Home Traveling Liburan Eksklusif di Pulau Moyo

Liburan Eksklusif di Pulau Moyo

Monday, December 15, 2014 - 05:13
Bagikan
Facebook Twitter Email

Nggak diragukan lagi, Indonesia memang sudah memiliki jaminan “eksotisme” yang terkenal di dunia. Kali ini, Pulau Moyo yang menjadi destinasi liburan ala artis Hollywood. Pulau Moyo berada di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Pulau Moyo memiliki banyak ragam hewan. Ratusan jenis kupu-kupu, 21 jenis kelelawar, burung, babi liar, rusa, dan ular. Masih sangat murni dan terjaga kelestariannya.

Selain mengagumi pesona faunanya, ternyata banyak juga yang bisa dilakukan di pulau ini. Lo dapat bermain air sambil menikmati keindahan air terjun Brang Rea yang terletak di tengah Pulau Moyo. Untuk menuju air terjun ini, lo dapat melakukan trekking selama sekitar dua jam, dari Desa Labuan Haji. Disamping air terjun Brang Rea, masih terdapat air terjun Berundak bernama Mata Jitu. Nggak hanya air terjun, ada juga sebuah Gua Air Manis yang dicapai dengan memanjat tebing. Bukan sekedar gua, namun Gua Air Manis merupakan tempat bersarangnya kelelawar.

Belum puas dengan alamnya, Pulau Moyo juga menawarkan kejernihan air lautnya. Snorkling nggak boleh dilewatkan begitu saja. Di taman laut pulau ini, ada sponge, crustacea, anemon, pelagik, belut, groupers, manta, bahkan ikan terbang. Hiu kecil juga sering terlihat berenang di sekitar Pantai Ai Manis.

Kalau mau menjelajah di Pulau Moyo, satu malam jelas nggak cukup. Masih ada Pulau Medang yang terletak di Barat Laut Pulau Moyo. Pulau Medang sendiri disebut-sebut sebagai salah satu spot diving yang paling baik. Atau bisa juga mengunjungi Pulau Satonda yang berasa di sebelah Timur Pulau Moyo. Pulau Satonda memiliki “keajaiban” yang nggak boleh lo lewatkan, yaitu danau air asin di tengah pulaunya.

Pulau Moyo sangat terkenal dengan ke-ekslusifan-nya. Pulau ini masih sepi, hening, alami, jernih. Hanya ada satu resort yg mengelola pulau ini. Oleh karena itu lah, ada beberapa tokoh Hollywood yang sengaja datang untuk menjauhi keramaian. Putri Diana pada pertengahan Agustus 1993 mengunjungi Pulau Moyo. Selama tiga hari Putri Diana tinggal di pulau eksotis yang tenang dan jauh dari kebisingan serta keramaian itu. Artis Hollywood lain, termasuk musisi Mick Jagger, serta mantan kiper nasional Belanda dan mantan kiper Manchester United, Edwin van der Sar pun pernah datang ke pulau ini.