Home Techno Pengalaman Menginap di Hotel Bakal Berbeda Berkat Teknologi
Pengalaman Menginap di Hotel Bakal Berbeda Berkat Teknologi

Pengalaman Menginap di Hotel Bakal Berbeda Berkat Teknologi

Wednesday, January 9, 2019 - 16:34
Bagikan
Facebook Twitter Email

Perkembangan ilmu dan teknologi kian pesat nggak terkecuali di sektor perhotelan. Kalau biasanya lo menginap di hotel dengan suasana yang itu-itu saja, di tahun 2019 ini beberapa hotel di dunia bakal menerapkan teknologi tercanggih yang dijamin mampu meningkatkan pengalaman bermalam bagi setiap tamu yang datang. Kira-kira teknologi apa saja yang bakal mewarnai industri perhotelan di dunia?

 

Kunci pintu menggunakan smartphone

Kunci pintu menggunakan smartphone

Urbaners, tahun 2019 ini lo bakal menemukan banyak perubahan teknologi yang digunakan oleh pihak pengelola hotel di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Salah satu yang paling dasar adalah berubahnya kunci pintu kamar yang semula menggunakan kunci konvensional atau kartu elektronik menjadi data pada smartphone. Penggunaan kunci pintu dengan smartphone ini kabarnya memanfaatkan teknologi NFC yang mampu memindai barcode.

 

Staf robotik

Teknologi yang diduga bakal paling banyak digunakan adalah pemanfaatan staf robotik yang dilengkapi dengan fitur pengenalan wajah, speaker, pemberitahuan otomatis serta layanan kamar melalui perintah suara. Kabarnya hotel dengan staf robotik ini tengah didirikan oleh raksasa e-commerce, Alibaba, di wilayah Hangzhou, Tiongkok. Hotel dengan staf robotik ini diklaim punya biaya operasional lebih efisien dan relatif sama dengan hotel yang dikelola manusia.

 

Peluncuran aplikasi mobile

Peluncuran aplikasi mobile

Nggak cukup hanya dengan memiliki situs website resmi, setiap hotel modern di tahun 2019 juga diharapkan memiliki aplikasi mobile. Aplikasi ini nantinya bakal mencakup seluruh aspek yang dibutuhkan oleh tamu yang akan menginap. Mulai dari transaksi pembayaran, check in dan check out, layanan kamar, hingga program loyalitas lainnya yang tersedia. Dengan begitu tamu yang menginap di hotel lebih mudah mendapatkan kenyamanan dan privasi.

 

Pemanfaatan ALICE

Pemanfaatan teknologi ALICE mulai banyak digunakan di sektor perhotelan Amerika Serikat. Melalui ALICE setiap staf hotel bisa berkomunikasi dengan mudah baik ke sesama staf, atasan, hingga seluruh tamu yang menginap di hotel. Jadi, layanan kamar bisa dilakukan lebih cepat dan tepat berkat pemanfaatan platform yang satu ini. Beberapa hotel di Amerika Serikat, seperti Dream Hotels, Viceroy, Yotel, Las Vegas Plaxa Hotel & Casino sudah menggunakan ALICE ini.

 

Urbaners, kalau Indonesia sudah menerapkan teknologi hotel tercanggih pastinya kenyamanan tamu lebih bisa ditingkatkan. Jadi, di antara semua teknologi tadi, mana yang menurut lo paling menarik untuk dicoba?

 

 

Source: msn.com , kompas.com