Home Techno Tiongkok Perkenalkan Drone yang Bisa Memantau Seluruh Kota
Tiongkok Perkenalkan Drone yang Bisa Memantau Seluruh Kota

Tiongkok Perkenalkan Drone yang Bisa Memantau Seluruh Kota

Tuesday, August 7, 2018 - 15:34
Bagikan
Facebook Twitter Email

Bayangkan lo sedang bersantai di halaman rumah, kemudian di langit-langit ada segerombolan burung lewat. Tetapi ternyata di antara burung-burung tersebut ada sebuah drone yang sedang mengintai lo. Yap, ini bukan main-main, Urbaners. Menurut laporan dari South China Morning Post, ternyata dalam beberapa tahun terakhir proyek drone ini sudah dicoba di 5 provinsi di Tiongkok, lho.

 

Demi alasan keamanan

Masih dilansir dari South China Morning Post, pemerintah Tiongkok ternyata meluncurkan proyek drone ini untuk alasan keamanan. Menjadi salah satu negara terluas di dunia, Tiongkok tentu nggak bisa memantau seluruh wilayahnya. Khususnya di sebelah barat, yang menjadi perbatasan beberapa negara separatis. Apalagi hampir semua pusat keramaian di Tiongkok berada di kawasan timur, jadi bisa dibilang sebelah barat Tiongkok sangat minim pemantauan.

Pemerintah Tiongkok menyebutkan banyak sekali imigran gelap yang bebas masuk ke wilayah Tiongkok dalam beberapa tahun terakhir. Jadi, proyek drone yang dinamakan Dove ini bakal jadi penghalang utama para imigran gelap yang ingin masuk ke Tiongkok.

 

Drone hanya sebuah tindakan kecil

Dove ini dikembangkan oleh Song Bifeng, seorang profesor dari Northwester Polytechnical University di Xian. Song Bifeng ini sudah mengembangkan drone berbentuk burung bertahun-tahun yang lalu. Bahkan Song Bifeng mendapatkan penghargaan dari People Liberation Army, sebutan angkatan darat dari Tiongkok. Selain bekerja sama dengan kampus-kampus, pemerintah Tiongkok juga akan bekerja sama dengan pihak swasta untuk membuat drone sebanyak-banyaknya.

Walaupun terlihat menyeramkan, drone milik Tiongkok ini sebenarnya nggak terlalu menakutkan. Baterai yang ada di dalam drone hanya bisa bertahan beberapa jam dan daya tahannya juga masih dalam tahap pengembangan. Ketika dimintai keterangan, pemerintah Tiongkok juga menyatakan masyarakat nggak perlu khawatir karena drone ini hanya akan diuji coba di kawasan yang berbahaya dengan jangkauan yang sangat kecil.

Sekarang lo nggak hanya melihat fungsi drone untuk mencari manusia di film-film, tetapi akan diterapkan juga di kehidupan nyata. Gimana menurut lo jika seandainya proyek ini juga diterapkan di Indonesia, Urbaners?

 

Source: cnet.com