• Traveling
  • Perpustakaan yang Wajib Didatangi Pecinta Traveling

Perpustakaan yang Wajib Didatangi Pecinta Traveling

Fri, 27 March 2015

Buat Urbaners yang suka baca buku, pasti perpustakaan menjadi tempat favorit lo. Di tempat yang sarat buku ini, lo bisa bebas membaca secara cuma-cuma. Nah, di antara sekian banyak perpustakaan yang ada di dunia, terdapat lima perpustakaan yang “wajib” lo kunjungi. Keunikan dan keindahan perpustakaan-perpustakaan ini bisa membuat siapa saja tercengang, bahkan bagi seorang book hater sekalipun!

Thomas Fisher Rare Book Library, Toronto

Thomas Fisher Rare Book Library merupakan perpustakaan yang terdapat di University of Toronto, dan dikenal sebagai tempat penyimpanan buku dan naskah langka terbesar di Kanada. Di dalam perpustakaan ini, lo bisa menemukan folio pertama Shakespeare, naskah asli dan buku pertama Margaret Atwood, atau Book of Hours dari abad ke-15. Selain kelengkapan koleksinya, perpustakaan ini pun memiliki desain gedung yang sangat menakjubkan!

Stadtbibliothek Stuttgart, Jerman

Jauh dari kesan kuno, Stadbibliothek Stuttgart tampak putih, bersih, dan “futuristik”. Saat malam, perpustakaan berbentuk kubus ini bakal bersinar dengan dominasi warna biru. Perpustakaan ini juga memiliki satu ruangan yang unik, semacam aula kosong setinggi 14 meter yang hanya diterangi dengan satu jendela di atasnya.

The New York Public Library (NYPL), New York

NYPL telah menjadi penyedia buku, informasi, gagasan, dan pendidikan gratis kepada penduduk New York selama lebih dari 100 tahun. Perpustakaan ini juga memiliki sistem perpustakaan publik terbesar di New York, dengan menggandeng 88 komunitas dan empat pusat penelitian ilmiah. Gedung perpustakaan ini pun kental akan suasana klasik dan megah.

John Rylands Library, Manchester

Dengan tema “late-Victorian neo-Goothic”, gedung John Rylands Library terletak di Deansgate, Manchester, Inggris. Perpustakaan ini dibuka untuk umum sejak tahun 1900, dan didirikan oleh Enriqueta Augustina Rylands untuk mengenang almarhum suaminya, John Rylands. Perpustakaan yang juga dikenal dengan istilah “a cathedral for books” ini menyimpan banyak koleksi langka.

Strahov Library, Prague

Perpustakaan ini bisa membuat lo terus mendongak untuk menikmati pesona langit-langitnya. Gedung ini memiliki empat ruangan utama, yaitu “The Basilica of Our Lady” yang didedikasikan kepada St. Norbert, “The Theological Hall” yang menyimpan berbagai Alkitab, “The Cabinet of Curiosities” yang menjadi tempat penyimpanan koleksi ilmu pengetahuan alam, dan “The Philosophical Hall” yang memiliki puluhan ribu koleksi dari bidang filsafat, astronomi, matematika, sejarah, maupun sastra.

 

 

 

Perpustakaan Keren Lainnya di Toronto
Di Toronto, ada juga Law Library yang terletak di Osgoode Hall. Perpustakaan ini kecil, namun nggak kalah indah dibanding Thomas Fisher Rare Book Library. Sesuai dengan namanya, perpustakaan ini menyediakan berbagai sumber legal dalam bidang hukum.

 

Antara Toko Buku dan Perpustakaan
Tempat bernama “Librairie Avant Garde” di Nanjing, China, merupakan perpaduan antara toko buku dan perpustakaan. Secara teknis, tempat ini merupakan toko buku. Namun, pemilik toko buku ini mengizinkan siapa pun untuk membaca buku berjam-jam di dalamnya.

 

Perpustakaan Unik di Indonesia
Indonesia juga punya perpustakaan dengan desain gedung yang unik. Salah satunya adalah perpustakaan daerah “SOEMAN HS” yang ada di Riau. Menggunakan konsep transformasi arsitektur modern, gedung perpustakaan ini menyerupai buku yang tengah terbuka.

 

Suka Diving? Ini Dia X Wisata Diving Paling Seru di Indonesia

Monday, December 30, 2019 - 18:06
seorang penyelam memotret sekumpulan ikan-ikan

Diving menjadi salah satu jenis olahraga yang cukup banyak diminati saat ini. Kalau lo suka diving dan ingin mencari lokasi diving yang seru di Indonesia, banyak lokasi lo eksplorasi. Tempat-tempat ini tersebar hampir di seluruh perairan Indonesia. Biar lo nggak makin penasaran, simak beberapa spot-nya berikut.

 

Candi Dasa

perairan biru yang jernih di Candi Dasa

Candi Dasa merupakan daerah di Bali yang ada di sebelah timur. Lokasi ini sangat cocok buat lo jadikan tempat untuk diving di Pulau Dewata. Laut di Candi Dasa memiliki daya tarik berupa alam bawah lautnya yang eksotis. Lo bisa dengan mudah menemui hewan laut seperti lion fish, ular laut, dan juga keindahan dinding koral yang megah.

 

Pulau Pramuka

Seorang scuba divers sedang menyelam di Pulau Pramuka

Pulau ini merupakan salah satu dari gugusan pulau yang ada di wilayah Kepulauan Seribu. Di sini ada banyak dive site atau tempat untuk menikmati diving yang bisa lo kunjungi seperti Platform, Sea Garden, Tabularasa Shipwreck, dan juga Jetty. Selain itu, lo juga bisa menemui penyu-penyu cantik di dekat karang. Kalau lo suka sama ikan nemo, bisa juga memberi makan langsung saat diving.

 

Tulamben

ikan-ikan di bawah laut Tulamben

Tulamben berada di Pulau Bali. Bukan hanya terkenal sebagai spot diving yang seru tetapi juga terkenal dengan free diving-nya. Spot diving favorit di Tulamben yaitu Liberty Shipwreck. Lo pun bisa menikmati keseruan diving di Tulamben bersama teman di akhir pekan atau saat liburan di sini. Lokasi Panati Tulamben sendiri ada di daerah Karangasem, Bali. Selain diving lo juga bisa melakukan aktivitas menarik lainnya seperti memancing di sekitar area pantai saat sore hari tiba.

 

Derawan

perairan biru yang jernih di perairan Derawan

Derawan terkenal dengan pulau dan lautnya yang indah dan terhampar luas. Di sini lo bisa diving dengan keindahan lautnya yang menakjubkan. Nggak hanya itu saja, lo juga bisa melihat barracuda di sini. Ada schooling barracuda yang membentuk tornado. Diving di Derawan bisa membuat lo menguji ketangguhan. Ini karena arus di Derawan cukup kencang, sehingga lo nggak cuma harus siap teknik finning saja tetapi juga teknik pernafasan juga harus terlatih. Biar diving lo seru dan nyaman, pastikan lo menguasai teknik bernafas dan mengonsumsi udara dengan baik.

 

Labuan Bajo

kapal bersandar di dermaga Labuan bajo

Di Labuan Bajo terdapat banyak spot diving yang menarik dan seru. Salah satu spot diving terbaik di Labuan Bajo yaitu Manta Point. Waktu terbaik buat diving di Manta Point adalah pagi hari. Arusnya nggak terlalu kencang sehingga lo bisa diving dengan nyaman dan tenang. Tempat ini sangat cocok untuk dijadikan spot diving bagi pemula.

 

Alor

sebuah kapal di atas perairan alor

Laut di wilayah Alor sangat jernih, bahkan lo juga bisa melihat frog fish. Kalau lo lagi beruntung, lo juga bisa ketemu paus, lumba-lumba dan mola-mola. Pemandangan di laut Alor dijamin bikin lo betah diving di sini. Keindahan bawah laut Alor sangat menakjubkan.  

 

Lokasi-lokasi di atas bisa jadi pilihan lo yang lagi mencari lokasi diving yang seru di Indonesia. Dijamin pengalaman diving lo akan jadi pengalaman yang nggak terlupakan.

 

Source  Travel Detik