• Techno
  • Jangan Bawa Tugas Rahasia ke Rumah, Karyawan NSA Ini Dipenjara 5 Tahun!

Jangan Bawa Tugas Rahasia ke Rumah, Karyawan NSA Ini Dipenjara 5 Tahun!

Tue, 02 October 2018
Jangan Bawa Tugas Rahasia ke Rumah, Karyawan NSA Ini Dipenjara 5 Tahun!

Nasib malang menimpa mantan karyawan National Security Agency (NSA) bernama Nghia Hoang Pho (64 tahun). Pho ditangkap saat berada di rumahnya pada 25 September 2018 lalu. Ia adalah warga naturalisasi dari Vietnam yang bekerja di NSA's Tailored Access Group, yakni sebuah agency yang berfokus pada pencegahan peretasan dokumen negara NSA.

Pho diduga membawa salinan dokumen rahasia digital selama kurun waktu tahun 2010 hingga Maret 2015. Dirinya ditahan selama 10 tahun, namun hakim mengurangi hukumannya menjadi 5 tahun penjara.

 

Gara-gara software anti virus

Gara-gara software anti virus

Penyebab Pho ditahan sebenarnya karena perkara sepele. Namun, perkara sepele inilah yang juga berbahaya terutama bagi negara. Dia ditahan karena memiliki software anti virus dari Kaspersky Lab di jaringan komputer rumahnya. Disinyalir software anti virus ini dapat meretas dan meraup informasi rahasia sebagai bagian dari proses pemindaian terhadap virus.

Merujuk pada kasus Pho ini, pihak Kaspersky Lab pun mengakui kalau perangkat lunaknya memang memiliki sebuah fitur untuk meretas dari komputer PC pada tahun 2014. Tetapi ini sama sekali bukan bagian disengaja untuk menyadap informasi penting dan rahasia dari DNA itu sendiri.

Akibatnya, tak hanya Pho yang kini mendekam di penjara dan kehilangan kebebasannya. Semua fitur anti virus Kaspersky pun juga dilarang beredar di negeri Paman Sam. Hal ini karena dikhawatirkan akan semakin banyak rahasia yang kembali bocor. Peritel produk elektronik seperti Best Buy juga beramai-ramai menarik produk komputer yang di dalamnya terdapat software anti virus dari Kaspersky Lab.

 

Bukan kasus yang pertama

Bukan kasus yang pertama

Bocornya dokumen rahasia negara ke publik bukan kali pertama yang dialami oleh Amerika Serikat, Urbaners. Salah satu yang terbesar adalah kasus bocornya dokumen National Security Agency (NSA) negara oleh Edward Snowden tahun 2013 di situs Wikileaks. Dokumen rahasia itu dikenal dengan ’10 Dosa Besar NSA’, mulai dari penyadapan nomor telepon warga Amerika Serikat hingga penyadapan kepala negara di dunia.

Snowden sendiri merupakan pensiunan dari kontraktor NSA. Kini, Snowden jadi salah satu buronan yang paling dicari di Amerika Serikat atas kasusnya membocorkan dokumen rahasia tersebut.

 

Jadi, jangan coba-coba bawa tugas rahasia ke rumah ya, Urbaners, kalau nggak ingin nasib lo berakhir di penjara seperti yang dialami Nghia Hoang Pho di atas!

 

 

Source: Cnet.com

Baru Rilis, 4 Smartphone dari Samsung Ini Bisa Buat Lo Pengen

Monday, February 17, 2020 - 15:12
Terdapat tiga smartphone baru dari Samsung dengan ukuran layar yang berbeda

Samsung telah menjadi salah satu brand smartphone yang paling populer saat ini. Setiap tahunnya mereka pasti akan merilis smartphone canggih dengan desain yang kekinian dan keren. Di awal tahun 2020 ini mereka juga telah merilis sejumlah smartphone yang keren. Berikut ini ulasan singkat mengenai smartphone rilisan terbaru dari Samsung yang harus lo ketahui.

Samsung Galaxy A71

Smartphone dari Samsung dengan seri A selalu ditunggu-tunggu oleh banyak penggemar gadget. Smartphone seri A terbaru yang baru dirilis oleh Samsung adalah A71. Target dari smartphone ini adalah para generasi milenial yang gemar mengambil foto dan update di media sosial. Itulah mengapa smartphone ini dibekali dengan 4 kamera canggih. Kamera utama di bagian belakang pada smartphone ini memiliki resolusi hingga 64 MP. Kemudian 3 kamera lainnya memiliki resolusi hingga 12 MP, 5 MP, dan 5 MP. Sedangkan pada kamera depannya memiliki resolusi hingga 32 MP.

Samsung Galaxy S20

https://cdn.vox-cdn.com/thumbor/CufFyONHelVrgdlDDUKPUxqLxzg=/0x0:2040x1360/1320x0/filters:focal(0x0:2040x1360):format(webp):no_upscale()/cdn.vox-cdn.com/uploads/chorus_asset/file/19710520/vpavic_200206_3899_still_0001.jpg

Smartphone yang paling baru dirilis oleh Samsung si awal bulan Februari ini adalah Galaxy S20 dan S20+. Kedua smartphone ini memiliki desain yang sangat elegan dan tentunya memiliki teknologi yang super canggih. Samsung Galaxy S20 memiliki ukuran yang cukup mirip dengan Galaxy S10 yang sudah dirilis terlebih dahulu. Galaxy S20 telah dibekali dengan chipset Snapdragon 865 atau Exynos 990. Kamera belakang dari smartphone ini memiliki 3 resolusi berbeda yaitu 64 MP, 12 MP, dan 12 MP. Sedangkan kamera depannya beresolusi 10 MP. Kapasitas RAM dari S20 tersedia dua macam yaitu 8 GB dan 12 GB. Sedangkan untuk kapasitas ROM hanya ada satu pilihan sebesar 128 GB.

Samsung Galaxy S20+

Seorang pria dengan baju kotak-kotak biru memegang smartphone baru Samsung S20+ yang memiliki wallpaper berwarna biru

S20+ memiliki sejumlah fitur yang lebih canggih jika dibandingkan dengan Galaxy S20. Memiliki ukuran 6,7 inchi dengan layar Synamic AMOLED, smartphone ini terlihat sangat anggun dan mewah. Salah satu kelebihan dari S20+ yaitu kamera telefotonya yang diklaim bisa melakukan 3x hybrid zoom dan 30x Super Resolution Zoom pada kamera 64 MP-nya. Kemudian ada kamera lain dengan resolusi 12 MP untuk ultra-wide dan 12 MP untuk wide. Samsung S20+ telah dibekali dengan kapasitas RAM 8 GB dan 12 GB. Sedangkan untuk penyimpanan internalnya sebesar 128 GB dan 512 GB.

Samsung Galaxy Z Flip

Terdapat tangan yang memegang smartphone Galaxy Z Flip yang hampir terlipat dengan layar yang menunjukkan gambar bunga berwarna biru

Samsung Galaxy Z Flip merupakan smartphone layar lipat terbaru dari Samsung. Sebelumnya brand asal Korea Selatan ini memang sudah pernah merilis smartphone dengan desain layar lipat yang disebut dengan Galaxy Fold. Pada Samsung Galaxy Z Flip rupanya telah dibekali dengan layar infinity-O dengan ukuran 6,7 inchi. Smartphone ini juga memiliki tiga kamera dengan resolusi 10 MP untuk kamera selfie dan dua kamera 12 MP di bagian belakangnya. Chipset pada Galaxy Z Flip sudah menggunakan Snapdragon 855 Plus dengan RAM sebesar 8 GB. Sedangkan untuk memori internal sudah disediakan dengan kapasitas hingga 256 GB.

Itulah 4 smartphone yang baru dirilis oleh Samsung di awal tahun 2020 ini. Tertarik yang mana,  Urbaners?

 

Sources: theverge.com, kompas.com, cnnindonesia.com