Home Techno Instagram Uji Coba Sembunyikan Jumlah Likes
Instagram Uji Coba Sembunyikan Jumlah Likes

Instagram Uji Coba Sembunyikan Jumlah Likes

Monday, May 13, 2019 - 17:17
Bagikan
Facebook Twitter Email

Kabar kontroversi baru saja dirilis oleh Instagram melalui uji coba yang dilakukan untuk menyembunyikan jumlah Likes. Uji coba ini menuai kontroversi lantaran jumlah Likes di Instagram sendiri sering dijadikan sebagai standar popularitas suatu postingan. Kira-kira apa yang menyebabkan Instagram berupaya menyembunyikan jumlah Likes pada konten yang di-upload oleh penggunanya, ya?

 

Menekan ‘kompetisi’ di antara pengguna

Sudah bukan rahasia lagi jika pengguna Instagram sering kali berlomba-lomba dalam perolehan jumlah Likes dan Followers. Akibatnya, kompetisi dengan cara yang kurang sehat pun terjadi. Mulai dari aksi jual-beli Likes dan Followers hingga kasus bullying atau perundungan terhadap akun yang dianggap nggak memiliki jumlah Likes cukup banyak. Nggak jarang bullying terhadap akun dengan jumlah Likes sedikit akan mengarah pada tindakan lain yang lebih membahayakan penggunanya.

 

Mengurangi tekanan bagi para pengguna

Mengurangi tekanan bagi para pengguna

 
Selain berupaya menekan kompetisi yang dirasa mulai nggak sehat antar pengguna, uji coba Instagram menyembunyikan jumlah Likes bertujuan untuk mengurangi tekanan psikis bagi para pengguna itu sendiri. Pasalnya, sering kali persaingan jumlah Likes membuat pengguna tertekan atau bahkan depresi dan merasa nggak lebih baik dari konten foto yang dibagikan oleh pengguna lain. Padahal tujuan utama platform Instagram adalah sekadar berbagi foto, bukan bersaing jumlah Likes ataupun Followers.

 

Hanya pemilik akun yang bisa mengetahui penyuka foto

Jumlah Likes yang disembunyikan ini nggak hanya berlaku untuk foto orang lain saja. Sebagai pengguna, lo juga nggak bisa mengetahui berapa banyak Likes yang didapatkan. Tapi, tenang saja, pemilik akun tetap bisa mengetahui siapa saja yang menyukai foto yang sudah lo bagikan. Caranya cukup mudah, ketuk saja tulisan di bawah tombol suka, lalu dalam hitungan detik akan muncul daftar nama atau akun yang sudah menyukai foto tersebut.

 

Ingin pengguna fokus pada kualitas, bukan kuantitas

Ingin pengguna fokus pada kualitas, bukan kuantitas

 
Uji coba Instagram dalam menyembunyikan jumlah Likes ini memang belum resmi dirilis. Namun, upaya ini dilakukan dengan tujuan yang sangat positif. Alih-alih berfokus pada perolehan jumlah Likes, pengelola Instagram lebih menginginkan pengguna lebih fokus pada kualitas foto dan caption yang dibagikan. Dengan begitu, platform berbagi foto ini bisa jadi lebih bermanfaat dan menginspirasi para penggiat fotografi atau sekadar wadah berbagi informasi sesama pengguna di seluruh belahan dunia.

 

Urbaners, gimana menurut pendapat lo kalau Instagram benar-benar menerapkan uji coba sembunyikan jumlah Likes ini?

 

 

Source: techcrunch.com