Machine Learning Bakal Tahu Kenapa Lo Bisa Terkena Diare - MLDSPOT
  • Techno
  • Machine Learning Bakal Tahu Kenapa Lo Bisa Terkena Diare

Machine Learning Bakal Tahu Kenapa Lo Bisa Terkena Diare

Wed, 19 December 2018
Machine Learning Bakal Tahu Kenapa Lo Bisa Terkena Diare

Tahun 2018 menjadi tahun yang kelabu bagi dunia daging dan juga makanan cepat saji. Virus Salmonella ini ternyata sangat berbahaya dan bisa menjangkit manusia. Akibat dari Salmonella adalah diare, pusing, demam, dan paling parah adalah Salmonella bisa menyebabkan kematian. Di tahun 2018 kemarin sudah ada 1,2 juta kasus Salmonella yang ada di seluruh dunia dan menyebabkan 450 orang meninggal dunia.

Nah untuk menanggulangi hal ini, beberapa peneliti dari University of Georgia melakukan pengembangan bagaimana caranya mendeteksi Salmonella pada babi, sapi, ayam, dan burung liar. Hasilnya sangat luar biasa, lewat teknologi machine learning mereka bisa mendeteksi 7 dari 8 sample yang ada. Walaupun masih butuh pengembangan lebih lanjut, ini merupakan terobosan yang sangat apik.

 

Cara kerja machine learning

Cara kerja machine learning

Cara kerja dari machine learning ini adalah sample akan dimasukkan ke dalam sebuah alat yang kemudian akan mendeteksi apakah sample terkena Salmonella atau nggak. Jadi ketika daging yang akan digiling ini terkena Salmonella, maka bisa langsung dipisahkan agar nggak terkontaminasi ke daging yang lain.

Seperti diketahui, Salmonella ini penyebarannya melalui makanan. Misalnya sapi yang makan rumput yang di dalamnya sudah ada tanah yang bercampur dengan kotoran hewan lain yang terinfeksi Salmonella. Walaupun sekarang para peternak dan pengusaha makanan sudah berupaya agar Salmonella nggak menyerang seluruh hewan, penanggulangannya masih sangat terbatas.

 

Kekurangan machine learning

Kekurangan machine learning

Seperti diberitakan oleh theverge.com, machine learning ini mempunyai beberapa kelemahan. Pertama adalah sample yang dibutuhkan untuk mengetahui seluruh Salmonella ini ada sekitar 2500, jadi butuh waktu yang sangat lama untuk machine learning mengolahnya. Kemudian apakah machine learning ini bisa mengetahui pusat dari Salmonella, jadi para peternak bisa menghilangkan Salmonella secara sempurna.

Xiangyu Deng, kepala penelitian mengatakan bahwa sekarang pihaknya masih jauh dari kata finish. Masih banyak yang harus dikerjakan, walaupun begitu ini merupakan awal yang baik.

“A little bit of information is better than no information at all,” ujar Xiangyu Deng.

 

 

 

Source: theverge.com

Inovasi Lagi, Apple Kembangkan Charger iPhone Tanpa Kabel Ke Macbook

Wed, 13 January 2021
Setelah iPhpple lipat sekarang mau luncurin wireless charging di Macbook, bro! bakal kayak gimana ya, bro? simak selengkapnya di artikel ini!

Industri kreatif dan teknologi sepertinya memang harus terus bersinergi untuk menciptakan hal yang baru dan inovatif ya, bro. Demi menarik simpati warganet, pastinya perusahaan-perusahaan teknologi mencoba untuk meningkatkan inovasi dan performa dari produk yang akan dirilisnya.

Perusahaan teknologi yang terkenal dengan produk iPhone, iPad, iPod dan Macbook ini jadi salah satu perusahaan yang terus berinvoasi nih, bro. Sepertinya baru minggu lalu mendengar isu kalau Apple bakal merilis iPhone lipat, minggu ini lo akan dikagetkan lagi dengan inovasi dari Apple yang mencoba mengembangkan pengisian daya iPhone tanpa kabel di Macbook, bro!

Fitur seperti apa sih yang sebenarnya mau coba dikembangkan oleh iPhone, bro? Simak selengkapnya di artikel ini ya!

Sudah Membeli Hak Paten

Apple emang nggak pernah main-main dengan setiap fitur baru yang pengen mereka kembangkan, bro. Setelah membeli hak paten handphone lipat milik Samsung, sekarang Apple juga sudah membeli hak paten dari charger tanpa kabel ini, bro!

Teknologi baru yang sedang dikembangkan Apple ini akan memudahkan banyak penggunanya – khususnya buat lo yang emang punya iPhone dan Macbook, bro. Nantinya pengisian baterai ini akan menggunakan bagian atas Macbook lo.

Rencana dari rancangan charger tanpa kabel ini adalah – ketika lo menutup Macbook dan menaruh iPhone lo diatasnya, secara otomatis iPhone lo akan mengisi daya nya. Wah, keren banget ya, bro?

Bisa Ngecharge Banyak iPhone Sekaligus!

Setelah iPhpple lipat sekarang mau luncurin wireless charging di Macbook, bro! bakal kayak gimana ya, bro? simak selengkapnya di artikel ini!

Credit image -

Dari rancangannya yang memungkinkan lo untuk menaruh lebih dari satu iPhone diatas Macbook lo, artinya lo bisa ngecharge iPhone diatasnya sebanyak mungkin tanpa memerlukan kabel tambahan. Pastinya ini bakal menarik banyak perhatian pecinta kemudahan dari teknologi ya, bro!

Hal ini memang memungkinkan terjadi sih, bro – tapi untuk pastinya fitur ini bisa digunakan atau nggak, lebih baik kita tunggu kabar resminya dari Apple ya, bro!

Fitur yang Banyak Dinanti

Siapa sih sekarang yang nggak suka kemudahan? Dari setiap terobosan Apple yang selalu briliant, lo pasti penasaran dan pengen coba atau bahkan beli kan, bro?

Nggak terkecuali dengan fitur charger tanpa kabel ini nih, bro. Setelah muncul dengan headset tanpa kabel atau yang kita kenal Airpods, sekarang banyak tiruan yang juga merilis headset tanpa kabel yang mencoba menyaingi Apple. Tentunya tiruan-tiruan ini nggak akan sebagus rilisan Apple ya, bro.

Pastinya meskipun banyak dinanti dan mungkin banyak tiruannya, wireless charger milih Apple ini pastinya tetap menjadi juara – lagipula, untuk menikmati fitur ini lo juga harus memiliki Macbook dulu, bro!

Apple Juga Bakal Rilis Macbook Matte, Bro!

Setelah iPhpple lipat sekarang mau luncurin wireless charging di Macbook, bro! bakal kayak gimana ya, bro? simak selengkapnya di artikel ini!

Credit image -

Selain kemudahan yang ditawarkan oleh Apple mengenai charger yang kece ini, Apple juga meluncurkan inovasi lain yang nggak kalah kecenya nih, bro – Apple berencana untuk merilis Macbook dengan warna Matte, bro!

Setelah membeli hak paten dari charger, Apple juga dikabarkan mengajukan hak paten untuk merilis desain Macbook berwarna hitam Matte. Sebelumnya, Apple memang sudah merilis lebih dulu untuk iPhone berwarna Matte dan menarik peminat dari penggemarnya.

Setelah sukses dari iPhone, Apple mencoba memanfaatkan juga dengan merilis Macbook nih, bro – apakah lo tertarik, bro?

Setelah membaca secara rinci produk-produk yang akan dirilis mendatang oleh Apple, apakah lo juga orang yang ikut menunggu perilisan fitur ini, bro? karena belum ada tanggal rilisnya – alias ini semua baru bocoran, pantengin terus official statement dari Apple, bro!

 

Feature image - conviva