Home Traveling Weird Things about Japan

Weird Things about Japan

Thursday, April 2, 2015 - 17:51
Bagikan
Facebook Twitter Email

Jepang, negara dengan segala hal uniknya selalu bisa mencuri perhatian siapa saja. Entah itu teknologi, otomotif, makanan, kebudayaan, sampai kebiasaan sehari-hari masyarakatnya. Sebelum lo traveling ke negeri sakura ini, simak dulu fakta-fakta unik tentang Jepang yang mungkin belum pernah lo ketahui sebelumnya.

1.    Dilarang Gemuk

Di Jepang, memiliki badan gemuk sangat dilarang pemerintah dan jadi hal yang ilegal. Tujuannya sangat simple Urbaners, agar warganya terhindar dari obesitas. Rata-rata pria Jepang memiliki batas lingkar pinggang dengan ukuran kurang dari 80cm dan wanita kurang dari 90cm.

2.    Upacara Peringatan Kematian

Jepang memiliki kebiasaan mengadakan upacara peringatan atas kematian hewan-hewan yang mati saat diuji di laboratorium, seperti tikus yang sering jadi objek penelitian. Respect buat para ilmuwan di Jepang!

 

3.    Tidur di Jam Kerja

Di Jepang karyawan diperbolehkan tidur siang di kantor selama 30 menit karena mereka tidur rata-rata hanya 6 jam 22 menit. Diyakini 30 menit dapat meningkatkan produktivitas mereka. Kementerian kesehatan di Jepang juga sudah merekomendasikan untuk tidur setengah jam di siang atau sore hari. Kalau ini diberlakukan di Indonesia, apa jadinya ya Urbaners?

4.    Happy Monday 

Jepang memutuskan hari “Happy Monday” untuk memindahkan hari libur nasional ke hari Senin, sehingga akhir pekan mereka lebih panjang jadi 3 hari. Jadi, kalau di Jepang hari libur nasional jatuh pada hari sabtu atau minggu maka akan digantikan di hari Senin.

 

5.    Rahasia Semangka Kotak dan Hati

Sebenarnya Indonesia udah ngelakuin budidaya semangka kotak. Tapi Jepang jadi negara pertama, dimulai sejak 30 tahun yang lalu di daerah Zentsuji. Petani semangka di Jepang sengaja membentuk semangka dengan ukuran yang sama supaya bisa dimasukkan ke dalam kardus kado dengan harga jual yang mahal. Mereka membuat cetakan dengan menggunakan cetakan kaca berbentuk kotak.