• Techno
  • Titan V, GPU dari Nvidia yang Paling Cepat dalam Sejarah Komputer

Titan V, GPU dari Nvidia yang Paling Cepat dalam Sejarah Komputer

Mon, 18 December 2017
titan v, GPU Nvidia, GPU Tercepat

Bagi orang yang awam soal komputer, graphics processing unit (GPU) adalah “rumah” dari graphic card (VGA). Semakin bagus VGA yang lo punya, GPU harus mengimbangi. Nah, salah satu produsen GPU terkenal, Nvidia, baru saja mengeluarkan GPU tercepat yang dinamakan Titan V. Kalau lo penasaran seberapa cepat GPU Titan V ini, simak penjelasan berikut.

Titan V Bukan untuk Gaming

nvidia volta

Saat peluncuran pada awal Desember 2017 kemarin, CEO Nvidia Jen-Hsun Huang mengatakan bahwa GPU Titan V adalah yang tercepat untuk produk konsumen. Namun, Huang menjelaskan bahwa sebenarnya Titan V bukan digunakan untuk gaming. Prosesor yang digunakan lebih cocok untuk proses-proses high performance, seperti AI dan machine learning.

Spesifikasi dari Titan V antara lain 110 teraflop, 21.1 miliar transistor, memory 12GB HBM2, 5120 CUDA Cores, dan 640 Tensor Cores. Intinya, Titan V sembilan kali lebih cepat daripada versi sebelumnya, yaitu Titan Xp.

 

Cocok untuk Ilmuwan

nvidia volta

Nvidia tentu enggak akan membuat sebuah produk yang enggak ada pasarnya. Menurut Huang, Titan V akan dipasarkan secara khusus kepada para ilmuwan yang berfokus kepada artificial intelligence dan machine learning di perusahaan-perusahaan maupun kampus-kampus. Dengan harga mencapai 2 ribu dolar atau sekitar 25 juta rupiah, tentu bukan harga yang murah untuk sebuah GPU. Nantinya, Nvidia akan bekerja sama dengan beberapa ilmuwan yang ada di seluruh dunia.

Pada Oktober 2017, Amazon Web Service mengatakan bahwa server-nya menggunakan graphic card Tesla V100s untuk menjalankan teknologi terbarunya. Nah, dengan hadirnya Titan V ini, para pengguna Tesla V100s enggak perlu pusing-pusing mengonfigurasi karena Titan V sudah langsung cocok dengan Tesla V100s. Bagaimana, sudah ingin berganti GPU?

 

Source: techreport.com

Baru Rilis, 4 Smartphone dari Samsung Ini Bisa Buat Lo Pengen

Monday, February 17, 2020 - 15:12
Terdapat tiga smartphone baru dari Samsung dengan ukuran layar yang berbeda

Samsung telah menjadi salah satu brand smartphone yang paling populer saat ini. Setiap tahunnya mereka pasti akan merilis smartphone canggih dengan desain yang kekinian dan keren. Di awal tahun 2020 ini mereka juga telah merilis sejumlah smartphone yang keren. Berikut ini ulasan singkat mengenai smartphone rilisan terbaru dari Samsung yang harus lo ketahui.

Samsung Galaxy A71

Smartphone dari Samsung dengan seri A selalu ditunggu-tunggu oleh banyak penggemar gadget. Smartphone seri A terbaru yang baru dirilis oleh Samsung adalah A71. Target dari smartphone ini adalah para generasi milenial yang gemar mengambil foto dan update di media sosial. Itulah mengapa smartphone ini dibekali dengan 4 kamera canggih. Kamera utama di bagian belakang pada smartphone ini memiliki resolusi hingga 64 MP. Kemudian 3 kamera lainnya memiliki resolusi hingga 12 MP, 5 MP, dan 5 MP. Sedangkan pada kamera depannya memiliki resolusi hingga 32 MP.

Samsung Galaxy S20

https://cdn.vox-cdn.com/thumbor/CufFyONHelVrgdlDDUKPUxqLxzg=/0x0:2040x1360/1320x0/filters:focal(0x0:2040x1360):format(webp):no_upscale()/cdn.vox-cdn.com/uploads/chorus_asset/file/19710520/vpavic_200206_3899_still_0001.jpg

Smartphone yang paling baru dirilis oleh Samsung si awal bulan Februari ini adalah Galaxy S20 dan S20+. Kedua smartphone ini memiliki desain yang sangat elegan dan tentunya memiliki teknologi yang super canggih. Samsung Galaxy S20 memiliki ukuran yang cukup mirip dengan Galaxy S10 yang sudah dirilis terlebih dahulu. Galaxy S20 telah dibekali dengan chipset Snapdragon 865 atau Exynos 990. Kamera belakang dari smartphone ini memiliki 3 resolusi berbeda yaitu 64 MP, 12 MP, dan 12 MP. Sedangkan kamera depannya beresolusi 10 MP. Kapasitas RAM dari S20 tersedia dua macam yaitu 8 GB dan 12 GB. Sedangkan untuk kapasitas ROM hanya ada satu pilihan sebesar 128 GB.

Samsung Galaxy S20+

Seorang pria dengan baju kotak-kotak biru memegang smartphone baru Samsung S20+ yang memiliki wallpaper berwarna biru

S20+ memiliki sejumlah fitur yang lebih canggih jika dibandingkan dengan Galaxy S20. Memiliki ukuran 6,7 inchi dengan layar Synamic AMOLED, smartphone ini terlihat sangat anggun dan mewah. Salah satu kelebihan dari S20+ yaitu kamera telefotonya yang diklaim bisa melakukan 3x hybrid zoom dan 30x Super Resolution Zoom pada kamera 64 MP-nya. Kemudian ada kamera lain dengan resolusi 12 MP untuk ultra-wide dan 12 MP untuk wide. Samsung S20+ telah dibekali dengan kapasitas RAM 8 GB dan 12 GB. Sedangkan untuk penyimpanan internalnya sebesar 128 GB dan 512 GB.

Samsung Galaxy Z Flip

Terdapat tangan yang memegang smartphone Galaxy Z Flip yang hampir terlipat dengan layar yang menunjukkan gambar bunga berwarna biru

Samsung Galaxy Z Flip merupakan smartphone layar lipat terbaru dari Samsung. Sebelumnya brand asal Korea Selatan ini memang sudah pernah merilis smartphone dengan desain layar lipat yang disebut dengan Galaxy Fold. Pada Samsung Galaxy Z Flip rupanya telah dibekali dengan layar infinity-O dengan ukuran 6,7 inchi. Smartphone ini juga memiliki tiga kamera dengan resolusi 10 MP untuk kamera selfie dan dua kamera 12 MP di bagian belakangnya. Chipset pada Galaxy Z Flip sudah menggunakan Snapdragon 855 Plus dengan RAM sebesar 8 GB. Sedangkan untuk memori internal sudah disediakan dengan kapasitas hingga 256 GB.

Itulah 4 smartphone yang baru dirilis oleh Samsung di awal tahun 2020 ini. Tertarik yang mana,  Urbaners?

 

Sources: theverge.com, kompas.com, cnnindonesia.com