Home Techno Jangan Bawa Tugas Rahasia ke Rumah, Karyawan NSA Ini Dipenjara 5 Tahun!
Jangan Bawa Tugas Rahasia ke Rumah, Karyawan NSA Ini Dipenjara 5 Tahun!

Jangan Bawa Tugas Rahasia ke Rumah, Karyawan NSA Ini Dipenjara 5 Tahun!

Tuesday, October 2, 2018 - 10:55
Bagikan
Facebook Twitter Email

Nasib malang menimpa mantan karyawan National Security Agency (NSA) bernama Nghia Hoang Pho (64 tahun). Pho ditangkap saat berada di rumahnya pada 25 September 2018 lalu. Ia adalah warga naturalisasi dari Vietnam yang bekerja di NSA's Tailored Access Group, yakni sebuah agency yang berfokus pada pencegahan peretasan dokumen negara NSA.

Pho diduga membawa salinan dokumen rahasia digital selama kurun waktu tahun 2010 hingga Maret 2015. Dirinya ditahan selama 10 tahun, namun hakim mengurangi hukumannya menjadi 5 tahun penjara.

 

Gara-gara software anti virus

Gara-gara software anti virus

Penyebab Pho ditahan sebenarnya karena perkara sepele. Namun, perkara sepele inilah yang juga berbahaya terutama bagi negara. Dia ditahan karena memiliki software anti virus dari Kaspersky Lab di jaringan komputer rumahnya. Disinyalir software anti virus ini dapat meretas dan meraup informasi rahasia sebagai bagian dari proses pemindaian terhadap virus.

Merujuk pada kasus Pho ini, pihak Kaspersky Lab pun mengakui kalau perangkat lunaknya memang memiliki sebuah fitur untuk meretas dari komputer PC pada tahun 2014. Tetapi ini sama sekali bukan bagian disengaja untuk menyadap informasi penting dan rahasia dari DNA itu sendiri.

Akibatnya, tak hanya Pho yang kini mendekam di penjara dan kehilangan kebebasannya. Semua fitur anti virus Kaspersky pun juga dilarang beredar di negeri Paman Sam. Hal ini karena dikhawatirkan akan semakin banyak rahasia yang kembali bocor. Peritel produk elektronik seperti Best Buy juga beramai-ramai menarik produk komputer yang di dalamnya terdapat software anti virus dari Kaspersky Lab.

 

Bukan kasus yang pertama

Bukan kasus yang pertama

Bocornya dokumen rahasia negara ke publik bukan kali pertama yang dialami oleh Amerika Serikat, Urbaners. Salah satu yang terbesar adalah kasus bocornya dokumen National Security Agency (NSA) negara oleh Edward Snowden tahun 2013 di situs Wikileaks. Dokumen rahasia itu dikenal dengan ’10 Dosa Besar NSA’, mulai dari penyadapan nomor telepon warga Amerika Serikat hingga penyadapan kepala negara di dunia.

Snowden sendiri merupakan pensiunan dari kontraktor NSA. Kini, Snowden jadi salah satu buronan yang paling dicari di Amerika Serikat atas kasusnya membocorkan dokumen rahasia tersebut.

 

Jadi, jangan coba-coba bawa tugas rahasia ke rumah ya, Urbaners, kalau nggak ingin nasib lo berakhir di penjara seperti yang dialami Nghia Hoang Pho di atas!

 

 

Source: Cnet.com