Home Traveling Damai di Danau Sentani

Damai di Danau Sentani

Tuesday, May 5, 2015 - 13:28
Bagikan
Facebook Twitter Email

Indonesia selalu memiliki keindahan alam yang menawan. Di wilayah Papua bukan hanya Raja Ampat saja, ternyata di tempat ini banyak keindahan alam yang belum terekspos. Salah satunya adalah Danau Sentani di Jayapura. Danau Sentani berada tepat di bawah lereng Pegunungan Cagar Alam Cyclops. Arti kata Sentani sendiri adalah "di sini kami tinggal dengan damai”, nggak heran kalo ada disini lo akan merasakan keheningan dalam damai di tanah Papua.

Danau Sentani merupakan danau terbesar di Papua, lho Urbaners, luas danau ini aja sekitar  9.360 hektar dan berada pada ketinggian 75 mdpl. Kedalaman danau ini makanya bisa menjadi rumah untuk 33 jenis ikan tawar. Sebagiannya ikan yang hidup di Danau Sentani, yaitu ikan pelangi, ikan gabus dan ikan hiu gergaji. Banyaknya ikan tawar menjadi mata pencaharian masyarakat sekitar danau.

Sebelum masyarakat Papua,  dahulu Danau ini sempat menjadi tempat pelatihan untuk pendaratan pesawat amfibi. Landasan ini dibangun sama negeri Jepang, tapi direbut oleh Angkatan Darat AS pada tahun 1944. Legenda perang Amerika, Jenderal McArthur dikatakan pernah tinggal di danau dan di 22 pulau di dalamnya.

Pulau kecil di sekitar Danau Sentani, antara lain Pulau Asei, Pulau Ajau, Pulau Yobeh, Pulau Kensio, Puyoh besar atau Putali, dan Pulau Yonokom.

Kalau Urbaners ingin merasakan damainya Danau Sentani, di sini, lo bisa memancing, bermain ski air, dan juga berenang di tepi danau. Yang pasti lo juga bisa berinteraksi langsung dengan masyarakat sekitar danau dan mengenal lebih dekat budaya yang ada, seperti membuat baju dari kulit kayu, membuat lukisan, memahat ukiran kayu Papua, dan menanam sayuran di tengah danau.

Berbagai hasil kerajinan masyarakat di sini, akan di pamerkan dalam Festival Danau Sentani yang rutin diadakan setiap pertengahan bulan Juni. Dalam festival ini juga akan menampilkan tarian-tarian adat, upacara adat, dan sajian kuliner khas Papua. Uniknya lagi tarian adat dilakukan di atas perahu sambil mengelilingi keindahan Danau Sentani.