Home Traveling 5 Benefits of Traveling Alone

5 Benefits of Traveling Alone

Monday, January 5, 2015 - 17:48
Bagikan
Facebook Twitter Email

Traveling bareng teman, keluarga, atau pasangan memang menyenangkan. Tapi apakah seluruh kesenangan itu nggak bisa lo dapatkan dengan traveling sendirian?

Traveling alone alias solo travel—begitu istilah kerennya—mungkin terkesan kurang asyik bagi lo yang termasuk extrovert. Padahal, siapapun lo, baik itu jomblo, udah punya pacar atau malah udah berkeluarga, pastinya punya momen khusus untuk menyendiri dari pergaulan sehari-hari agar tetap berenergi dalam menyambut keramaian baru.

Entah itu menenangkan diri, mencari privasi, atau sekedar menantang rasa mandiri, traveling sendirian ternyata aksi menyendiri yang mengasyikan dan  punya kelebihan-kelebihan yang nggak bakalan lo temui di traveling secara gerombolan. Apa aja?

1. Bebas dari Koordinasi

Berbeda dengan traveling berkelompok yang mengharuskan lo melakukan koordinasi dan taat pada 'konstitusi' tertentu, dengan solo travel lo bisa membuat rencana sendiri mulai dari waktu, destinasi, hingga perbekalan. Terkadang lo juga harus berbagai sesuatu yang sifatnya pribadi, misalnya sabun, selimut, hingga celana dalam bersih. Upsss!

2. Anti Demokrasi

Hampir sama seperti poin di atas, lo nggak bakalan diribetkan dengan sistem voting jika ingin menuju ke destinasi tertentu. Jadi lo bisa menuju ke destinasi impian lo tanpa harus berunding. Lo juga bisa mencoba berbagai rekreasi ektrem seperti terjun payung tanpa diganggu temen lo yang takut mencobanya dan berusaha mati-matian menggagalkan keinginan lo itu.

3. Lebih Tenang

Dengan solo travel, lo bisa duduk di pinggir pantai dengan tenang sambil melihat matahari terbenam atau duduk sendirian di sebuah pondok sambil menghirup kopi hangat tanpa harus terlibat dalam perbincangan yang nggak penting dengan siapapun. Siapa yang nggak mau sama ketenangan tingkat dewa seperti ini?

4. Bertemu Kenalan Baru

Jika lo adalah orang yang extrovert, solo travel adalah cara terbaik untuk bertemu orang-orang baru, entah itu dari penduduk setempat atau kenalan di perjalanan. Dengan adanya kenalan baru, lo bisa mendapatkan informasi mengenai lokasi-lokasi mana saja yang menarik di luar dari daftar itinenary lo.

5. Bikin Tahan Banting

Solo travel bikin lo harus mengambil pilihan dan menanggung resikonya sendiri. Di sini, lo harus keluar dari zona nyaman lo dan berani memutuskan. Lo juga bakal dihadapkan masalah-masalah nggak terduga, seperti ransel hilang, ketinggalan pesawat, hingga kehabisan uang. Secara sadar atau nggak, lo belajar untuk tahan banting menghadapi tantangan hidup.

Jadi, apakah lo udah siap menjalani solo travel? Mumpung masih muda dan penuh tenaga, sesekali lo harus mencoba sensasi dari kesendirian ini, Urbaners!