Home Techno Lolos Teror 7 Menit, InSight Robot NASA Sukses Mendarat di Mars
Lolos Teror 7 Menit, InSight Robot NASA Sukses Mendarat di Mars

Lolos Teror 7 Menit, InSight Robot NASA Sukses Mendarat di Mars

Thursday, November 29, 2018 - 15:08
Bagikan
Facebook Twitter Email

Ada puluhan misi yang dilakukan oleh NASA untuk mendaratkan pesawatnya ke Planet Mars. Tujuannya cuma satu, mengambil seluruh sample dan meneliti apa yang terjadi di Mars agar misi manusia ke Planet Mars ini berhasil di masa depan. Setelah terakhir Phoenix dan Curiosity berhasil mendarat di Mars tahun 2008 dan 2012, sekarang giliran InSight yang sukses mendarat secara mulus tanggal 26 September 2018 kemarin.

Dikarenakan InSight merupakan pesawat tanpa awak, NASA nggak bisa mengontrol secara penuh. Mereka mengandalkan program yang sudah di-setting sebelumnya. Sebelum sukses mendarat ke Mars, ada waktu 7 menit yang disebut dengan 7 Minutes of Terror, yaitu saat pesawat melewati atmosfer dengan kecepatan super cepat.

 

7 Minutes of Terror

7 Minutes of Terror

NASA nggak sekali dua kali meluncurkan pesawat tanpa awak ke Mars, dalam satu dekade terakhir NASA senggaknya sudah meluncurkan 7 pesawat dan hanya sedikit yang bisa mendarat ke Mars. Planet Mars mempunyai atmosfer yang sangat tipis dan NASA mengatakan atmosfer tersebut hanya punya satu lapisan. Jadi, masalah yang muncul adalah ketika pesawat dari bumi ini meluncur dengan kecepatan tinggi, tentu akan menjadi masalah karena nggak ada atmosfer yang menghambat pergerakan pesawat.

InSight ini terbang dengan kecepatan 12 ribu mil per jam, jadi sangat membutuhkan atmosfer untuk mengurangi kecepatan agar nggak hancur ketika masuk ke Mars. Tetapi setelah mengurangi kecepatan, InSight berhasil melewati 7 Minutes of Terror dan mendarat mulut di Mars.

 

Mengisi bahan bakar dan menjelajah Mars selama 3 bulan

Mengisi bahan bakar dan menjelajah Mars selama 3 bulan

Setelah mendarat di Mars, InSight segera mengisi bahan bakar. Beruntung, teknologi sonar panel membuat InSight bisa mengisi bahan bakar dengan cepat. Tugas pertama InSight adalah mengirimkan foto-foto apa yang sebenarnya terjadi di Mars. Sekadar informasi nih Urbaners, Mars dulu dikenal dengan planet yang dingin dan sejuk. Tetapi dalam beberapa dekade terakhir, Mars berubah menjadi planet yang kering dan tandus. Foto pertama dari InSight memperlihatkan bahwa Mars sangat kering dan tandus.

Selanjutnya InSight akan bertugas berkeliling Planet Mars selama 3 bulan ke depan. Dalam waktu dekat, akan muncul apa saja yang ada di Planet Mars.

 

 

Source: bbc.com