• Techno
  • Huawei Siapkan OS Pengganti Android, HongMeng

Huawei Siapkan OS Pengganti Android, HongMeng

Mon, 17 June 2019
Huawei Siapkan OS Pengganti Android, HongMeng

Beberapa saat lalu, muncul kabar bahwa Google mencabut lisensi Android dari seluruh perangkat Huawei. Google melakukan hal ini terkait keputusan pemerintah Amerika Serikat (AS) yang tidak memperbolehkan Huawei membeli komponen-komponen dari perusahaan AS tanpa persetujuan pemerintah AS. Karena pencabutan tersebut, Huawei kini dikabarkan tengah menyiapkan OS pengganti Android yang diberi nama HongMeng.

 

Sudah diuji coba kepada pengguna di Tiongkok

Sudah diuji coba kepada pengguna di Tiongkok

Walaupun mungkin pencabutan Android dari Huawei terkesan seperti akhir dunia bagi perusahaan teknologi asal Tiongkok tersebut, sebetulnya diam-diam Huawei sudah melakukan antisipasi. Huawei mengembangkan OS sendiri bernama HongMeng untuk menggantikan Android.

Bahkan Huawei sudah mendaftarkan merek Huawei HongMeng di Tiongkok dan merek Ark di Uni Eropa. Kabarnya, saat ini OS HongMeng tersebut sedang dalam tahap uji coba untuk satu juta pengguna ponsel mereka di Tiongkok. Namun, rencananya HongMeng akan diterapkan di 9 negara, termasuk Korea Selatan, Kamboja, dan Kanada.

 

Ternyata sudah digagas sejak 7 tahun lalu

Ternyata sudah digagas sejak 7 tahun lalu

Walaupun mungkin terkesan baru, sebetulnya Huawei sudah menggagas OS HongMeng sejak 7 tahun lalu. Dipimpin oleh pendiri Huawei, Ren Zhengfei, beliau memimpin kelompok kecil Huawei Technologies untuk merancang OS tersebut. Kabarnya, rapat terbatas ini diadakan di sebuah vila di daerah Shenzen, Tiongkok.

Dalam rapat tersebut, Ren dan tim berdiskusi tentang strategi untuk menghadapi keberhasilan Google Android di dunia. Mereka sepakat bahwa Huawei harus memiliki OS sendiri sebagai alternatif Android meskipun mungkin saat itu belum ada kepastian pemberian nama pada OS.

 

Mendapat lisensi sementara dari AS selama 90 hari

Mendapat lisensi sementara dari AS selama 90 hari

Lalu, saat ini pengguna Huawei menggunakan OS apa pada perangkatnya? Ternyata Departemen Perdagangan AS baru saja memberikan lisensi sementara yang berlaku selama 90 hari kepada Huawei hingga 19 Agustus 2019. Jadi, sampai tanggal tersebut, para pengguna perangkat Huawei masih bisa memperbarui software dan keamanan OS Android. Di sisi lain, Google juga dikabarkan tetap memberikan dukungan pada Google App Store untuk para pengguna perangkat Huawei.

 

Rencananya, OS HongMeng akan dirilis pada akhir tahun 2019 atau awal tahun 2020 nanti. Bukan nggak mungkin OS HongMeng bakal bekerja lebih oke daripada OS Android, Urbaners. Let’s just wait and see!

 

 

Source: cnbcindonesia.com, cnnindonesia.com

Baru Rilis, 4 Smartphone dari Samsung Ini Bisa Buat Lo Pengen

Monday, February 17, 2020 - 15:12
Terdapat tiga smartphone baru dari Samsung dengan ukuran layar yang berbeda

Samsung telah menjadi salah satu brand smartphone yang paling populer saat ini. Setiap tahunnya mereka pasti akan merilis smartphone canggih dengan desain yang kekinian dan keren. Di awal tahun 2020 ini mereka juga telah merilis sejumlah smartphone yang keren. Berikut ini ulasan singkat mengenai smartphone rilisan terbaru dari Samsung yang harus lo ketahui.

Samsung Galaxy A71

Smartphone dari Samsung dengan seri A selalu ditunggu-tunggu oleh banyak penggemar gadget. Smartphone seri A terbaru yang baru dirilis oleh Samsung adalah A71. Target dari smartphone ini adalah para generasi milenial yang gemar mengambil foto dan update di media sosial. Itulah mengapa smartphone ini dibekali dengan 4 kamera canggih. Kamera utama di bagian belakang pada smartphone ini memiliki resolusi hingga 64 MP. Kemudian 3 kamera lainnya memiliki resolusi hingga 12 MP, 5 MP, dan 5 MP. Sedangkan pada kamera depannya memiliki resolusi hingga 32 MP.

Samsung Galaxy S20

https://cdn.vox-cdn.com/thumbor/CufFyONHelVrgdlDDUKPUxqLxzg=/0x0:2040x1360/1320x0/filters:focal(0x0:2040x1360):format(webp):no_upscale()/cdn.vox-cdn.com/uploads/chorus_asset/file/19710520/vpavic_200206_3899_still_0001.jpg

Smartphone yang paling baru dirilis oleh Samsung si awal bulan Februari ini adalah Galaxy S20 dan S20+. Kedua smartphone ini memiliki desain yang sangat elegan dan tentunya memiliki teknologi yang super canggih. Samsung Galaxy S20 memiliki ukuran yang cukup mirip dengan Galaxy S10 yang sudah dirilis terlebih dahulu. Galaxy S20 telah dibekali dengan chipset Snapdragon 865 atau Exynos 990. Kamera belakang dari smartphone ini memiliki 3 resolusi berbeda yaitu 64 MP, 12 MP, dan 12 MP. Sedangkan kamera depannya beresolusi 10 MP. Kapasitas RAM dari S20 tersedia dua macam yaitu 8 GB dan 12 GB. Sedangkan untuk kapasitas ROM hanya ada satu pilihan sebesar 128 GB.

Samsung Galaxy S20+

Seorang pria dengan baju kotak-kotak biru memegang smartphone baru Samsung S20+ yang memiliki wallpaper berwarna biru

S20+ memiliki sejumlah fitur yang lebih canggih jika dibandingkan dengan Galaxy S20. Memiliki ukuran 6,7 inchi dengan layar Synamic AMOLED, smartphone ini terlihat sangat anggun dan mewah. Salah satu kelebihan dari S20+ yaitu kamera telefotonya yang diklaim bisa melakukan 3x hybrid zoom dan 30x Super Resolution Zoom pada kamera 64 MP-nya. Kemudian ada kamera lain dengan resolusi 12 MP untuk ultra-wide dan 12 MP untuk wide. Samsung S20+ telah dibekali dengan kapasitas RAM 8 GB dan 12 GB. Sedangkan untuk penyimpanan internalnya sebesar 128 GB dan 512 GB.

Samsung Galaxy Z Flip

Terdapat tangan yang memegang smartphone Galaxy Z Flip yang hampir terlipat dengan layar yang menunjukkan gambar bunga berwarna biru

Samsung Galaxy Z Flip merupakan smartphone layar lipat terbaru dari Samsung. Sebelumnya brand asal Korea Selatan ini memang sudah pernah merilis smartphone dengan desain layar lipat yang disebut dengan Galaxy Fold. Pada Samsung Galaxy Z Flip rupanya telah dibekali dengan layar infinity-O dengan ukuran 6,7 inchi. Smartphone ini juga memiliki tiga kamera dengan resolusi 10 MP untuk kamera selfie dan dua kamera 12 MP di bagian belakangnya. Chipset pada Galaxy Z Flip sudah menggunakan Snapdragon 855 Plus dengan RAM sebesar 8 GB. Sedangkan untuk memori internal sudah disediakan dengan kapasitas hingga 256 GB.

Itulah 4 smartphone yang baru dirilis oleh Samsung di awal tahun 2020 ini. Tertarik yang mana,  Urbaners?

 

Sources: theverge.com, kompas.com, cnnindonesia.com