Sering Dianggap Sama, Ini Deretan Hal Yang Membedakan Motion Graphic Dan Animasi! - MLDSPOT
  • Techno
  • Sering Dianggap Sama, Ini Deretan Hal Yang Membedakan Motion Graphic Dan Animasi!

Sering Dianggap Sama, Ini Deretan Hal Yang Membedakan Motion Graphic Dan Animasi!

Tue, 05 January 2021
Sering dianggap sama, ini bedanya motion graphic dengan animasi!

Sekarang orang yang punya hobi gambar nggak melulu gambar di atas kertas dan kanvas – thanks to technology, sekarang lo bisa menggambar lo di media digital dengan segala kemudahan yang ada, bro!

Dengan kemudahan ini banyak yang mungkin tadinya nggak bisa gambar, tapi justru jadi aktif untuk menggambar secara visual. Bahkan sekarang orang yang bekerja sebagai buruh visual mungkin udah dimana-mana – atau mungkin lo salah satunya, bro?

Ada dua jenis gambar visual yang seringkali disamakan namun ternyata berbeda jauh – yaitu Motion Graphic dengan animasi. Mungkin sebagai kaum awam lo melihat kedua hal ini sama aja, tapi ternyata mereka berbeda dan punya keunikan masing-masing, bro!

Sebenarnya apa sih yang membuat dua hal yang serupa tapi tak sama ini sering disalah artikan? Mendingan langsung kulik bareng aja bro di artikel ini, lets go!

Bukan Sama, Tapi Saudara!

Sering dianggap sama, ini bedanya motion graphic dengan animasi!

Credit image - reviewgeek

Secara definisi, sebenarnya kedua hal ini saling bersinggungan – yaitu gambar yang bergerak. Animasi awalnya diciptakan di awal tahun 1900’an yang cukup dengan gambar manual. Masih sederhana banget, bro. Tapi seiring waktu berjalan, animasi semakin berkembang dan dapat dikembangkan dengan teknik CGI.

Setelah teknologi berkembang, semakin sedikit orang yang menggambar diatas kertas dan kanvas – maka terciptalah motion graphic sebagai penggabungan antara desain grafis dengan animasi. Jadi sebenarnya, motion graphic sama animasi itu memiliki kesamaan sebagai gambar yang dijadikan bergerak, bro, hanya saja tekniknya yang beda.

Mengenal Lagi Dari Prosesnya

Meskipun sama-sama bergerak, tujuan dari motion graphic dan animasi juga ternyata berbeda, bro. Animasi umumnya seperti yang kita tau – dibuat dalam bentuk video, film, serta alur cerita yang jelas, sehingga memakan waktu yang cukup panjang untuk produksi.

Berbeda dari animasi, motion graphic lebih simpel dalam pembuatannya – dengan tujuan edukasi dan estetika, motion graphic hanya dibuat sekedar kebutuhannya aja. Nggak harus ada alur, tokoh, voice over, dan lain-lainnya.

Memiliki Fokus Konten Yang Berbeda

Sering dianggap sama, ini bedanya motion graphic dengan animasi!

Credit image – storyblocks

Ternyata nggak cuma dari proses dan jenisnya aja, bro, ternyata motion graphic dan animasi juga berbeda dari isi kontennya. Mungkin lo bisa mulai paham dari proses pembuatan kedua jenis visual ini, kalau jenis kontennya pun udah beda.

Dalam dunia marketing, animasi cenderung lebih digunakan untuk tujuan B2C atau business to consumer – dengan pendekatan ini, konsumen merasa lebih dekat dan tersentuh secara psikologis untuk membeli produk yang di pasarkan.

Berbeda dengan animasi, motion graphic memiliki tujuan B2B atau business to business – dengan video yang kreatif dan menarik, motion graphic cocok sebagai video yang merepresentasikan sebuah bisnis untuk menarik investor.

Setelah membaca seluruh perbedaan antara motion graphic dan animasi, lo jadi paham kan bedanya kedua visual ini? Sebagai kaum yang suka menggambar secara digital, lo lebih suka produksi yang mana nih, bro?

 

Feature image - xblarcade

Jadi Syarat Utama HP Baru, Ini Alasan Layar Amoled Lebih Baik

Sun, 14 February 2021
AMOLED

Teknologi berkembang sangat cepat. Kalau pribahasa orang barat sana, in a blink of an eye- deh perkembangannya!

Salah satu perkembangan teknologi yang kita rasakan sendiri adalah di dunia gadget  Dalam beberapa tahun terakhir, para produsen smartphone mengusung teknologi unggulan dengan AMOLED display alias Active Matrix Organic Light Emitting Diode,  teknologi terbaru pengembangan dari OLED display ini hampir digunakan di seluruh gadget terkini – seperti smartphone, tablet, kamera digital, sampai smartwatch.

AMOLED ini teknologi yang tergolong lebih baru ketimbang IPS LCD. Dari pada ngebanding-bandingin, lebih lo ketahui dulu deh – apa aja keunggulan lain yang dimiliki sama layar AMOLED ini?  Simak ulasannya di bawah ini, bro!

Gambarnya Jernih, Bro!

AMOLED

Credit image - ABC

Zaman sekarang kalo mau nonton sesuatu lewat gadget pasti mencari kualitas yang tinggi – karena rasanya males banget nggak sih, bikin nggak nyaman!

Nah selain resolusi dari sebuah gambar, kualitas layar gadget lo juga harus bagus dong? Dan AMOLED adalah jawabannya!

Kelebihan pertama yang dimiliki oleh smartphone dengan layar AMOLED yaitu mampu menghasilkan gambar dengan warna yang lebih indah dan tajam. Khususnya, pada warna hitam yang memiliki gelap sempurna. Namun, di luar itu lo tetap bisa melihat penampilan layar yang bagus walau di lihat dari 180 derajat.

Kalau lo pengguna setia dark mode, gadget dengan layar ini pasti jadi andalan lo deh!

Lebih Hemat Baterai

Berbeda dengan LED dan LCD display – AMOLED display memiliki daya konsumsi baterai yang lebih rendah. Hal ini dikarenakan tampilannya didominasi warna gelap, sehingga nggak menguras banyak daya baterai pada smartphone. Well, siapa sih sekarang yang nggak pengen gadget-nya lebih hemat baterai?

Selain itu, panel AMOLED juga nggak membutuhkan backlight untuk menampilkan warna atau gambar meskipun dengan tingkat yang tajam sekalipun. Hal ini berbanding terbalik dengan penggunaan backlighting pada LED dan LCD display – pastinya bakal menguras daya baterai untuk menopang kinerja dari display lebih banyak!

Struktur dan Desain yang Tipis

AMOLED

Credit image – iDrop News

Selain performa, sepertinya desain yang lebih tipis dari juga jadi hal yang banyak dipertimbangkan sebelum membeli gadget baru. Apakah lo prefer desain yang tipis dengan layar kecil, tebal dengan layar besar, atau tipis dengan layar besar?

Kalau lo lebih memilih desain yang tipis, gadget dengan layar AMOLED adalah jawaban yang tepat!

Karena AMOLED punyai layer plastik organik dengan ketebalan sekitar 100 hingga 500 nanometer. Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh smartphone dengan layar AMOLED adalah memiliki fleksibilitas dalam memancarkan cahaya daripada layer yang terdapat pada layar LCD. Karena struktur ramping dan desain yang tipis ini, body ponsel dengan gadget AMOLED pasti akan terlihat lebih ramping, bro.

Lebih Responsif

Semakin berkembangnya teknologi pasti lo pengennya punya gadget yang paling up-to-date dan bisa bertahan lama hingga beberapa tahun ke depan. Ya itung-itung gadget jadi investasi kebutuhan yang bisa lo pake jangka panjang – iya nggak, bro?

Dengan teknologi canggih dan terbaru yang dimiliki sama layar AMOLED, gadget yang lo punya akan lebih responsif dan tetap bisa digunakan selama beberapa tahun ke depan. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan bagi produsen smartphone lebih memilih menggunakan layar AMOLED pada smartphone terbarunya.

Setelah membaca kecanggihan dari layar AMOLED ini, rasanya udah nggak ragu lagi kan kalau mau beli gadget yang pake layar ini? Udah canggih, tahan lama pula!

 

Feature image – Tize Music