Damai di Danau Sentani

Tue, 05 May 2015

Indonesia selalu memiliki keindahan alam yang menawan. Di wilayah Papua bukan hanya Raja Ampat saja, ternyata di tempat ini banyak keindahan alam yang belum terekspos. Salah satunya adalah Danau Sentani di Jayapura. Danau Sentani berada tepat di bawah lereng Pegunungan Cagar Alam Cyclops. Arti kata Sentani sendiri adalah "di sini kami tinggal dengan damai”, nggak heran kalo ada disini lo akan merasakan keheningan dalam damai di tanah Papua.

Danau Sentani merupakan danau terbesar di Papua, lho Urbaners, luas danau ini aja sekitar  9.360 hektar dan berada pada ketinggian 75 mdpl. Kedalaman danau ini makanya bisa menjadi rumah untuk 33 jenis ikan tawar. Sebagiannya ikan yang hidup di Danau Sentani, yaitu ikan pelangi, ikan gabus dan ikan hiu gergaji. Banyaknya ikan tawar menjadi mata pencaharian masyarakat sekitar danau.

Sebelum masyarakat Papua,  dahulu Danau ini sempat menjadi tempat pelatihan untuk pendaratan pesawat amfibi. Landasan ini dibangun sama negeri Jepang, tapi direbut oleh Angkatan Darat AS pada tahun 1944. Legenda perang Amerika, Jenderal McArthur dikatakan pernah tinggal di danau dan di 22 pulau di dalamnya.

Pulau kecil di sekitar Danau Sentani, antara lain Pulau Asei, Pulau Ajau, Pulau Yobeh, Pulau Kensio, Puyoh besar atau Putali, dan Pulau Yonokom.

Kalau Urbaners ingin merasakan damainya Danau Sentani, di sini, lo bisa memancing, bermain ski air, dan juga berenang di tepi danau. Yang pasti lo juga bisa berinteraksi langsung dengan masyarakat sekitar danau dan mengenal lebih dekat budaya yang ada, seperti membuat baju dari kulit kayu, membuat lukisan, memahat ukiran kayu Papua, dan menanam sayuran di tengah danau.

Berbagai hasil kerajinan masyarakat di sini, akan di pamerkan dalam Festival Danau Sentani yang rutin diadakan setiap pertengahan bulan Juni. Dalam festival ini juga akan menampilkan tarian-tarian adat, upacara adat, dan sajian kuliner khas Papua. Uniknya lagi tarian adat dilakukan di atas perahu sambil mengelilingi keindahan Danau Sentani.

 

 

Tari Perang
Tari Perang adalah salah satu nama tarian yang berasal dari Papua Barat. Tarian ini melambangkan kepahlawanan dan kegagahan rakyat Papua. Tarian ini biasanya dibawakan oleh masyarakat pegunungan. Digelar ketika kepala suku memerintahkan untuk berperang, karena tarian ini mampu mengobarkan semangat.

Tangkapan Ikan di Danau Sentani
Luas Danau hingga ribuan hektar menjadi hasil tangkapan ikan di danau ini pertahun mencapai 1.823 ton/tahun. Banyak banget ya, Urbaners?

Sumber Mata Air
Air di Danau Sentani yang tidak kunjung habis, ternyata mendapatkan suplai dari sekitar kurang lebih 34 sumber mata air dari pegunungan Cyclop.

Suka Diving? Ini Dia X Wisata Diving Paling Seru di Indonesia

Monday, December 30, 2019 - 18:06
seorang penyelam memotret sekumpulan ikan-ikan

Diving menjadi salah satu jenis olahraga yang cukup banyak diminati saat ini. Kalau lo suka diving dan ingin mencari lokasi diving yang seru di Indonesia, banyak lokasi lo eksplorasi. Tempat-tempat ini tersebar hampir di seluruh perairan Indonesia. Biar lo nggak makin penasaran, simak beberapa spot-nya berikut.

 

Candi Dasa

perairan biru yang jernih di Candi Dasa

Candi Dasa merupakan daerah di Bali yang ada di sebelah timur. Lokasi ini sangat cocok buat lo jadikan tempat untuk diving di Pulau Dewata. Laut di Candi Dasa memiliki daya tarik berupa alam bawah lautnya yang eksotis. Lo bisa dengan mudah menemui hewan laut seperti lion fish, ular laut, dan juga keindahan dinding koral yang megah.

 

Pulau Pramuka

Seorang scuba divers sedang menyelam di Pulau Pramuka

Pulau ini merupakan salah satu dari gugusan pulau yang ada di wilayah Kepulauan Seribu. Di sini ada banyak dive site atau tempat untuk menikmati diving yang bisa lo kunjungi seperti Platform, Sea Garden, Tabularasa Shipwreck, dan juga Jetty. Selain itu, lo juga bisa menemui penyu-penyu cantik di dekat karang. Kalau lo suka sama ikan nemo, bisa juga memberi makan langsung saat diving.

 

Tulamben

ikan-ikan di bawah laut Tulamben

Tulamben berada di Pulau Bali. Bukan hanya terkenal sebagai spot diving yang seru tetapi juga terkenal dengan free diving-nya. Spot diving favorit di Tulamben yaitu Liberty Shipwreck. Lo pun bisa menikmati keseruan diving di Tulamben bersama teman di akhir pekan atau saat liburan di sini. Lokasi Panati Tulamben sendiri ada di daerah Karangasem, Bali. Selain diving lo juga bisa melakukan aktivitas menarik lainnya seperti memancing di sekitar area pantai saat sore hari tiba.

 

Derawan

perairan biru yang jernih di perairan Derawan

Derawan terkenal dengan pulau dan lautnya yang indah dan terhampar luas. Di sini lo bisa diving dengan keindahan lautnya yang menakjubkan. Nggak hanya itu saja, lo juga bisa melihat barracuda di sini. Ada schooling barracuda yang membentuk tornado. Diving di Derawan bisa membuat lo menguji ketangguhan. Ini karena arus di Derawan cukup kencang, sehingga lo nggak cuma harus siap teknik finning saja tetapi juga teknik pernafasan juga harus terlatih. Biar diving lo seru dan nyaman, pastikan lo menguasai teknik bernafas dan mengonsumsi udara dengan baik.

 

Labuan Bajo

kapal bersandar di dermaga Labuan bajo

Di Labuan Bajo terdapat banyak spot diving yang menarik dan seru. Salah satu spot diving terbaik di Labuan Bajo yaitu Manta Point. Waktu terbaik buat diving di Manta Point adalah pagi hari. Arusnya nggak terlalu kencang sehingga lo bisa diving dengan nyaman dan tenang. Tempat ini sangat cocok untuk dijadikan spot diving bagi pemula.

 

Alor

sebuah kapal di atas perairan alor

Laut di wilayah Alor sangat jernih, bahkan lo juga bisa melihat frog fish. Kalau lo lagi beruntung, lo juga bisa ketemu paus, lumba-lumba dan mola-mola. Pemandangan di laut Alor dijamin bikin lo betah diving di sini. Keindahan bawah laut Alor sangat menakjubkan.  

 

Lokasi-lokasi di atas bisa jadi pilihan lo yang lagi mencari lokasi diving yang seru di Indonesia. Dijamin pengalaman diving lo akan jadi pengalaman yang nggak terlupakan.

 

Source  Travel Detik