Home Techno Google Bakal Kembangkan Pengaturan Gadget Tanpa Disentuh
Google Bakal Kembangkan Pengaturan Gadget Tanpa Disentuh

Google Bakal Kembangkan Pengaturan Gadget Tanpa Disentuh

Wednesday, January 9, 2019 - 16:10
Bagikan
Facebook Twitter Email

Setelah proyek radar mini Project Soli dapat persetujuan dari negara, Google akhirnya satu langkah lebih dekat buat menghasilkan teknologi pengaturan gawai tanpa sentuhan. Dengan teknologi ini ,Urbaners bisa mengatur gadget dari kejauhan. Seperti apa detailnya?

 

Bisa kontrol smartwatch dan speaker

Bisa kontrol smartwatch dan speaker

Google memang sudah mengembangkan Project Soli ini sejak tahun 2015 lalu. Bisa dibilang proyek ini sudah nyaris sempurna. Sayangnya belum dapat persetujuan pasti dari pemerintah. Walau begitu, Google terus menerus mendesak pemerintah untuk memberikan persetujuan proyek mini radar ini. Hasilnya bisa kelihatan, awal tahun ini Project Soli resmi diakui.

Radar mini ini emang punya peran krusial dalam keseluruhan proyek. Dengan radar mini tersebut, pengaturan tanpa sentuhan bakal jadi lebih akurat lagi. Jadi, lo bisa memutar musik lewat smart speaker hanya dengan gerakan tangan kalau teknologi ini sudah resmi dirilis nanti. Super interesting!

 

Disetujui setelah terbukti nggak bahaya

Disetujui setelah terbukti nggak bahaya

Pemerintah tentu punya beberapa pertimbangan kenapa radar mini Google ini nggak disetujui. Ada beberapa celah yang memungkinkan kecanggihan teknologi ini justru disalahgunakan. Perusahaan teknologi lain juga kerap memprotes proyek ini, salah satunya Facebook. Walau begitu, akhirnya Federal Communication Commision (FCC) kasih izin akhir tahun 2018 lalu.

Persetujuan ini keluar setelah FCC bisa memastikan kalau teknologi ini emang nggak membahayakan dan punya banyak manfaat buat masyarakat luas. Google berhasil membuktikan kalau teknologi touchless ini emang lebih banyak manfaatnya dibanding risikonya. Kalau lo sendiri gimana, Urbaners?

 

Selangkah menuju masa depan

Dengan disetujuinya Project Soli ini bisa dibilang manusia bakal selangkah lebih dekat menuju masa depan yang penuh kemudahan. Bayangin aja, nanti dalam waktu dekat lo nggak perlu lagi bangun dari tempat tidur buat menyalakan smart speaker. Lo juga nggak perlu lagi bingung mengubah pengaturan smartwatch. Pratis, bukan?

Project Soli juga bisa jadi langkah awal buat inovasi teknologi lainnya di masa depan. Bisa jadi di tahun-tahun mendatang lo nggak perlu memutar setir buat menjalankan mobil. Kalau mendengar kemajuan Project Soli ini sepertinya nggak mustahil!

Jadi gimana, lo siap buat masa depan nggak, Urbaners?

 

 

Source: The Verge