Home Traveling Perpustakaan yang Wajib Didatangi Pecinta Traveling

Perpustakaan yang Wajib Didatangi Pecinta Traveling

Friday, March 27, 2015 - 17:15
Bagikan
Facebook Twitter Email

Buat Urbaners yang suka baca buku, pasti perpustakaan menjadi tempat favorit lo. Di tempat yang sarat buku ini, lo bisa bebas membaca secara cuma-cuma. Nah, di antara sekian banyak perpustakaan yang ada di dunia, terdapat lima perpustakaan yang “wajib” lo kunjungi. Keunikan dan keindahan perpustakaan-perpustakaan ini bisa membuat siapa saja tercengang, bahkan bagi seorang book hater sekalipun!

Thomas Fisher Rare Book Library, Toronto

Thomas Fisher Rare Book Library merupakan perpustakaan yang terdapat di University of Toronto, dan dikenal sebagai tempat penyimpanan buku dan naskah langka terbesar di Kanada. Di dalam perpustakaan ini, lo bisa menemukan folio pertama Shakespeare, naskah asli dan buku pertama Margaret Atwood, atau Book of Hours dari abad ke-15. Selain kelengkapan koleksinya, perpustakaan ini pun memiliki desain gedung yang sangat menakjubkan!

Stadtbibliothek Stuttgart, Jerman

Jauh dari kesan kuno, Stadbibliothek Stuttgart tampak putih, bersih, dan “futuristik”. Saat malam, perpustakaan berbentuk kubus ini bakal bersinar dengan dominasi warna biru. Perpustakaan ini juga memiliki satu ruangan yang unik, semacam aula kosong setinggi 14 meter yang hanya diterangi dengan satu jendela di atasnya.

The New York Public Library (NYPL), New York

NYPL telah menjadi penyedia buku, informasi, gagasan, dan pendidikan gratis kepada penduduk New York selama lebih dari 100 tahun. Perpustakaan ini juga memiliki sistem perpustakaan publik terbesar di New York, dengan menggandeng 88 komunitas dan empat pusat penelitian ilmiah. Gedung perpustakaan ini pun kental akan suasana klasik dan megah.

John Rylands Library, Manchester

Dengan tema “late-Victorian neo-Goothic”, gedung John Rylands Library terletak di Deansgate, Manchester, Inggris. Perpustakaan ini dibuka untuk umum sejak tahun 1900, dan didirikan oleh Enriqueta Augustina Rylands untuk mengenang almarhum suaminya, John Rylands. Perpustakaan yang juga dikenal dengan istilah “a cathedral for books” ini menyimpan banyak koleksi langka.

Strahov Library, Prague

Perpustakaan ini bisa membuat lo terus mendongak untuk menikmati pesona langit-langitnya. Gedung ini memiliki empat ruangan utama, yaitu “The Basilica of Our Lady” yang didedikasikan kepada St. Norbert, “The Theological Hall” yang menyimpan berbagai Alkitab, “The Cabinet of Curiosities” yang menjadi tempat penyimpanan koleksi ilmu pengetahuan alam, dan “The Philosophical Hall” yang memiliki puluhan ribu koleksi dari bidang filsafat, astronomi, matematika, sejarah, maupun sastra.