• Techno
  • Samsung Galaxy S10 Akan Hadir Bulan Februari

Samsung Galaxy S10 Akan Hadir Bulan Februari

Mon, 14 January 2019
Samsung Galaxy S10 Akan Hadir Bulan Februari

Setelah terus ditunda-tunda, akhirnya Samsung resmi mengumumkan tanggal rilis seri Galaxy S terbarunya, Samsung Galaxy S10. Rilis smartphone terbuka ini dimasukkan dalam agenda event Unpacked yang memang rutin digelar buat ngenalin produk-produk baru keluaran Samsung. Penasaran bakal seperti apa detailnya? Lo bisa cari tahu contekannya di sini!

 

Rilis bulan Februari

Rilis bulan Februari

Samsung sudah mengumumkan bahwa event Unpacked terbaru mereka bakal digelar tanggal 20 Februari 2019 nanti di Bill Graham Civic Auditorium, San Francisco. Agenda yang ditunggu-tunggu nggak lain adalah rilis resmi Samsung Galaxy S10.

Meskipun ada beberapa inovasi teknologi lainnya yang bakal dikenalkan raksasa elektronik Korea ini, Galaxy S10 masih mencuri spotlight utama. Lewat beberapa preview, inovasi teknologi yang ditawarkan Samsung lewat perangkat ini memang bikin penasaran. Lebih-lebih sama teknologi foldable screen yang bisa bikin layar S10 terlipat!

 

Tahun spesial buat Samsung Galaxy

Tahun spesial buat Samsung Galaxy

Pemilihan tahun rilis S10 bukannya tanpa sebab. Tahun 2019 dipilih Samsung buat rilis smartphone terbaru dari lini Galaxy buat menandai 10 tahun perjalanannya. Seri Galaxy memang pertama kali dikenalkan pada publik di tahun 2009 lalu dan langsung dianggap jadi pelopor smartphone berbasis Android.

Jadi bisa dibilang tahun ini memang waktu yang tepat buat rilis Samsung Galaxy S10. Kalau dirunut, perkembangan seri unggulan Samsung ini selalu menjanjikan. Alasannya nggak lain adalah karena ada beragam jenis inovasi yang ditawarkan tiap rilisan terbarunya, Walau S9 kemarin sempat bikin publik kecewa.

 

Bocoran spesifikasi S10

Nah ini dia bagian yang lo tunggu-tunggu, soal spesifikasi Samsung Galaxy S10. Dari penampilan luarnya, S10 kelihatan lebih tipis dan ramping dibanding pendahulunya, Smartphone terbaru Samsung ini juga menawarkan inovasi teknologi triple rear camera. Semuanya bahkan punya resolusi tinggi.

Buat sistemnya, S10 dibekali Snapdragon 885. Teknologi ini bakal lebih efisien kalau dibandingkan sama kebanyakan smartphone  yang rilis tahun 2018 lalu. Dijamin performanya bakal lebih mantap Urbaners. Gimana harganya? S10 punya tiga tipe berbeda, jadi bisa dipastikan bakal ada tiga harga yang berbeda juga. Let’s wait and see!

 

 

Source: The Verge

Pakai Fitur Auto-Delete dari Google untuk Jaga Privasi Saat Berinternet

Tue, 21 July 2020
Seseorang membuka laman Google di smartphone

Saat lo surfing di internet, sudah wajib hukumnya untuk menjaga keamanan data pribadi. Untuk membantu lo memastikan privasi dan data pribadi aman, Google hadirkan fitur auto-delete. Fitur ini memberikan lo opsi untuk merekam atau tidak jejak aktivitas berinternet, termasuk riwayat lokasi di mana lo berinternet.

Dengan fitur auto-delete Google, lo bisa memilih sendiri berapa lama lo akan menyimpan data aktivitas internet lo. Pilihannya mulai dari rentang waktu 3 hingga 18 bulan. Kalau data lo lebih dari masa waktu simpan tadi, Google bakal otomatis menghapus data aktivitas internet lo.

 

Dihapus dari Server

Seseorang membuka laman Google di smartphone dan laptop 

Buat lo yang bertanya-tanya apakah menghapus data aktivitas internet bisa mengamankan data pribadi lo? Jawabannya, iya! Kebijakan privasi Google semakin diperketat dengan adanya fitur ini. Jadi saat lo menghapus data lo, sebagian data di server Google akan terhapus, dan sebagian data lagi hanya tersimpan dalam bentuk anonim.

Data yang akan terhapus adalah data-data dari aktivitas internet lo, sementara data yang tersimpan ini terkait data olahan, seperti data yang menunjukkan traffic site suatu website di satu negara yang kebetulan website itu juga lo kunjungi.

Google juga bakal menyimpan data dalam bentuk anonim tentang seberapa sering lo menghabiskan waktu berinternet dan menggunakan Google. Tapi tenang aja, Google nggak akan menyimpan informasi apa yang lo googling saat lo hapus dengan fitur auto delete.

 

Penggunaan di Desktop

Seseorang membuka laman Google di laptop 

Selain bersifat otomatis dihapus berdasarkan rentang waktu, penghapusan data aktivitas internet juga bisa dilakukan secara manual. Caranya cukup dengan membuka akun Google lo, lalu masuk ke menu Data & Personalization di bagian kiri atas. Setelah itu, pilih menu Activity and Timeline, lalu buka sub menu My Activity. Ketuk tiga titik di bagian kanan, kemudian pilih Delete Activity by.

Lo bisa atur sampai sejauh mana aktivitas berinternet yang mau lo hapus. Sesaat sebelum benar-benar dihapus, lo akan kembali diminta konfirmasi apakah sudah yakin akan menghapus riwayat aktivitas berinternet lo. Kalau sudah yakin, lo tinggal confirm dengan klik Delete dan semua data aktivitas lo bakal terhapus.

 

Fitur Auto Delete di Android dan iOS

Tampilan setting auto delete Google di smartphone

Cara menggunakan fitur auto delete Google bisa di smartphone Android atau iOS nggak begitu berbeda. Bagi pengguna Android, lo bisa masuk ke akun Google lo dan mengikuti langkah yang sama persis dengan yang dijelaskan pada poin sebelumnya.

Sementara untuk pengguna iOS, baik itu di iPhone atau di iPad, lo bisa masuk dari setelan akun di Gmail lalu pilih Manage Your Google Account. Kalau lo nggak punya Gmail, lo bisa set fitur ini dengan masuk ke laman Google dan terapkan langkah-langkah yang sama dengan penerapan di desktop tadi.

 

 

 

Sources: TirtoID, CNN Indonesia, Teknologi.id