Masalah Sama Foto Blur? Perbaiki Resolusi Foto Lo Dengan Cara Ini! - MLDSPOT
  • Techno
  • Masalah Sama Foto Blur? Perbaiki Resolusi Foto Lo Dengan Cara Ini!

Masalah Sama Foto Blur? Perbaiki Resolusi Foto Lo Dengan Cara Ini!

Thu, 10 December 2020
ada beberapa cara simpel nih buat naikan resolusi dari foto yang blur di photoshop, sila simak bahasan kali ini bro!

Punya materi visual yang bagus dan menarik untuk diposting di sosial media menjadi salah satu kebutuhan banyak kalangan, terutama anak muda sekarang ini. Hal yang fundamental untuk materi visual tersebut adalah jangan sampai foto yang lo punya itu blur atau nggak punya resolusi yang memadai, bro!

Foto yang blur, atau tidak fokus, lalu materi visualnya gambarnya seperti patah-patah atau pixelnya terlihat kurang baik adalah deretan tantangan yang mesti lo lewati untuk mendapatkan atensi yang baik di sosial media.

Jika materi visual yang akan lo unggah kondisinya seperti yang sudah disebutkan di atas, wah dijamin sih postingan lo nggak akan dilirik oleh followers di sosial media. Terlebih jika akun lo adalah akun bisnis dan bukan personal, kepenginnya tentu apa yang lo promosikan, mendapatkan perhatian dari konsumen lo kan?

 

ada beberapa cara simpel nih buat naikan resolusi dari foto yang blur di photoshop, sila simak bahasan kali ini bro!

Credit Image: slrlounge.com

 

ada beberapa cara simpel nih buat naikan resolusi dari foto yang blur di photoshop, sila simak bahasan kali ini bro!

Credit Image: businessinsider.com

Tapi kalau materi visualnya kurang baik, wah jangankan perhatian ya – mungkin dilirik saja nggak. Lalu bagaimana solusinya terkait dengan masalah materi visual yang seperti itu? Bro, selain memang mesti mempunyai gear yang mumpuni, mulai dari kamera – baik kamera DSLR atau kamera smartphone – lo juga bisa menyelesaikan masalah materi visual tersebut dengan aplikasi Photoshop!

Bisa lo install di Laptop atau di PC – Photoshop jadi salah satu aplikasi edit foto yang sudah populer dari sejak lama untuk menyelesaikan masalah materi visual yang kurang baik. Salah satu fitur yang bisa lo gunakan di aplikasi ini adalah fitur meningkatkan resolusi foto.

Pertanyaan lanjutannya adalah bagaimana mengoperasikan Photoshop untuk meningkatkan resolusi foto atau materi visual yang mau digunakan. Tenang bro, lo sudah berada di halaman artikel yang tepat – karena di bawah ini, bakal dijelaskan langkah-langkah untuk meningkatkan resolusi foto atau materi visual dengan Photoshop.

 

Memastikan Ukuran Visualnya

Hal pertama yang bisa lo lakukan untuk meningkatkan resolusi foto atau materi visual yang ada adalah memastikan dan mengetahui dengan detil ukuran dari visualnya tersebut. Pertama, di dalam aplikasi Photoshop-nya, pastikan lo klik Images > Images Size.

Ketika mengklik fitur ini, lo akan menemukan ukuran gambar yang detil, terkait dengan dimesi lebar dan tinggi piksel dari materi visual yang ada. Dari sini, lo bisa mengubah ukuran tersebut ke dalam ukuran inci, sentimeter atau bahkan persentase.

Di Photoshop sendiri, lo dihadapkan beberapa opsi ukuran yang bisa lo pilih. Kalau materi visual tersebut mau lo cetak, lo bisa klik menu Fit to untuk memilih ukuran dokumennya. Nah, jika ingin di posting di sosial media, lo bisa tentukan ukurannya sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan.

Pastikan angka di kolom Height – Width sudah sesuai dengan angka yang dibutuhkan. Biasanya, angka yang dibutuhkan di kolom tersebut memang sudah angka resolusi yang terbaik atau yang direkomendasikan di ukuran materi visual tersebut.

 

Pakai Fitur Image Resolution

Dari fitur yang satu ini, lo bisa mengisi jumlah piksel yang dibutuhkan terkait dengan materi visualnya yang mau lo unggah atau posting di sosial media. Untuk standar resolusi materi visual yang akan dicetak – misalnya, adalah 300 piksel.

Tapi ini bisa lo sesuaikan atau adjust lagi terkait dengan hasil materi visual tersebut. Jika materi visual masih belum kelihatan tajam, lo bisa terus naikan pikselnya sampai mendapatkan visual yang terbaik.

 

Bikin Visual Makin Tajam

Biar materi visual lo makin tajam, di dalam Photoshop – lo bisa pilih fitur Filter > Sharpen > Unsharp Mask. Dari sini lo akan melihat seperti ada bar yang bisa lo geser, dan sila geser hingga angka yang ada mencapai 100% dan radius ke 1.0.

Terkait dengan angka yang ada – lo bisa menambahkan lagi atau bahkan mengurangi angkanya sesuai dengan selera – pastikan visualnya sudah tajam dan jelas untuk dilihat ya bro!

Wah bagaimana nih bro? Terkait dengan penjelasan yang ada di atas – apakah sudah jelas semua? Jika sudah jelas, sekarang saatnya lo coba sendiri di Photoshop ya!

 

Feature Image – dpreview.com

Jadi Syarat Utama HP Baru, Ini Alasan Layar Amoled Lebih Baik

Sun, 14 February 2021
AMOLED

Teknologi berkembang sangat cepat. Kalau pribahasa orang barat sana, in a blink of an eye- deh perkembangannya!

Salah satu perkembangan teknologi yang kita rasakan sendiri adalah di dunia gadget  Dalam beberapa tahun terakhir, para produsen smartphone mengusung teknologi unggulan dengan AMOLED display alias Active Matrix Organic Light Emitting Diode,  teknologi terbaru pengembangan dari OLED display ini hampir digunakan di seluruh gadget terkini – seperti smartphone, tablet, kamera digital, sampai smartwatch.

AMOLED ini teknologi yang tergolong lebih baru ketimbang IPS LCD. Dari pada ngebanding-bandingin, lebih lo ketahui dulu deh – apa aja keunggulan lain yang dimiliki sama layar AMOLED ini?  Simak ulasannya di bawah ini, bro!

Gambarnya Jernih, Bro!

AMOLED

Credit image - ABC

Zaman sekarang kalo mau nonton sesuatu lewat gadget pasti mencari kualitas yang tinggi – karena rasanya males banget nggak sih, bikin nggak nyaman!

Nah selain resolusi dari sebuah gambar, kualitas layar gadget lo juga harus bagus dong? Dan AMOLED adalah jawabannya!

Kelebihan pertama yang dimiliki oleh smartphone dengan layar AMOLED yaitu mampu menghasilkan gambar dengan warna yang lebih indah dan tajam. Khususnya, pada warna hitam yang memiliki gelap sempurna. Namun, di luar itu lo tetap bisa melihat penampilan layar yang bagus walau di lihat dari 180 derajat.

Kalau lo pengguna setia dark mode, gadget dengan layar ini pasti jadi andalan lo deh!

Lebih Hemat Baterai

Berbeda dengan LED dan LCD display – AMOLED display memiliki daya konsumsi baterai yang lebih rendah. Hal ini dikarenakan tampilannya didominasi warna gelap, sehingga nggak menguras banyak daya baterai pada smartphone. Well, siapa sih sekarang yang nggak pengen gadget-nya lebih hemat baterai?

Selain itu, panel AMOLED juga nggak membutuhkan backlight untuk menampilkan warna atau gambar meskipun dengan tingkat yang tajam sekalipun. Hal ini berbanding terbalik dengan penggunaan backlighting pada LED dan LCD display – pastinya bakal menguras daya baterai untuk menopang kinerja dari display lebih banyak!

Struktur dan Desain yang Tipis

AMOLED

Credit image – iDrop News

Selain performa, sepertinya desain yang lebih tipis dari juga jadi hal yang banyak dipertimbangkan sebelum membeli gadget baru. Apakah lo prefer desain yang tipis dengan layar kecil, tebal dengan layar besar, atau tipis dengan layar besar?

Kalau lo lebih memilih desain yang tipis, gadget dengan layar AMOLED adalah jawaban yang tepat!

Karena AMOLED punyai layer plastik organik dengan ketebalan sekitar 100 hingga 500 nanometer. Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh smartphone dengan layar AMOLED adalah memiliki fleksibilitas dalam memancarkan cahaya daripada layer yang terdapat pada layar LCD. Karena struktur ramping dan desain yang tipis ini, body ponsel dengan gadget AMOLED pasti akan terlihat lebih ramping, bro.

Lebih Responsif

Semakin berkembangnya teknologi pasti lo pengennya punya gadget yang paling up-to-date dan bisa bertahan lama hingga beberapa tahun ke depan. Ya itung-itung gadget jadi investasi kebutuhan yang bisa lo pake jangka panjang – iya nggak, bro?

Dengan teknologi canggih dan terbaru yang dimiliki sama layar AMOLED, gadget yang lo punya akan lebih responsif dan tetap bisa digunakan selama beberapa tahun ke depan. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan bagi produsen smartphone lebih memilih menggunakan layar AMOLED pada smartphone terbarunya.

Setelah membaca kecanggihan dari layar AMOLED ini, rasanya udah nggak ragu lagi kan kalau mau beli gadget yang pake layar ini? Udah canggih, tahan lama pula!

 

Feature image – Tize Music