Home Traveling Menangkap Matahari di Yogyakarta

Menangkap Matahari di Yogyakarta

Wednesday, March 18, 2015 - 14:53
Bagikan
Facebook Twitter Email

Nggak ada yang mampu mengalahkan keindahan pemandangan saat matahari mulai menyentuh cakrawala. Warna keemasan langit selalu tampak menakjubkan, lebih dari sekedar eksotis. Di Yogyakarta sendiri, tersimpan tujuh spot sempurna untuk melihat moment yang mengagumkan itu:

Puncak Suroloyo

Terletak di Pegunungan Menoreh, Kulon Progo, Puncak Suroloyo menawarkan langit sunrise dengan siluet Gunung Merapi dan Merbabu. Untuk mencapai spot ini, lo harus mendaki hampir 300 anak tangga di saat subuh. Dari gardu pandang tertinggi di 1.019 mdpl, lo juga bisa melihat keagungan Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing, dan Gunung Sindoro, serta Candi Borobudur.

Gunung Merapi

Meski mendapat predikat sebagai “gunung berapi paling aktif di Indonesia”, keindahan sunrise di Gunung Merapi selalu menjadi buruan para petualang. Puncaknya menawarkan panorama yang bisa membayar lunas semua jerih payah lo. Tapi, kalau lo nggak bisa mencapai puncaknya, menikmati sunrise dari Pasar Bubrah pun udah cukup istimewa.

Bukit Parang Endog

Kalau ingin menghabiskan senja di Pantai Parangtritis, sempatkanlah untuk mendaki sedikit ke puncak bukitnya yang bernama Bukit Parang Endog. Dari puncak bukit ini, pemandangan sunset bakal terlihat lebih mempesona. Bukit ini juga biasa dimanfaatkan sebagai tempat olahraga paralayang.

Kalibiru

Di Desa Kalibiru, Kecamatan Kokap, Kulon Progo, terdapat sebuah hutan wisata yang menyimpan kesempurnaan sunset. Menjelang senja, naiklah ke sebuah panggung kecil yang dibangun di atas pohon pinus. Dari ketinggian, lo nggak hanya bisa menikmati moment matahari terbenam, namun juga keasrian Waduk Sermo yang dikelilingi perbukitan.

Candi Ratu Boko

Hanya di tempat ini, lo bisa “membingkai” matahari yang tengah beranjak menuju peraduannya. Candi Ratu Boko memang terkenal akan arsitektur gerbang kompleks candinya yang kokoh. Saat senja, gerbang tersebut menjadi pigura yang sempurna untuk disandingkan dengan sang surya.

Pantai Pok Tunggal


Salah satu moment sunset paling menawan terletak di Pantai Pok Tunggal, Gunung Kidul. Pantai Pok Tunggal menawarkan pemandangan sunset yang lengkap dengan backsound desiran ombak dan kelembutan pasir putih. Jangan lupakan juga kehadiran pohon duras yang semakin mendramatisir keindahan senja ini.

Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba Nglanggeran menjadi alternatif sempurna kalau lo ingin menikmati sunrise dan sunset. Di puncak timur, lo bisa menyaksikan moment matahari terbit, dan sebaliknya, lo bisa menikmati keindahan sunset di puncak barat. Nggak jauh dari kedua puncak itu, terdapat Embung Nglanggeran yang menjadi “cermin” dari cakrawala senja.