Home Techno Huawei Siapkan OS Pengganti Android, HongMeng
Huawei Siapkan OS Pengganti Android, HongMeng

Huawei Siapkan OS Pengganti Android, HongMeng

Monday, June 17, 2019 - 11:16
Bagikan
Facebook Twitter Email

Beberapa saat lalu, muncul kabar bahwa Google mencabut lisensi Android dari seluruh perangkat Huawei. Google melakukan hal ini terkait keputusan pemerintah Amerika Serikat (AS) yang tidak memperbolehkan Huawei membeli komponen-komponen dari perusahaan AS tanpa persetujuan pemerintah AS. Karena pencabutan tersebut, Huawei kini dikabarkan tengah menyiapkan OS pengganti Android yang diberi nama HongMeng.

 

Sudah diuji coba kepada pengguna di Tiongkok

Sudah diuji coba kepada pengguna di Tiongkok

Walaupun mungkin pencabutan Android dari Huawei terkesan seperti akhir dunia bagi perusahaan teknologi asal Tiongkok tersebut, sebetulnya diam-diam Huawei sudah melakukan antisipasi. Huawei mengembangkan OS sendiri bernama HongMeng untuk menggantikan Android.

Bahkan Huawei sudah mendaftarkan merek Huawei HongMeng di Tiongkok dan merek Ark di Uni Eropa. Kabarnya, saat ini OS HongMeng tersebut sedang dalam tahap uji coba untuk satu juta pengguna ponsel mereka di Tiongkok. Namun, rencananya HongMeng akan diterapkan di 9 negara, termasuk Korea Selatan, Kamboja, dan Kanada.

 

Ternyata sudah digagas sejak 7 tahun lalu

Ternyata sudah digagas sejak 7 tahun lalu

Walaupun mungkin terkesan baru, sebetulnya Huawei sudah menggagas OS HongMeng sejak 7 tahun lalu. Dipimpin oleh pendiri Huawei, Ren Zhengfei, beliau memimpin kelompok kecil Huawei Technologies untuk merancang OS tersebut. Kabarnya, rapat terbatas ini diadakan di sebuah vila di daerah Shenzen, Tiongkok.

Dalam rapat tersebut, Ren dan tim berdiskusi tentang strategi untuk menghadapi keberhasilan Google Android di dunia. Mereka sepakat bahwa Huawei harus memiliki OS sendiri sebagai alternatif Android meskipun mungkin saat itu belum ada kepastian pemberian nama pada OS.

 

Mendapat lisensi sementara dari AS selama 90 hari

Mendapat lisensi sementara dari AS selama 90 hari

Lalu, saat ini pengguna Huawei menggunakan OS apa pada perangkatnya? Ternyata Departemen Perdagangan AS baru saja memberikan lisensi sementara yang berlaku selama 90 hari kepada Huawei hingga 19 Agustus 2019. Jadi, sampai tanggal tersebut, para pengguna perangkat Huawei masih bisa memperbarui software dan keamanan OS Android. Di sisi lain, Google juga dikabarkan tetap memberikan dukungan pada Google App Store untuk para pengguna perangkat Huawei.

 

Rencananya, OS HongMeng akan dirilis pada akhir tahun 2019 atau awal tahun 2020 nanti. Bukan nggak mungkin OS HongMeng bakal bekerja lebih oke daripada OS Android, Urbaners. Let’s just wait and see!

 

 

Source: cnbcindonesia.com, cnnindonesia.com