuntungan dari YouTube sebesar 20 juta dolar AS. Bahkan mereka juga ditawari untuk dibuatkan acara TV di Nickelodeon. Keren juga ya bapak-bapak ini, Urbaners.

 

Rhett and Link

foto Rhett and Link

Duo komedian asal California, Amerika Serikat ini berhasil meraup pendapatan sebesar hingga 17,5 juta dolar AS, Urbaners. Mereka sering mengunggah video lucu yang mereka buat. Nggak hanya itu saja, mereka juga sering mengunggah lagu komedi hasil parodi mereka sendiri. Rhett and Link juga dikenal pintar membuat sketsa. Keren kan?

 

Preston

Preston dengan balon angka 10

Sebelum fokus membuat vlog, Preston memulai channel YouTube-nya dengan memainkan game Minecraft dan Call of Duty. Perubahan ini membuat jumlah subscriber-nya terus bertambah dari waktu ke waktu. Preston berhasil meraup keuntungan dari YouTube hingga mencapai jumlah 14 juta dolar AS. Sungguh sebuah pendapatan yang fantastis.

 

PewDiePie

PewDiePie di ruangannya sambil memakai headphone

Channel YouTube PewDiePie berisikan video permainan aksi dan horror. PewDiePie memiliki 102 juta subscriber di channel YouTube-nya. Di tahun 2019, PewDiePie mendapat keuntungan dari YouTube sebesar 13 juta dolar AS. Bahkan banyak para gamers menjadikannya sebagai inspirator dalam main game seru.

 

DanTDM

DanTDM memakai kaos warna hitam dengan poni lemparnya

DanTDM sering mengunggah video tentang game. Biasanya game yang sering dia mainkan adalah Fortnite dan Minecraft di channel YouTube-nya. Dia bahkan berhasil memenangkan penghargaan di Kids Choice Awards dan juga mencetak Guinness World Records. Kini, DanTDM berhasil meraup pendapatan sebesar 12 juta dolar AS dari video YouTube yang dia buat di channel-nya.

 

VanossGaming

Vanossgaming memakai kaos warna putih

Buat lo yang suka game, channel milik VanossGaming ini cocok banget buat lo tonton. VannosGaming sering mengunggah video tentang game terutama GTA V, Minecraft, dan game lainnya. Berkat video tutorial game tersebut, dirinya pun kini berhasil mendapatkan hingga 11,5 juta dolar AS.

 

Dari deretan di atas, ada nggak nih YouTuber favorit lo, Urbaners?

 

 

Source : IDN Times