• Techno
  • Lolos Teror 7 Menit, InSight Robot NASA Sukses Mendarat di Mars

Lolos Teror 7 Menit, InSight Robot NASA Sukses Mendarat di Mars

Thu, 29 November 2018
Lolos Teror 7 Menit, InSight Robot NASA Sukses Mendarat di Mars

Ada puluhan misi yang dilakukan oleh NASA untuk mendaratkan pesawatnya ke Planet Mars. Tujuannya cuma satu, mengambil seluruh sample dan meneliti apa yang terjadi di Mars agar misi manusia ke Planet Mars ini berhasil di masa depan. Setelah terakhir Phoenix dan Curiosity berhasil mendarat di Mars tahun 2008 dan 2012, sekarang giliran InSight yang sukses mendarat secara mulus tanggal 26 September 2018 kemarin.

Dikarenakan InSight merupakan pesawat tanpa awak, NASA nggak bisa mengontrol secara penuh. Mereka mengandalkan program yang sudah di-setting sebelumnya. Sebelum sukses mendarat ke Mars, ada waktu 7 menit yang disebut dengan 7 Minutes of Terror, yaitu saat pesawat melewati atmosfer dengan kecepatan super cepat.

 

7 Minutes of Terror

7 Minutes of Terror

NASA nggak sekali dua kali meluncurkan pesawat tanpa awak ke Mars, dalam satu dekade terakhir NASA senggaknya sudah meluncurkan 7 pesawat dan hanya sedikit yang bisa mendarat ke Mars. Planet Mars mempunyai atmosfer yang sangat tipis dan NASA mengatakan atmosfer tersebut hanya punya satu lapisan. Jadi, masalah yang muncul adalah ketika pesawat dari bumi ini meluncur dengan kecepatan tinggi, tentu akan menjadi masalah karena nggak ada atmosfer yang menghambat pergerakan pesawat.

InSight ini terbang dengan kecepatan 12 ribu mil per jam, jadi sangat membutuhkan atmosfer untuk mengurangi kecepatan agar nggak hancur ketika masuk ke Mars. Tetapi setelah mengurangi kecepatan, InSight berhasil melewati 7 Minutes of Terror dan mendarat mulut di Mars.

 

Mengisi bahan bakar dan menjelajah Mars selama 3 bulan

Mengisi bahan bakar dan menjelajah Mars selama 3 bulan

Setelah mendarat di Mars, InSight segera mengisi bahan bakar. Beruntung, teknologi sonar panel membuat InSight bisa mengisi bahan bakar dengan cepat. Tugas pertama InSight adalah mengirimkan foto-foto apa yang sebenarnya terjadi di Mars. Sekadar informasi nih Urbaners, Mars dulu dikenal dengan planet yang dingin dan sejuk. Tetapi dalam beberapa dekade terakhir, Mars berubah menjadi planet yang kering dan tandus. Foto pertama dari InSight memperlihatkan bahwa Mars sangat kering dan tandus.

Selanjutnya InSight akan bertugas berkeliling Planet Mars selama 3 bulan ke depan. Dalam waktu dekat, akan muncul apa saja yang ada di Planet Mars.

 

 

Source: bbc.com

Baru Rilis, 4 Smartphone dari Samsung Ini Bisa Buat Lo Pengen

Monday, February 17, 2020 - 15:12
Terdapat tiga smartphone baru dari Samsung dengan ukuran layar yang berbeda

Samsung telah menjadi salah satu brand smartphone yang paling populer saat ini. Setiap tahunnya mereka pasti akan merilis smartphone canggih dengan desain yang kekinian dan keren. Di awal tahun 2020 ini mereka juga telah merilis sejumlah smartphone yang keren. Berikut ini ulasan singkat mengenai smartphone rilisan terbaru dari Samsung yang harus lo ketahui.

Samsung Galaxy A71

Smartphone dari Samsung dengan seri A selalu ditunggu-tunggu oleh banyak penggemar gadget. Smartphone seri A terbaru yang baru dirilis oleh Samsung adalah A71. Target dari smartphone ini adalah para generasi milenial yang gemar mengambil foto dan update di media sosial. Itulah mengapa smartphone ini dibekali dengan 4 kamera canggih. Kamera utama di bagian belakang pada smartphone ini memiliki resolusi hingga 64 MP. Kemudian 3 kamera lainnya memiliki resolusi hingga 12 MP, 5 MP, dan 5 MP. Sedangkan pada kamera depannya memiliki resolusi hingga 32 MP.

Samsung Galaxy S20

https://cdn.vox-cdn.com/thumbor/CufFyONHelVrgdlDDUKPUxqLxzg=/0x0:2040x1360/1320x0/filters:focal(0x0:2040x1360):format(webp):no_upscale()/cdn.vox-cdn.com/uploads/chorus_asset/file/19710520/vpavic_200206_3899_still_0001.jpg

Smartphone yang paling baru dirilis oleh Samsung si awal bulan Februari ini adalah Galaxy S20 dan S20+. Kedua smartphone ini memiliki desain yang sangat elegan dan tentunya memiliki teknologi yang super canggih. Samsung Galaxy S20 memiliki ukuran yang cukup mirip dengan Galaxy S10 yang sudah dirilis terlebih dahulu. Galaxy S20 telah dibekali dengan chipset Snapdragon 865 atau Exynos 990. Kamera belakang dari smartphone ini memiliki 3 resolusi berbeda yaitu 64 MP, 12 MP, dan 12 MP. Sedangkan kamera depannya beresolusi 10 MP. Kapasitas RAM dari S20 tersedia dua macam yaitu 8 GB dan 12 GB. Sedangkan untuk kapasitas ROM hanya ada satu pilihan sebesar 128 GB.

Samsung Galaxy S20+

Seorang pria dengan baju kotak-kotak biru memegang smartphone baru Samsung S20+ yang memiliki wallpaper berwarna biru

S20+ memiliki sejumlah fitur yang lebih canggih jika dibandingkan dengan Galaxy S20. Memiliki ukuran 6,7 inchi dengan layar Synamic AMOLED, smartphone ini terlihat sangat anggun dan mewah. Salah satu kelebihan dari S20+ yaitu kamera telefotonya yang diklaim bisa melakukan 3x hybrid zoom dan 30x Super Resolution Zoom pada kamera 64 MP-nya. Kemudian ada kamera lain dengan resolusi 12 MP untuk ultra-wide dan 12 MP untuk wide. Samsung S20+ telah dibekali dengan kapasitas RAM 8 GB dan 12 GB. Sedangkan untuk penyimpanan internalnya sebesar 128 GB dan 512 GB.

Samsung Galaxy Z Flip

Terdapat tangan yang memegang smartphone Galaxy Z Flip yang hampir terlipat dengan layar yang menunjukkan gambar bunga berwarna biru

Samsung Galaxy Z Flip merupakan smartphone layar lipat terbaru dari Samsung. Sebelumnya brand asal Korea Selatan ini memang sudah pernah merilis smartphone dengan desain layar lipat yang disebut dengan Galaxy Fold. Pada Samsung Galaxy Z Flip rupanya telah dibekali dengan layar infinity-O dengan ukuran 6,7 inchi. Smartphone ini juga memiliki tiga kamera dengan resolusi 10 MP untuk kamera selfie dan dua kamera 12 MP di bagian belakangnya. Chipset pada Galaxy Z Flip sudah menggunakan Snapdragon 855 Plus dengan RAM sebesar 8 GB. Sedangkan untuk memori internal sudah disediakan dengan kapasitas hingga 256 GB.

Itulah 4 smartphone yang baru dirilis oleh Samsung di awal tahun 2020 ini. Tertarik yang mana,  Urbaners?

 

Sources: theverge.com, kompas.com, cnnindonesia.com