Home Traveling Enjoy the Warm Christmas in South East Asia

Enjoy the Warm Christmas in South East Asia

Wednesday, December 24, 2014 - 22:28
Bagikan
Facebook Twitter Email

Natal biasanya identik dengan salju dan musim dingin. Sering terbayang sinterklas dengan kereta luncurnya terbang diatas hamparan salju untuk mengantarkan hadiah-hadiah natal nan indah. Tapi bagaimana dengan kita yang tinggal di asia tenggara yang ada disekitar khatulistiwa? Negara-negara beriklim tropis yang selalu disinari matahari ini ternyata juga punya hal-hal menyenangkan untuk merayakan natal, It’s a warm Christmas in South East Asia!

Dibanyak negara asia tenggara, perayaan natal tidak kalah serunya dengan Negara-negara yang mempunyai 4 musim. Contohnya di Singapura, Selain banyak diskon di pusat-pusat perbelanjaan terkenal, parade dan konser bertema natal juga sering diselenggarakan di tempat yang populer di kalangan warga lokal ataupun wisatawan. Untuk menghadirkan suasana Natal, lampu-lampu kecil yang berkerlap-kerlip cantik dipasang di tempat wisata populer di Singapura seperti Orchard Road dan Marina Bay. Lampu tersebut dipasang memanjang di atas jalan atau di sekeliling pohon-pohon di pinggir jalan sehingga tampak menyerupai pohon Natal.

Begitu juga di Indonesia, meskipun bulan Desember dikenal sebagai bulan yang banyak hujan, Indonesia juga punya tempat yang istimewa untuk merayakan sekaligus menghabiskan liburan natal lo. Salah satu tempat yang bisa lo pilih adalah di Nusa Lembongan. Daerah di Bali yang belum terlalu banyak dikunjungi turis ini memiliki iklim yang lebih kering dari daerah Bali lainnya. Lo bisa snorkeling dan menyelam di laut yang masih biru.

Selain itu, di Indonesia juga ada beberapa tradisi unik dalam merayakan natal yang bisa dikunjungi sambil tetap merasakan khidmatnya hari natal. Di Kampung Tugu, Jakarta yang dikenal sebagai tempat komunitas warga portugis bermukim, lo bakal nemuin tradisi unik “rabo-rabo” yaitu bermain musik keroncong dan menari bersama sambil keliling kampung untuk mengunjungi sanak keluarga. Acara ini biasanya dilakukan setelah kebaktian di malam natal.

Berbeda dengan di Thailand, di negara gajah putih ini tradisi tahunan natalnya adalah parade gajah-gajah yang mengenakan kostum sinterklas yang membagi hadiah kepada murid-murid sekolah. Kemeriahan dan kehangatan natal juga terasa di negara-negara asia tenggara lainnya melalui dekorasi ataupun atribut bernuansa natal. Finally, we wish you a sunny Christmas urbaners.