Trending
Rabu, 12 Agustus 2015

Patung-Patung Yang Bahagia

  • Share
  • fb-share
Patung-Patung Yang Bahagia

Lo pasti sering banget liat patung terpampang di berbagai tempat, tapi kan biasanya patung – patung yang lo liat tersebut punya ekspresi serius. Nah, patung – patung karya Yue Minjun ini lumayan unik, soalnya mereka memiliki expresi yang bahagia banget, sebagaimana orang – orang yang lagi bermain di taman.

Yue Minjun adalah seorang artist kontemporer yang berasal dari Beijing, Cina. Ia biasa dikenal dengan lukisan – lukisan dirinya yang digambarkan di berbagai setting dengan expresi tertawa. Sekarang, Yue Minjun berhasil membawa keunikan seninya ke Negara Barat, lebih tepatnya ke Motron Park, Vancouver pada 2009 lalu.

A-Maze-ing Laughter terdiri dari adalah 14 patung perunggu besar yang mempunyai pose berbeda – beda tetapi dengan gaya dan expresi wajah yang sama: Nggak pakai baju, dan expresi tertawa histeris. Sebagaimana karya – karya Yue Minjun lainnya, wajah patung – patung ini juga merupakan gambaran dari wajahnya sendiri. Sejak pertama kali dipasang pada tahun 2009, A-Maze-ing Laughter langsung menjadi pusat perhatian di kota tersebut.

Banyak anak – anak yang bermain dengan patung setinggi 3 meter ini, mereka memanjat dan berayunan pada tangannya. Kemudian banyak turis yang datang untuk foto – foto dengan meniru gaya patung – patung ini, bahkan ada sebuah pasangan yang menikah di antara patung buatan Yue Minjun ini.

Sebagaimana sebuah seni yang indah, tentu saja patung ini nggak murah. Awalnya patung ini dihargai 5 juta USD, namun akhirnya Yue menurunkannya menjadi 1.5 juta USD, kemudian Bienalle Foundation berusaha untuk mengumpulkan dana tersebut. Sementara itu, dewan Vancouver Park menyetujui untuk membiarkan patung tersebut tetap pada posisinya sekarang, yaitu di Morton Park, English Bay.

 Para dewan juga mengatakan bahwa mereka akan bekerja sama dengan masyarakat untuk mengumpulkan dana untuk membeli patung ini. Kira – kira ada apa ya dibalik expresi tertawa yang ada di semua karya – karya Yue Minjun? Mungkin itu melambangkan wajah bahagianya sewaktu karyanya dibeli dengan harga tinggi. Bayangin aja, salah satu lukisannya yang berjudul Execution pernah dibeli dengan harga 5.9 Juta USD, dan tentu ia akan mengantongi lebih banyak uang lagi dengan A-Maze-ing Laughter.

Source : www.insidevancouver.ca, gardentherapy.ca

 

 

Comments
Sandi Widiyantoro
Patung tidak mempunyai beban 🤭
Heni Oen
A-Maze-ing Laughter terdiri dari adalah 14 patung